Comscore Tracker

5 Makanan Enak Bisa yang Kamu Temui di Bone, Massipa'!

Cita rasanya yang unik memanjakan lidahmu

Ditulis oleh Ridwan Saleh Fadillah

Makassar, IDN Times - Saat Kamu berkunjung ke Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan,  rasanya tak lengkap jika tidak mencoba makanan khas setempat. Bone memang dikenal menawarkan berbagai penganan lezat yang rasanya dijamin membuat ketagihan.

Makanan khas Bone sekilas rasanya mirip dengan beberapa makanan lain yang Kamu temui di kota-kota daerah Sulawesi Selatan. Hal tersebut dikarenakan budaya Suku Bugis yang masih kental, sehingga menciptakan cita rasa yang mirip di beberapa daerah. 

Karena varian rempah-rempahnya yang melimpah, makanan khas Bone memiliki cita rasa unik yang tentunya memanjakan lidah penikmatnya. Makin penasaran apa saja makanan khas Bone yang harus dicoba? Berikut daftarnya.

Baca Juga: 10 Potret Ambo Nai, YouTuber Asal Bone yang Kocak dan Lucu 

1. Nasu Likku

5 Makanan Enak Bisa yang Kamu Temui di Bone, Massipa'!instagram.com/nganre_rong

Berkunjung ke Bone, tidak lengkap rasanya jika tidak mencicipi makanan khas Bone yang satu ini. Makanan ini berupa nasi putih, burasa, lontong, atau sokko tumbuk yang dipadukan dengan lauk ayam kampung yang dimasak dengan rempah yang kuat. Bumbu-bumbu seperti merica, ketumbar, dan lengkuas digunakan untuk memasak ayam kampung.

Bumbu-bumbu tersebut kemudian dibalurkan ke daging ayam dan didiamkan sampai meresap ke dalam daging ayam. Proses yang demikian membuat daging ayam kampung menjadi lezat dan gurih. Membuat siapa saja yang mencobanya akan ketagihan. Nasu Likku biasanya disajikan di rumah-rumah warga Bone saat lebaran Idul Adha dan Idul Fitri.

2. Nasu Poppo

https://www.youtube.com/embed/Xvww9iyOj7I

Masih seputar ayam, makanan selanjutnya adalah Poppo yang sekilas mirip dengan opor ayam. Makanan ini berisi ayam yang diberi kuah kuning layaknya opor ayam pada umumnya. Yang membedakan adalah penggunaan daun salam dan sereh, serta campuran biji pala yang membuat poppo berbeda dengan opor ayam.

Paduan rempah serta pengolahannya yang masih tradisional, membuat daging ayam pada poppo menjadi terasa gurih. Ditambah kuahnya yang lezat dan nikmat, Poppo menjadi makanan yang wajib kamu coba saat berkunjung ke Bone.

3. Sop Konro

5 Makanan Enak Bisa yang Kamu Temui di Bone, Massipa'!instagram.com/daeng.rewa

Walau makanan ini dikenal berasal dari Makassar, ternyata sop konro juga merupakan makanan yang bisa kamu temui di Bone. Makanan ini sekilas mirip rawon dengan campuran daging dan kluwek yang membuat kuahnya menjadi hitam pekat. Yang membedakan rawon dan sop konro adalah penggunaan bagian daging sapi yang digunakan.

Pada sop konro, daging yang digunakan adalah bagian iga sapi yang membuat rasanya menjadi lebih gurih. Sop konro juga mengandung rempah yang lebih kuat dibandingkan rawon yang membuat rasanya semakin nendang. Seporsi sop konro akan lebih nikmat jika dimakan dengan ketupat.

4. Buras

5 Makanan Enak Bisa yang Kamu Temui di Bone, Massipa'!Instagram.com/@makandikendari

Makanan khas Bone selanjutnya adalah Buras. Bentuk dan ukuran buras sekilas mirip dengan lontong. Bahan yang digunakannya pun sama-sama terbuat dari beras. Yang membedakan keduanya adalah tekstur buras yang lebih lembut. Seperti lontong, buras juga dibalut dengan daun pisang sehingga menimbulkan rasa yang khas.

Untuk memberikan rasa yang lebih lezat, buras biasanya dimakan dengan gula, cabai, kelapa kering dan juga garam. Itu membuat buras menjadi makanan yang dapat dimakan oleh siapa saja, baik yang suka makanan manis, pedas, ataupun asin.

5. Kue Baruasa

5 Makanan Enak Bisa yang Kamu Temui di Bone, Massipa'!Instagram.com/linayusrida

Ketika masyarakat Bugis sedang mengadakan acara penting, kue baruasa akan disuguhkan. Kue baruasa biasa disajikan di acara pernikahan, acara adat, dan sebagai oleh-oleh bagi Kamu yang berkunjung ke Bone. Bentuk kue baruasa yang terlihat merekah di tengah-tengah membuat penampilannya semakin menarik.

Makanan khas Bone ini terbuat dari tepung beras yang kelapa parut yang disangrai. Kemudian ditambahkan gula merah atau putih sebagai pelengkap rasa. Perpaduan rasa gurih dari kelapa dan manis dari gula yang membuat kue baruasa menjadi kue yang wajib Kamu coba saat berkunjung ke Bone.

Itulah 5 makanan khas Bone yang wajib kamu coba jika berkunjung ke Bone, Sulawesi Selatan. Tertarik untuk mencobanya?

Baca Juga: HUT Bone: Sejarah Panjang yang Membentang selama 7 Abad

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya