Comscore Tracker

3 Wisata Pantai Favorit di Sulawesi Utara, dari Manado hingga Likupang

Ada juga Pantai Surabaya di Sulawesi Utara, kok bisa?

Manado, IDN Times – Sulawesi Utara dikenal dengan keindahan alamnya. Memiliki topografi yang beragam, membuat Sulut memiliki pilihan destinasi wisata alam mulai dari pegunungan hingga pantai.

Meski begitu, pantai masih menjadi salah satu tujuan utama para wisatawan. Hal tersebut dikarenakan pantai di Sulut cenderung mudah dijangkau. Tak perlu menyeberang pulau, wisatawan bisa menemukan banyak pantai cantik di daratan utama Sulut.

Berikut beberapa pantai di Sulut yang menjadi destinasi wisata favorit para wisatawan.

1. Pesisir Teluk Manado

3 Wisata Pantai Favorit di Sulawesi Utara, dari Manado hingga LikupangWarga nongkrong di pesisir Kawasan Megamas, Manado, Sulut, Minggu (26/6/2022). IDNTimes/Ungke Pepotoh/bt

Sebagai ibu kota Sulut, Manado lebih dikenal dengan hiburan ala perkotaan. Namun, karena berbatasan langsung dengan laut, Manado memiliki pantai yang membentang sepanjang kurang lebih 13 kilometer.

Untuk menunjang pariwisata, di sepanjang pesisir Teluk Manado banyak rumah makan maupun pedagang kaki lima yang berjualan makanan khas Manado. Di sini, wisatawan juga bisa berenang, memancing, hingga menyelam.

Jika tak ingin berenang, wisatawan bisa menikmati keindahan pemandangannya. Waktu paling tepat untuk nongkrong di pesisir Teluk Manado adalah di sore hari menjelang petang untuk menikmati matahari terbenam. Warna kuning keemasan akan menghiasi langit dan laut ketika matahari terbenam di pesisir Teluk Manado.

2. Pantai Tanjung Tumpaan Minahasa

3 Wisata Pantai Favorit di Sulawesi Utara, dari Manado hingga LikupangPantai Tanjung Tumpaan di Sawangan, Minahasa, Sulut. IDNTimes/Ungke Pepotoh/bt

Kabupaten Minahasa lebih dikenal dengan pariwisata pegunungan. Namun, jika menuju ke daerah Minahasa bagian timur, Anda menemukan banyak pantai, salah satunya Pantai Tanjung Tumpaan yang terletak di Kombi, Minahasa.

Pantai Tanjung Tumpaan memiliki pasir putih dan air yang jernih sehingga warga bisa melihat langsung karang dan beberapa spesies ikan jika beruntung. Karena terletak di sebelah timur Sulut, ombak di Pantai Tanjung Tumpaan cenderung lebih besar dibanding pantai barat, sehingga bagi wisatawan yang ingin berenang maupun menyelam harus lebih berhati-hati.

Jarak Pantai Tanjung Tumpaan dari pusat Kota Manado cukup jauh, yaitu sekitar 62 kilometer yang bisa ditempuh dalam waktu dua jam. Meski begitu, aksesnya tak sulit, dan bagi wisatawan yang berkunjung masih belum dikenai retribusi.

Baca Juga: 5 Menu Sayuran Khas Manado untuk Sahur atau Berbuka, Enak dan Sehat!

3. Pantai Surabaya Minahasa Utara

3 Wisata Pantai Favorit di Sulawesi Utara, dari Manado hingga LikupangPantai Surabaya di Likupang, Minahasa Utara. IDNTimes/Ungke Pepotoh/bt

Pantai Surabaya merupakan bagian dari Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Likupang. Sama seperti kebanyakan pantai di Sulut, Pantai Surabaya juga menyajikan air laut yang jernih.

Selain itu, wisatawan juga bisa melihat aktivitas nelayan yang dilakukan di Pantai Surabaya. Wisatawan pun bisa langsung menikmati ikan hasil tangkapan nelayan yang dijual di rumah makan sekitar Pantai Surabaya.

Untuk menuju Pantai Surabaya dari Kota Manado, wisatawan harus menempuh jarak kurang lebih 44 kilometer dalam waktu dua jam. Namun jangan khawatir, jika lelah, wisatawan bisa menyewa homestay milik warga dengan harga Rp200 ribu per kamar.

Gimana, bestie? Deretan wisata pantai di Sulawesi Utara di atas wajib masuk daftar tempat wisata untuk travelling kamu, ya!

Baca Juga: Resep Abon Ikan Cakalang Khas Manado, Pedas dan Kaya Rempah

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya