Comscore Tracker

Catat, Ini 4 Agenda Pariwisata Menarik di Sulsel Sepanjang Desember!

Dari Jeneponto hingga Toraja, kuy liburan

Makassar, IDN Times - Gak terasa kita sudah masuk bulan Desember alias penghujung tahun. Masa libur panjang sudah menunggu. Kalau kamu kebetulan sudah menyusun rencana buat pelesiran --plus tabungan dananya sudah memadai-- akhir tahun jadi momen pas untuk melepas penat dari rutinitas.

Bingung mau ke mana? Kementerian Pariwisata sudah menyiapkan calendar of events sebagai referensi. Mau lebih spesifik? Sulawesi Selatan, lewat Dinas Pariwisata, dari jauh-jauh hari juga merilis daftar agenda sepanjang tahun termasuk pada Desember.

Tercatat ada empat agenda pariwisata penting yang siap digelar di seantero Sulsel. Apa saja itu? Berikut IDN Times menjelaskannya untuk kamu.

Baca Juga: LIPI Temukan Dua Anggrek Baru, Salah Satunya di Sulawesi Selatan

1. Festival Berkuda Turatea, Jeneponto

Catat, Ini 4 Agenda Pariwisata Menarik di Sulsel Sepanjang Desember!turatea.weebly.com

Bagi warga Sulsel, Kabupaten Jeneponto memang selalu identik dengan kuda. Ya, hewan sinonim energi melimpah tersebut jadi unsur tak terpisahkan dari hidup sehari-hari warga Tanah Turatea. Kuda bisa ditemui dalam kehidupan bertani hingga kuliner khas Jeneponto.

Kearifan lokal yang unik membuat Jeneponto rutin menggelar agenda festival berkuda setiap tahun. Festival Berkuda Turatea edisi 2019 bakal berlangsung di Pantai Karsut, 15 km dari pusat Kota Jeneponto, mulai dari 20 hingga 23 Desember mendatang.

Acara hasil kerjasama Kodim 1425 Jeneponto dan Dinas Pariwisata Kabupaten Jeneponto tersebut bakal menyuguhkan parade kuda hias serta berbagai macam olahan daging kuda seperti abon, dendeng serta coto. Nikmat!

2. Bantaeng Run 10K, Bantaeng

Catat, Ini 4 Agenda Pariwisata Menarik di Sulsel Sepanjang Desember!Dok. Istimewa (Pantainesia.com)

Bertepatan dengan Hari Jadi Bantaeng ke-765 pada 8 Desember mendatang, Pemerintah Kabupaten Bantaeng menyelenggarakan lomba lari bertajuk Bantaeng Run 10K. Dalam trayek sejauh 10 kilometer, para peserta akan melewati sejumlah icon dan landmark milik Kota Butta Toa'.

Sejumlah event lain juga bakal dihelat oleh Pemkab Bantaeng seperti bazaar hasil pertanian, peresmian Technopark Bantaeng, serta festival budaya yang berpusat di Pantai Seruni. Berlibur ke kota terbersih se-Sulsel? Kenapa tidak?

3. Festival Mammesa, Enrekang

Catat, Ini 4 Agenda Pariwisata Menarik di Sulsel Sepanjang Desember!Dok. Enrekang Berdaya

Agenda tahunan Festival Mammesa di Kabupaten Enrekang turut terselip dalam daftar pendek ini. Acara yang kembali dihelat di objek wisata Dante Pine, Kecamatan Anggeraja, tersebut kembali mengusung konsep wisata-seni-budaya milik masyarakat Massanrempulu.

Selain bercengkeraman dengan alam Dante Pine yang memukau, para pengunjung turut disuguhi aneka kuliner lokal, pagelaran seni, pasar kopi serta konser musik. Beberapa musisi siap berpartisipasi dalam event yang dihelat pada 7-8 Desember mendatang itu. Ada Fiersa Besari, Natinson serta Penenun Kata. Ini baru namanya liburan indie!

4. Kemilau Toraja, Tana Toraja

Catat, Ini 4 Agenda Pariwisata Menarik di Sulsel Sepanjang Desember!Instagram.com/toraja_id

Sempat dinamai Lovely December (2007-2017), event tahunan milik Pemerintah Kabupaten Tana Toraja ini berubah menjadi Kemilau Toraja tepat pada 2018 silam. Lantas apa yang berbeda? Lovely December mengemas konsep cinta dan kebersamaan --baik di masyarakat dan keluarga-- lantaran bertepatan dengan perayaan Hari Natal.

Adapun tajuk Kemilau Toraja mengusung konsep perkenalan budaya lokal yang selama ini menjadi magnet pariwisata Toraja. Rangkaian acaranya sendiri berlangsung sepanjang bulan Desember. Beberapa item kegiatan mulai dari pasar seni, ritual adat Aluk Todolo, festival kuliner tradisional, festival tenun, pentas seni rakyat, dan masih banyak lagi.

Tunggu apa lagi? Yuk liburan!

Baca Juga: Penuh Makna dan Majas, Ini 5 Basa-basi dan Sapaan Khas Orang Toraja 

Topic:

  • Ach. Hidayat Alsair
  • Ita Lismawati F Malau

Just For You