Comscore Tracker

5 Makanan Khas Pangkep yang Maknyus di Lidah, Bikin Nagih! 

Temukan menu kuliner yang bikin nagih di Pangkep

Ditulis oleh Dimas

Selain menikmati panorama yang indah, jangan sampai melewatkan makanan khas saat berkunjung ke Pangkajene Kepulauan (Pangkep), Sulawesi Selatan.

Di daerah ini ada beberapa menu kuliner lezat yang selalu bikin kangen dan nagih. Pokoknya bisa diadu dengan kelezatan makanan khas nusantara lainnya.

Berikut ini lima makanan khas Pangkep yang bikin candu.

Baca Juga: Geopark Maros Pangkep Bersiap Menuju Pariwisata Dunia

1. Sop Saudara

5 Makanan Khas Pangkep yang Maknyus di Lidah, Bikin Nagih! Instagram.com/fajarsatritama

Makanan Sop Saudara salah satu kuliner yang terkenal di Pangkep. SOP Saudara memiliki arti “Saya Orang Pangkep Saudara”.

Sop Saudara merupakan sup kuah dengan bahan daging sapi yang dicampur telur, jahe, sere, merica bubuk, cabe merah, dan susu yang membuat rasanya gurih. Paling enak disantap bersama nasi hangat dan ikan bolu/bandeng.

Cukup mengeluarkan kocek Rp20 ribu hingga Rp30 ribu, kamu sudah bisa menikmati nikmatnya Sop Saudara khas Pangkep. 

2. Kue Dange

5 Makanan Khas Pangkep yang Maknyus di Lidah, Bikin Nagih! Instagram.com/@herina6007

Sekilas mirip dengan sagu rangi atau kue pukis, Kue Dange salah satu makanan khas Pangkep yang populer. Makanan ini terbuat dari olahan tepung ketan hitam, gula merah, parutan kelapa, air dan garam.

Jajanan ini cocok disantap dengan teh atau kopi dinikmati santai sore hari. Harga Kue Dange berkisar Rp15 ribu hingga Rp40 ribu per porsinya.

3. Abon ikan bolu

5 Makanan Khas Pangkep yang Maknyus di Lidah, Bikin Nagih! Shutterstock/Sriyana

Pangkep terkenal sebagai salah satu daerah penghasil bandeng dengan kualitas terbaik. Selain disantap langsung, bandeng juga biasanya dijadikan abon.

Abon Ikan Bandeng banyak dijual di toko-toko dengan harga Rp15 ribu hingga Rp20 ribu per bungkus. Kamu juga bisa menemukan olahan bandeng lain yang terkenal, seperti bandeng presto, burger bandeng, dan pizza bandeng.

4. Udang khas Pangkajene

5 Makanan Khas Pangkep yang Maknyus di Lidah, Bikin Nagih! Ilustrasi Udang (Instagram.com/edhy.prabowo)

Di daerah Pangkep terdapat udang khas berjenis vanamae, salah satu udang unggulan Indonesia. Harganya bervariasi, sekitar Rp50 ribu hingga Rp100 ribu per kilogram.

Udang ini sudah menjadi bahan kuliner populer di wilayah pesisir Labakkang Pangkep. Temukan juga hasil laut lain seperti cumi dan kepiting.

5. Kerupuk Kepiting Rajungan

Kerupuk kepiting rajungan dibuat dari bahan dasar tepung sagu yang dicampur kepiting rajungan dan garam. Rasa renyahnya bikin ketagihan!

Satu bungkus kerupuk kepiting rajungan berkisar Rp15 ribu hingga Rp22 ribu. Kamu bisa membeli yang sudah siap makan atau yang mentah untuk digoreng. Pas banget buat camilan di rumah.

Itulah lima makanan khas pangkep cocok untuk kamu yang sedang food hunting.

Baca Juga: Hope Reef di Pangkep, Upaya SHEBA Pulihkan Ekosistem Laut Spermonde

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya