Comscore Tracker

Liburan ke Toraja, Kamu Jangan Lupa Kunjungi 5 Tempat Paling Hits Ini!

Ada Negeri di Atas Awan lho!

Makassar, IDN Times - Keindahan alam serta eksotisme kebudayaan di Kabupaten Toraja Utara, Provinsi Sulawesi Selatan memang sudah tak diragukan lagi. Seluruh potensi wisata yang dimiliki kabupaten ini menjadikannya sebagai salah satu daerah yang paling digemari oleh wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

Nah, buat kamu yang berencana liburan ke Toraja, IDN Times bakal ngasih tahu beberapa referensi destinasi wisata di sana. Tentunya destinasi wisata ini sudah diakui keindahannya sehingga layak dikunjungi dan cocok banget buat kamu yang doyan berfoto-foto kece.

1. Kete Kesu

Liburan ke Toraja, Kamu Jangan Lupa Kunjungi 5 Tempat Paling Hits Ini!instagram.com/liliyanabun

Destinasi wisata yang berada di Kelurahan Tikunna Malenong, Kecamatan Sanggalangi, Kabupaten Toraja Utara ini cocok banget buat kamu yang suka menikmati artefak-artefak kebudayaan. Di sini, kamu bakal melihat barisan rumah adat khas Toraja atau yang disebut Tongkonan. 

Tongkonan di sini rata-rata berusia lebih dari 300 tahun. Semuanya berjajar rapi menghadap ke lumbung padi berukuran lebih kecil.

Selain itu, kamu juga bakal disuguhkan pemandangan alam menakjubkan sepanjang perjalanan. Mulai dari perbukitan rindang hingga persawahan hijau yang membentang luas.

2. Londa

Liburan ke Toraja, Kamu Jangan Lupa Kunjungi 5 Tempat Paling Hits Ini!wisatalengkap.com

Londa termasuk destinasi wisata yang paling populer di Toraja. Soal keunikannya, tidak bisa diragukan lagi. Sebab di sini kamu akan melihat bukit batu yang digunakan sebagai makam.

Makam itu berada di dalam gua. Di dalamnya terdapat peti mati, tulang belulang dan tengkorak manusia yang sudah berusia ratusan tahun. 

Untuk mencapai lokasi yang terletak di Desa Sandan Uai, Kecamatan Sanggalangi Kabupaten Toraja Utara ini, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi, atau kendaraan sewa dari pusat Kota Rantepao. 

3. Pallawa

Liburan ke Toraja, Kamu Jangan Lupa Kunjungi 5 Tempat Paling Hits Ini!visittoraja.com

Hampir menyerupai Kete Kesu, Pallawa juga merupakan desa adat di mana terdapat banyak Tongkonan berjajar rapi, bahkan jumlahnya lebih banyak dari Kete Kesu. Usianya juga jauh lebih tua. 

Hanya saja desa adat yang berada di Kecamatan Sesean, Kabupaten Toraja Utara ini, masih kalah populer dibanding Kete Kesu.

Tapi kalau kamu suka dengan wisata budaya, maka tak ada salahnya buat menjadikan desa adat ini sebagai destinasi wisata kamu. Apalagi, tempatnya juga instagramable lho.

Baca Juga: Jadi Tujuan Wisata, Ini 7 Fakta Unik Kuburan Bayi di Tana Toraja 

4. Batutumonga

Liburan ke Toraja, Kamu Jangan Lupa Kunjungi 5 Tempat Paling Hits Ini!www.instagram.com/kostubatravel

Berada di kaki Gunung Sesean, Batutumonga kerap disebut sebagai tempat terindah di Kabupaten Toraja Utara. Dari sini, kamu akan melihat hamparan awan putih sebagai suguhan utama di luar deretan Tongkonan.

Selain itu, kamu juga bisa menyaksikan keindahan Kota Rantepao dari ketinggian, khususnya di malam hari. Suguhan sunrise di pagi hari juga tak boleh dilewatkan. Karena matahari yang muncul dari balik awan akan jadi panorama alam yang sangat menarik.

Lokasinya sendiri berjarak sekitar 24 km dari Kota Rantepao. Meskipun akses jalanannya sulit, tapi upayamu itu akan terbayarkan begitu kamu sampai ke Batutumonga.

5. Kampung Lolai

Liburan ke Toraja, Kamu Jangan Lupa Kunjungi 5 Tempat Paling Hits Ini!Instagram.com/ toraja_id

Terletak di Kecamatan Kapalapitu, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan, Kampung Lolai ini juga harus jadi destinasi yang wajib kamu kunjungi karena pemandangannya yang eksotis.

Berada di ketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut, membuat Lolai mendapatkan julukan sebagai 'Negeri di Atas Awan'. Bila berada di sana, kamu akan merasa seolah-olah berada di antara gumpalan awan putih.

Untuk mencapainya, kamu perlu menempuh sekitar 12 jam perjalanan dari Makassar. Tapi yakin deh, semua lelahmu selama perjalanan pasti bakal terbayarkan dengan indahnya panorama Kampung Lolai.

Nah, itu dia 5 destinasi wisata di Kabupaten Toraja Utara. Keren kan? 

Baca Juga: 7 Fakta Kete Kesu, Tempat Sakral di Tana Toraja

Topic:

  • Asrhawi Muin
  • Irwan Idris

Just For You