Comscore Tracker

Doyan Main Air Laut? Yuk ke Sulsel, Ada 5 Spot Pantai Memukau

Bukan cuma Tanjung Bira yang bisa kamu datangi

Makassar, IDN Times - Sulawesi Selatan merupakan salah satu provinsi yang dikenal berkat kekayaan alamnya yang luar biasa. Tak heran, posisinya sebagai daerah maritim membuat daerah ini memiliki deretan pantai yang memesona, bahkan hingga ke pulau-pulau kecil di sekitarnya.

Buat kamu yang pecinta pantai, wajib banget datang ke Sulsel. Nah, biar kamu gak bingung, IDN Times sudah merangkum beberapa destinasi wisata pantai di Sulsel yang cocok buat kamu. Penasaran apa aja? Simak yuk di bawah ini.

Baca Juga: Kamu Harus Coba 8 Air Terjun Paling Seger di Sulawesi Selatan Ini

1. Pulau Samalona

Doyan Main Air Laut? Yuk ke Sulsel, Ada 5 Spot Pantai MemukauAzwisata.com

Samalona berada dalam kawasan administrasi Pemerintah Kota Makassar. Pulau ini terkenal berkat keindahannya karena memiliki pasir pantai yang putih dan air laut berwarna hijau tosca.

Untuk mengunjungi pulau ini, kamu harus menggunakan perahu motor dari dermaga yang terletak tak jauh dari Pantai Losari. Dari sini, kamu akan menempuh sekitar 30 menit perjalanan.

Harga sewa perahu motor juga bervariasi tergantung sifat penyewaan. Kamu bisa menyewa secara umum bersama dengan penumpang lain yang satu tujuan atau menyewa secara penuh hingga kunjungan selesai. 

2. Taman Laut Takabonerate

Doyan Main Air Laut? Yuk ke Sulsel, Ada 5 Spot Pantai MemukauInstagram.com/terokanusantara

Taman Laut Takabonerate terkenal dengan wisata bawah lautnya. Kamu bisa menyaksikan langsung kawasan atol atau terumbu karang terbesar ketiga di dunia setelah Kwajifein di Kepulauan Marshall dan Suvadiva di Kepulauan Maladewa ini.

Wisata laut yang masuk dalam wilayah Kabupaten Kepulauan Selayar ini boleh disebut sangat luar biasa dan menawan hati. Di sini terdapat 15 pulau kecil yang tak kalah mempesona. Kamu pun bisa menikmatinya dengan cara snorkeling atau diving.

Setiap tahun, kawasan ini diramaikan dengan Festival Takabonerate yang merupakan salah satu agenda dalam 100 Wonderful Event Kementerian Pariwisata. 

3. Pantai Tanjung Bira

Doyan Main Air Laut? Yuk ke Sulsel, Ada 5 Spot Pantai Memukauinstagram.com/travelistid

Akses menuju pantai ini cukup jauh dari Kota Makassar. Lokasinya berada di Kabupaten Bulukumba yang merupakan daerah paling selatan daratan Sulawesi Selatan. Jika menggunakan mobil, maka kamu bisa menempuh perjalanan kurang lebih 5 jam.

Meski jauh, rasa letih yang kamu dapatkan sepanjang perjalanan akan terbayarkan ketika tiba di tempat ini. Pantai pasir putih dan jernihnya air laut menjadi daya tarik tersendiri sehingga layak untuk dimasukkan dalam destinasi wisata kamu.

Selain itu, kamu juga akan menyaksikan pemandangan langit yang indah, khususnya saat senja. Dijamin kamu pasti betah. 

4. Pulau Bulupoloe

Doyan Main Air Laut? Yuk ke Sulsel, Ada 5 Spot Pantai MemukauTwitter.com/yihagames

Pulau Bulupoloe masuk dalam wilayah Kabupaten Luwu Timur. Kamu harus menempuh jarak yang cukup jauh sebelum mencapai area ini. 

Pantai Bulupoloe memang tak sepopuler Pantai Tanjung Bira dan destinasi wisata pantai lainnya di Sulsel, namun keindahannya juga mengundang decak kagum. Jika kamu menyaksikan secara langsung maka dijamin bakal langsung jatuh hati. Karena pulau ini memadukan keindahan pegunungan dan alam bahari yang asri.

Pulau yang konon terbentuk dari gunung patah akibat ditabrak kayu raksasa ini juga rupanya tidak berpenghuni. Jadi, cocok banget buat kamu yang lagi cari ketenangan. 

5. Pulau Cangke

Doyan Main Air Laut? Yuk ke Sulsel, Ada 5 Spot Pantai MemukauInstagram/yoko_djami

Pulau Cangke berada di Kabupaten Kepulauan Pangkajene atau lebih dikenal dengan Kabupaten Pangkep. Tempat ini merupakan pulau kecil yang memiliki pemandangan indah. Luasnya hanya sekitar 10 kilometer persegi.

Di sini, kamu bisa melihat penyu bertelur. Selain itu, tanahnya juga teduh karena banyak ditumbuhi pepohonan hijau. Air lautnya juga sangat jernih. Maka jangan heran kalau kamu akan melihat beragam terumbu karang, apalagi saat air laut sedang surut.

Untuk mencapai lokasi ini, kamu bisa menyewa perahu tradisional seperti jolloro atau katinting di Pelabuhan Paotere Kota Makassar.

Nah, kamu tinggal pilih pantai mana yang ingin kamu datangi...

Baca Juga: Sop Konro: Kuliner Lezat dari Iga Sapi Khas Sulawesi Selatan

Topic:

  • Asrhawi Muin
  • Ita Lismawati F Malau

Just For You