Comscore Tracker

Melancong Tanpa Ribet, Ini 5 Destinasi Wisata Keren di Kota Makassar

Untuk kamu yang penat di tengah padatnya kesibukan

Penat dengan aktivitas adalah hal lumrah. Berwisata jadi salah satu cara untuk menyegarkan kembali pikiran.

Namun, itu sebenarnya gak gampang. Perlu perencanaan, anggaran dan tentu saja izin cuti. Repot juga, ya?

Sebenarnya gak perlu rumit jika sudah ngebet melancong. Cukup pilih spot yang dekat dari tempat tinggal.

Bagi kamu yang tinggal di Makassar, IDN Times menyarankan lima kawasan wisata yang masih berada dalam wilayah Kota Daeng. Mulai dari pantai, pulau terluar hingga hutan mangrove.

Baca Juga: 5 Tujuan Wisata Malino yang Bikin Kamu Betah di Alam

1. Pantai Akkarena

Melancong Tanpa Ribet, Ini 5 Destinasi Wisata Keren di Kota MakassarSejumlah warga bermain air di Pantai Akkarena, Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (30/10/2020). Destinasi wisata Pantai Akkarena yang menawarkan keindahan pantai dan matahari terbenam (sunset) tersebut ramai dikunjungi wisatawan saat libur nasional dan cuti bersama. (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Ini dia salah satu spot wisata pantai berpasir memesona di kota Makassar. Terletak di kawasan Metro Tanjung Bunga, angin sepoi-sepoi dan ayunan pohon kelapa bakal menyambut begitu kamu memasuki area Pantai Akkarena.

Ada banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan di sini. Gak sekadar berjalan-jalan atau nyebur, kamu bisa bersantai di gazebo yang disediakan oleh pihak pengelola. Hobi selfie sendiri atau bareng teman-teman? Ada sejumlah spot foto keren, salah satunya adalah Dermaga Cinta dengan pemandangan laut lepas.

Terdapat juga beberapa tenant makanan serta kedai kopi kalau kamu lagi lapar atau haus. Oh iya, tiket masuk Pantai Akkarena yang senjanya kesohor ini berkisar antara Rp10 ribu pada hari biasa dan Rp15 ribu saat weekend atau libur nasional.

2. Pulau Lanjukang

Melancong Tanpa Ribet, Ini 5 Destinasi Wisata Keren di Kota MakassarPemandangan pesisir Pulau Lanjukang, salah satu tujuan wisata populer di sekitar kota Makassar. (Dok. Fitri Rustam - Instagram.com/f3rustam)

Pulau Lanjukang berada di gugusan Kepulauan Spermonde, Selat Makassar. Pulau seluas 12,6 hektare ini masih berada dalam wilayah kota Makassar, tepatnya Kecamatan Ujung Tanah.

Untuk sampai di pulau ini, kamu harus menempuh jarak sekitar 40 kilometer atau 3 jam perjalanan menggunakan kapal kayu dari Pelabuhan Paotere. Memang lama sih, tapi pemandangan pantai berpasir putih dan lautan biru memesona langsung menyambut begitu kamu menjejakkan kaki di Pulau Lanjukang.

Sisi barat dan timur pulau ini punya pemandangan bawah laut yang gak kalah indahnya. Namun peralatan snorkeling harus kamu siapkan, karena belum ada fasilitas penyewaan di pulau sederhana ini. Kalau waktu kunjungan sehari dirasa gak cukup, kamu bisa menginap di rumah penduduk lokal yang mayoritas berprofesi sebagai nelayan.

3. Bugis Waterpark Adventure

Melancong Tanpa Ribet, Ini 5 Destinasi Wisata Keren di Kota MakassarPengunjung sedang berada di salah satu kolam Bugis Waterpark Adventure, salah satu tempat wisata populer di kota Makassar. (Instagram.com/bugis.waterpark)

Beroperasi sejak tahu 2012, Bugis Waterpark Adventure (BWA) jadi salah satu wahana air di tengah Kota Makassar. Dengan luas mencapai 7 hektare, obyek wisata yang terletak dI Perumahan Bukit Baruga, Kec. Manggala, tersebut dinobatkan sebagai taman rekreasi modern terluas di Indonesia timur.

Total terdapat 10 wahana bisa kamu jajal di BWA. Mulai dari Aquatube, Freefall si penguji nyali, Multi Slide, Blackhole yang bikin deg-degan, Body Slide, Rafting Slide, Whirl Pool, Main Pool sebagai wahana paling luas, Lazy River untuk kaum santai serta Kids Pool.

Pihak pengelola juga telah menyediakan sejumlah fasilitas untuk pengunjung. Ada gazebo dengan harga sewa dan fasilitas beragam, food court, toilet dan loker. Normalnya, biaya masuk BWA dibanderol antara Rp150 ribu hingga Rp200 ribu. Namun belakangan, demi membangkitkan animo di masa pandemi, mereka kerap menawarkan diskon harga tiket.

4. Delta Lakkang

Melancong Tanpa Ribet, Ini 5 Destinasi Wisata Keren di Kota MakassarPemandangan Delta Lakkang, salah satu spot wisata menarik yang berada di sekitar kota Makassar. (Dok. Kartika W. Renantriandani - Instagram.com/kartikawensdi)

Berada di Kecamatan Tallo, daerah delta Lakkang ini bisa letaknya cukup tersembunyi loh. Untuk mencapainya, kamu bisa menumpang perahu sederhana dari Dermaga Kera-kera (belakang kampus Unhas Tamalanrea) atau dari Parang Loe, pinggiran Tol Ir. Sutami.

Dengan waktu tempuh antara 15 hingga 30 menit, kamu akan menyaksikan rimbunan pohon bakau dan nipah yang tumbuh subur di tepian Sungai Tallo. Lakkang sendiri dikenal karena suasananya yang asri khas pedesaan, jauh dari hiruk-pikuk gemerlap kota. Gak heran, tempat ini kerap disebut "kampung terakhir" di Makassar.

Di Lakkang sendiri terdapat bungker Jepang peninggalan masa Perang Dunia II, yang sayangnya kurang terawat. Untuk mengunjungi Pulau Lakkang, kamu cuma harus menumpang perahu dengan tarif Rp10 ribu per kepala.

5. Ekowisata Mangrove Lantebung

Melancong Tanpa Ribet, Ini 5 Destinasi Wisata Keren di Kota MakassarPengunjung berswafoto di kawasan Ekowisata Mangrove Lantebung di Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (11/7/2020). Kawasan hutan bakau yang ramai dikunjungi wisatawan saat libur akhir pekan tersebut mulai dibuka untuk pengunjung dengan penerapan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran virus Corona baru atau COVID-19. (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Selain Lakkang, masih ada tempat wisata pesisir lain di Makassar. Terletak di pesisir utara Kelurahan Bira, kawasan tersebut bernama Ekowisata Mangrove Lantebung. Mulai dikenal sejak tahun 2017, hutan mangrove di sini seluas 25 hektare.

Untuk merasakan asrinya rimbunan bakau di sini, kamu bisa meniti jembatan kecil sepanjang 270 meter yang diberi nama Dermaga Cinta. Bagi kamu yang hobi selfie, pihak pengelola telah menyediakan sejumlah spot di sekitar dermaga.

Oh iya, di Ekowisata Mangrove Lantebung juga terdapat fasilitas lain seperti warung jajanan serta rest area. Tiket masuknya murah, kok. Cuma Rp5 ribu per orang, baik di hari biasa atau libur. 

Apa ada yang menurutmu menarik? Segera mi ki datangi tempatnya, cika'. Dan jangan lupa tetap patuhi protokol kesehatan!

Baca Juga: 5 Kafe di Makassar dengan Konsep Vintage-Minimalis, Ngopi Lebih Asyik!

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya