Comscore Tracker

Serunya Cap Go Meh di Makassar, Bisa Foto Bareng Bruce Lee Lho!

Beragam kulinernya mantul abis nih guys!

Makassar, IDN Times - Puncak perayaan Cap Go Meh 2571 Tahun 2020 di kawasan Pecinan Jalan Sulawesi, Kecamatan Wajo, Kota Makassar, Sabtu (8/2) malam, berlangsung meriah. Warga tumpah ruah memadati lokasi perayaan Cap Go Meh di sepanjang jalan tersebut.

Beragam sajian kuliner yang enak menjadi daya tarik tersendiri dalam acara yang mengusung tema Jappa Jokka Cap Go Meh tahun ini di Makassar.

"Hampir tiap tahun kalau acara Cap Go Meh begini, pasti saya sama keluarga ke sini (kawasan pecinan). Yang pertama karena banyak sajian makanan, terus banyak hiburannya," kata Murni, wisatawan lokal saat berbincang dengan IDN Times di lokasi Cap Go Meh, Sabtu malam.

1. Beragam jajanan tersaji memenuhi kawasan Pecinan pada perayaan Cap Go Meh tahun ini

Serunya Cap Go Meh di Makassar, Bisa Foto Bareng Bruce Lee Lho!Perayaan Cap Go Meh di Makassar / Sahrul Ramadan

Kegiatan perayaan Cap Go Meh yang digelar di sepanjang Jalan Sulawesi kawasan Pecinan, warga atau wisatawan lainnya bakal dimanjakan dengan beragam menu kuliner khas seperti kwetiau, tahu mapo hingga bebek peking.

Selain itu, terdapat juga beberapa menu makanan cepat saji lainnya. Ada pula kue atau camilan tradisional khas Makassar, mulai dari ote-otere, roro-roko unti (kue pisang) hingga putu cangkir.

Murni, yang berkunjung bersama anak dan suaminya ini mengaku, cukup tertarik setelah mengetahui informasi dari beragam sumber di media sosial soal jika ada pasar kuliner dalam perayaan Cap Go Meh di Makassar tahun ini.

"Kalau tahun kemarin-kemarin itu seingatku ada juga, tapi mungkin tidak sepadat ini. Maksudnya kalau jajanan tetap ada, makanan apa, tapi kalau saya pribadi lihat tahun ini semakin ramai," ujar warga Jalan Mangerangi, Kecamatan Tamalate, Makassar ini.

2. Panggung hiburan, lokasi berswafoto bareng Vampir, Bruce Lee hingga Raiden Mortal Kombat

Serunya Cap Go Meh di Makassar, Bisa Foto Bareng Bruce Lee Lho!Perayaan Cap Go Meh di Makassar / Sahrul Ramadan

Selain sajian makanan yang tersedia di lapak-lapak sepanjang jalan, warga juga dimanjakan dengan sarana panggung hiburan hingga lokasi untuk berswafoto. Salah satu dari sekian lokasi foto yang tidak luput dari perhatian pengujung adalah panggung dokumentasi tokoh.

Namun tokoh yang dijadikan sebagai objek di sini, diangkat dari beberapa kisah dari film laga klasik hingga karakter dalam game era 1990-an. Di antaranya adalah karakter Vampir, Bruce Lee hingga salah satu karakter dari game Mortal Kombat, Raiden.

Padatnya pengungjung mengharuskan seseorang yang ingin mengabadikan gambar di panggung tersebut mesti mengantri. "Jadi harus tunggu kosong-kosong orang dulu baru kita bisa foto lagi. Bagus, karena kayak mengingatkan masa-masa kecil dulu waktu sekolah suka nonton filmnya Bruce Lee," ucap pengunjung lainnya, Dafa, sesaat setelah berfoto.

Baca Juga: Perayaan Cap Go Meh di Makassar Dikawal Jibom dan Ratusan Polisi

3. Cap Go Meh jadi sarana ibadah warga Tionghoa

Serunya Cap Go Meh di Makassar, Bisa Foto Bareng Bruce Lee Lho!Perayaan Cap Go Meh di Makassar / Sahrul Ramadan

Di sisi lain, perayaan puncak Cap Go Meh kali ini juga menjadi sarana warga Tionghoa di Makassar untuk melaksanakan ibadah. Di rumah-rumah ibadah, khususnya di Klenteng Xian Ma, warga Tionghoa hilir mudik memadati lokasi untuk melakukan sembahyang.

Di luar Klenteng, sesekali riuh tabuhan genderang atraksi barongsai, menambah semarak puncak Cap Go Meh kali ini. Kegiatan Jappa Jokka Cap Go Meh dibuka langsung oleh jajaran Pemerintah Kota Makassar melalui Dinas Kebudayaan.

Baca Juga: [FOTO] Potret Kemeriahan Malam Imlek di Kawasan Pecinan Makassar  

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya