Comscore Tracker

5 Rekomendasi Wisata Air Terjun Eksotis di Kabupaten Sinjai

Yuk, berwisata ke Sinjai! #LokalIDN

Kabupaten Sinjai di Sulawesi Selatan menyimpan banyak potensi wisata yang mengagumkan. Daerah berjuluk Bumi Panrita Kitta ini berjarak 140 kilometer di arah Tenggara Kota Makassar.

Sinjai langsung dengan kabupaten Bone, Bulukumba, dan Gowa. Di Sulawesi Selatan, Sinjai jadi salah satu alternatif kunjungan wisata yang tak kalah indah dan anti menguras dompet.

Selain Pulau Sembilan dan Tongke-tongke yang sudah cukup tersohor, Sinjai juga punya sejumlah objek wisata curug atau air terjun. Masih alami, beberapa curug ini selalu ramai dikunjungi wisatawan terutama kalangan pemuda. Berikut ini lima di antaranya. 

Baca Juga: 9 Pesona Hutan Mangrove Tongke-Tongke, Destinasi Andalan di Sinjai

1. Air Terjun Barania

5 Rekomendasi Wisata Air Terjun Eksotis di Kabupaten SinjaiInstagram.com/sibajumerah_

Pertama ada air terjun Barania yang menjadi salah satu wisata favorit warga Sinjai Barat. Bukan air terjun biasa, di kawasan ini terdapat benda-benda peninggalan bangsa Belanda di masa lampau.

Sejumlah sumber menyebutkan bahwa terdapat sebuah gua yang menyimpan barang berharga berupa emas meski tak satu pun warga atau pengunjung yang diperbolehkan masuk. 

Lokasi: Desa Barania, Kec. Sinjai Barat. 

2. Air Terjun Kembar Barambang

5 Rekomendasi Wisata Air Terjun Eksotis di Kabupaten SinjaiInstagram.com/adventure.makassar

Wisata yang terletak di Sinjai Borong ini merupakan air terjun kembar yang menjadi andalan warganya. Disebut kembar karena terdapat dua air terjun yang berdampingan dan hanya berjarak 60 m.

Fasilitas yang tersedia pun sudah mumpuni, seperti kolam permandian, gazebo, dan villa serta stand pembelian cenderamata. Berada di ketinggian 800 mdpl, kawasan ini sangat cocok dijadikan arena camping dan outbond.

Lokasi: Desa Batu Belerang, Kec. Sinjai Borong.

3. Air Terjun Laliako

5 Rekomendasi Wisata Air Terjun Eksotis di Kabupaten SinjaiInstagram.com/pesona.sulsel

Air terjun Laliako merupakan salah satu wisata curug yang mulai populer pada tahun 2019. Berjarak sekitar 60 km dari pusat kota Sinjai, air terjun satu ini sudah dilengkapi dengan fasilitas yang memadai seperti gazebo.

Kamu dapat menikmati alam yang masih asri dan bebatuan besar yang ada di sekitarnya. Asyik banget buat berswafoto sendiri maupun beramai-ramai bersama teman atau keluarga.

Lokasi: Dusun Tonrong, Desa Terasa, Kec. Sinjai Barat.

4. Air Terjun Lembang Saukang

5 Rekomendasi Wisata Air Terjun Eksotis di Kabupaten SinjaiInstagram.com/celman0511

Curug kebanggaan warga Tellulimpoe ini dulunya dikenal dengan nama air terjun tujuh tingkat. Namun, akibat bencana banjir dan longsor tahun 2006, kini tersisa tiga tingkat saja. Meski struktur bebatuannya telah berkurang, tetapi tak mengurangi keindahan alami dari wisata ini.

Berjarak sekitar 3 km dari pusat kota Sinjai, destinasi favorit muda-mudi ini memiliki aliran air yang jernih ditambah sejuknya pepohonan rindang bikin makin betah deh.

Lokasi: Desa Lembang Saukang, Kec. Tellulimpoe. 

5. Air Terjun Pincuni

5 Rekomendasi Wisata Air Terjun Eksotis di Kabupaten SinjaiInstagram.com/eksplorwaterfall.sulsel

Kecamatan Sinjai Barat memang memiliki banyak wisata alam, termasuk air terjun Pincuni. Memiliki ketinggian sekitar 5 m, pengunjung bisa merasakan kesegaran alami lewat kubangan berupa kolam alami di bawah air terjun. Meski perjalanan untuk sampai ke sini terbilang berat, rasa lelah bakal terbayar dengan panorana alam yang menakjubkan. 

Lokasi: Desa Tassililu, Kecamatan Sinjai Barat.

Itu tadi lima air terjun yang menarik untuk kamu kunjungi di Kabupaten Sinjai. Cocok buat jadi pilihan buat melepas rasa bosan di masa pandemik!

Baca Juga: 9 Potret Pesona Pulau Larea-rea, Pulau Kecil yang Eksotis di Sinjai

Mbak Endut Photo Community Writer Mbak Endut

Fans-nya UN1TY

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya