Comscore Tracker

9 Oleh-oleh Khas Toraja yang Banyak Dicari, Jangan Terlewat!

Dari hiasan hingga makanan, semuanya ada

Tana Toraja adalah Kabupaten yang terletak di Sulawesi Selatan. Daerah ini memiliki destinasi wisata yang sangat populer, mulai dari wisata alam, budaya, kuliner, dan makam. Banyak turis datang dari luar atau dalam negeri.

Sebagai daerah wisata, di Toraja banyak suvenir sebagai oleh-oleh. Dari hiasan, makanan, kain tenun, kaos, semua ada dan harganya terjangkau. Lalu, oleh-oleh apa saja yang banyak dicari saat ke Toraja? Yuk, simak di bawah ini!

Baca Juga: 5 Rekomendasi Gunung di Toraja, Cocok untuk Berkemah

1. Miniatur rumah adat

9 Oleh-oleh Khas Toraja yang Banyak Dicari, Jangan Terlewat!Instagram.com/@torajahillshol

Suvenir ini banyak diminati oleh turis dalam maupun luar negeri. Miniatur rumah adat Tongkonan sebagai hiasan dan  menandakan kamu telah berkunjung ke sana.

Miniatur rumah adat dapat diperoleh dengan harga kisaran ratusan ribu, tergantung ukuran dan bahannya.

2. Ukiran Toraja

9 Oleh-oleh Khas Toraja yang Banyak Dicari, Jangan Terlewat!Instagram.com/@torajahillshop

Toraja terkenal dengan ukirannya dengan motif yang indah dan menarik. Kamu bisa mendapatkan dalam bentuk pajangan dinding, tempat tisu, kotak perhiasan, dan lain-lain. Untuk mendapatkan ukiran ini, kamu bisa mencarinya di kios penjual suvenir dengan harga yang bervariasi.

3. Baju kaos Toraja

9 Oleh-oleh Khas Toraja yang Banyak Dicari, Jangan Terlewat!Instagram.com/@kaostoraja

Di setiap daerah wisata, suvenir kaos selalu menjadi primadona. Demikian juga di Toraja. Berbagai macam kaos dengan warna dan gambar dapat diperoleh dengan harga murah antara Rp50 ribu hingga Rp75 ribu rupiah.

4. Kopi Toraja

9 Oleh-oleh Khas Toraja yang Banyak Dicari, Jangan Terlewat!Instagram.com/@kopihighland

Toraja terkenal dengan kopinya. Ada beragam varian kopi yang berasal dari Toraja, yang membuat daerah itu dijuluki "The Queen of Coffee". Memberikan oleh-oleh kopi buat teman atau saudara adalah pilihan tepat.

5. Tenun Toraja

9 Oleh-oleh Khas Toraja yang Banyak Dicari, Jangan Terlewat!Instagram.com/@rekatmotif

Kain tenun Toraja telah dikenal bahkan hingga mancanegara. Motif dan corak tenun Toraja ini sangat unik namun cantik. Kamu dapat membeli kain tenun Toraja dari puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah. Tergantung corak dan mutu dari kain tenun tersebut. Kain tenun Toraja ini dapat diberikan untuk orang terkasih.

6. Bannang-bannang

9 Oleh-oleh Khas Toraja yang Banyak Dicari, Jangan Terlewat!Instagram.com/kulinerbulukumbabulukumba

Bannang-bannang adalah sejenis kue, terbuat dari tepung beras. Bentuk dari kue ini seperti lipatan-lipatan benang kusut dan rasanya manis. Kue bannang-bannang menggambarkan ikatan yang kuat sehingga kue ini banyak ditemui pada acara pernikahan. Kamu dapat membeli bannang-bannang dengan harga mulai Rp17 ribu rupiah saja.

7. Kacang sembunyi

9 Oleh-oleh Khas Toraja yang Banyak Dicari, Jangan Terlewat!Instagram.com/@vitanovita336

Kacang sembunyi adalah camilan dari kacang tanah yang dibungkus kulit dari adonan tepung. Camilan dengan rasa manis gurih ini cocok untuk oleh-oleh buat keluarga. Dapat dibeli di pusat oleh-oleh dengan harga sekitar Rp20 ribu per bungkus.

8. Deppa tori

9 Oleh-oleh Khas Toraja yang Banyak Dicari, Jangan Terlewat!Instagram.com/@wonderfultoraja

Deppa Tori merupakan camilan masyarakat Toraja saat minum kopi. Terbuat dari tepung beras, gula merah, dan wijen. Rasanya manis dan teksturnya lembut. Cocok sebagai oleh-oleh untuk keluarga tercinta. Harganya murah, berkisar Rp30 ribu dan dapat dibeli pada pusat oleh-oleh atau pasar di Toraja.

9. Aneka aksesoris dan kerajinan unik

9 Oleh-oleh Khas Toraja yang Banyak Dicari, Jangan Terlewat!Instagram.com/@padatindo_handmade

Penjual aksesoris atau pernik-pernik sering dijumpai saat berwisata. Demikian juga di Toraja, kamu akan menjumpai penjual aksesoris dan kerajinan khas. Di antaranya, manik-manik, sepu’ (tas), gelang, kalung, gantungan kunci, dan lain-lain.

Itulah sembilan oleh-oleh yang biasanya dibawa orang dari Toraja. Menurut kamu, mana yang paling menarik?

Baca Juga: Info Wisata Kete Kesu Toraja: Destinasi Sakral Tana Toraja

A  Nitha Nahfiah Photo Community Writer A Nitha Nahfiah

ibu rumah tangga, dengan tiga putri, sarjana teknik sipil, berkarya dan memberi manfaat untuk banyak orang

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya