Comscore Tracker

5 Spot yang Sering Dijadikan Tempat Camping Di Gorontalo

Referensi buat kamu yang berencana camping di Gorontalo

Selain pantai, tempat yang paling dicari oleh masyarakat terlebih lagi anak muda Gorontalo adalah puncak. Sekadar untuk melepas penat dari aktivitas perkotaan, orang-orang sering menghabiskan akhir pekan untuk camping di puncak.

Nah, buat kamu yang berencana untuk refreshing dengan cara camping, simak 5 destinasi puncak berikut di wilayah Gorontalo.

Baca Juga: Tumbilotohe, Tradisi Malam Penuh Cahaya di Gorontalo Jelang Lebaran

1. Puncak Hutan Pinus Dulamayo

5 Spot yang Sering Dijadikan Tempat Camping Di Gorontalohttps://www.instagram.com/deapriscilia50/

Seperti namanya, Puncak Hutan Pinus Dulamayo adalah kawasan ekowisata yang didominasi oleh pepohonan pinus. Hutan Pinus Dulamayo sering dijadikan tempat camping oleh anak muda Gorontalo karena suasana pegunungan yang begitu sejuk serta jalan untuk menuju tempat tersebut sangat mudah.

Banyak alternatif jalan yang bisa kamu gunakan untuk bisa sampai ke Puncak Hutan Pinus Dulamayo. Waktu tempuh untuk ke tempat tersebut  sekitar 45 menit dari pusat kota Gorontalo dengan menggunakan sepeda motor.

Jika dalam cuaca bagus kamu akan disuguhkan dengan pemandangan matahari terbit di sela-sela kabut pagi. Jika ingin merasakan ketenangan dari hiruk-pikuk keramaian, berkunjung selain hari libur bisa kamu lakukan agar suasana ketenangannya lebih terasa.

Lokasi : Desa Dulamayo Selatan, Kec. Telaga, Kab. Gorontalo

2. Puncak Lestari Tapaluluo

5 Spot yang Sering Dijadikan Tempat Camping Di Gorontalohttps://www.instagram.com/zulhsn29/

Satu lagi destinasi alam yang berada di Kabupaten Gorontalo, yakni Puncak Lestari. Berbeda dengan Puncak Hutan Pinus Dulamayo, Puncak Lestari tidak berada di kawasan tanaman pohon pinus. Puncak Lestari memiliki lahan yang tidak terlalu luas dan hanya bisa menampung sekitar 15 tenda.

Akses untuk menuju ke Puncak terbilang susah-susah gampang. Kamu bisa menggunakan sepeda motor dari pusat kota sampai ke kaki lereng gunung dan melanjutkan dengan berjalan kaki untuk sampai ke puncaknya. Bagi yang baru pertama kali mendaki ke Puncak Lestari, waktu yang tepat untuk mendaki adalah siang hari karena mengingat kondisi jalan yang sedikit menantang. Untuk tiket masuknya setiap orang dikenakan tarif Rp.5.000.

Lokasi : Desa Tapaluluo, Kec. Telaga Biru, Kab. Gorontalo

3. Puncak Peyapata

5 Spot yang Sering Dijadikan Tempat Camping Di Gorontalohttps://www.instagram.com/subandmaliq/

Puncak Peyapata atau yang lebih di kenal dengan sebutan KPG adalah salah satu destinasi yang masuk dalam Kawasan Taman Nasional Bogani Nani Wartabone. Untuk bisa sampai ke lokasi, ada beberapa jalur yang bisa kamu ambil yakni melalui jalur tani, jalur motor, dan jalur mapala. Untuk yang memilih jalur tani, waktu yang diperlukan untuk pendakian sampai puncak sekitar satu jam. Jalur ini adalah jalur yang paling aman untuk para pendaki yang baru pertama kali datang ke Puncak Peyapata.

Selain cocok untuk camping, Puncak Peyapata juga menyediakan wahana outbound. Jadi untuk kamu yang menyukai tantangan, Puncak Peyapata adalah tempat yang tepat. Saat berkunjung bertepatan setelah hujan, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan kabut yang begitu memukau.

Lokasi : Desa Tunggulo, Kec. Tilongkabila, Kab. Bone Bolango

4. Bukit Arang

5 Spot yang Sering Dijadikan Tempat Camping Di Gorontalohttps://www.instagram.com/wisata_bukitarang/

Untuk masyrakat Gorontalo yang ingin merasakan suasana berada di negeri atas awan tidak perlu jauh-jauh ke luar daerah. Destinasi Bukit Arang bisa kamu jadikan alternatif untuk bisa merasakan tinggal di atas awan.

Untuk bisa sampai ke Bukit Arang kamu harus mengarahkan tenaga ekstra karena jalur yang sedikit menantang. Jarak dari rumah penduduk sampai ke Bukit Arang kurang lebih 2,5 kilometer dengan kondisi jalan yang kadang becek dan licin jika musim penghujan. Tapi, semua kelelahan selama perjalan bisa terbayarkan dengan pemandangan memukau yakni hamparan kabut yang menutupi pemukiman warga. Jika cuaca cerah pada malam hari, kamu akan disuguhkan dengan lampu kota yang begitu memukau.

Lokasi : Desa Lonuo, Kec. Tilongkabila, Kab. Bone Bolango

5. Bukit Layang

5 Spot yang Sering Dijadikan Tempat Camping Di Gorontalohttps://www.instagram.com/gorontalo19/

Untuk kamu yang ingin merasakan camping tapi tidak suka tempat yang jauh-jauh dari kota, Bukit Layang adalah tempatnya. Meskipun tempatnya cukup sederhana, tapi kamu akan disuguhkan dengan sisi lain dari pemandangan kota Gorontalo.

Bukit Layang tidak terlalu jauh dari pusat kota, yakni hanya perlu 10 sampai 15 menit untuk sampai ke sana. Jalur untuk sampai ke kaki bukit terbilang mudah karena masih beraspal. Memang sedikit menguras tenaga saat harus melanjutkan perjalanan dengan cara trekking, tapi semua itu akan terbayar dengan pemandangan lampu kota Gorontalo pada malam hari yang begitu memukau.

Lokasi : Kel. Siendeng, Kec, Hulonthalangi, Kota Gorontalo

Itulah lima destinasi yang cocok sebagai tempat camping di akhir pekan. Jika penat dengan segala aktivitas sehari-hari, lari ke gunung adalah penenangnya. Jangan lupa juga mengajak teman atau sanak saudara untuk bisa menikmati keindahan dan ketenangan dari atas gunung.

Baca Juga: Resep Pia Saronde Khas Gorontalo, Kue Lezat buat Buka Puasa

emaknya injun Photo Community Writer emaknya injun

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya