Comscore Tracker

9 Mall di Makassar dengan Konsep Keren, Ada yang Dibangun Bawah Tanah

Tetap perhatikan protokol kesehatan, ya!

Sebagai kota terbesar di Indonesia timur, Makassar, ibu kota Sulawesi Selatan, gak cuma dikenal secara luas lantaran kuliner dan wisata alamnya saja. Ada banyak banget pusat perbelanjaan yang bisa kamu kunjungi, dan semua punya ciri khasnya masing-masing.

Mulai dari indoor garden, konsep empat kota dunia, pusat perbelanjaan terluas, terbesar hingga yang berada di bawah tanah. Nah, berikut ini IDN Times menyusun daftar pendek berisi 9 mall di seluruh penjuru Kota Makassar.

1. Nipah Mall

9 Mall di Makassar dengan Konsep Keren, Ada yang Dibangun Bawah TanahSuasana bagian dalam Nipah Mall, salah satu pusat perbelanjaan yang berada di Kota Makassar. (Instagram.com/malnipah)

Alamat : Jl. Urip Sumoharjo No. 23C, Kel. Panaikang, Kec. Panakkukang

Membuka daftar ini adalah Nipah Mal, pusat perbelanjaan lima lantai yang diresmikan pada November 2018. Konsep taman dalam ruangan membuat mall ini istimewa, loh. Ratusan tanaman hiasi beberapa sudut, membuat pengunjung bisa ngadem di mana saja. Gak lupa, ada juga kolam kecil dan "air terjun" yang berada tepat di lantai dasar.

Capek jalan? Nikmati taman dan ruang terbuka di lantai paling atas. Kapan lagi melepas lelah dengan pemandangan Makassar dari ketinggian, kan?

2. Phinisi Point

9 Mall di Makassar dengan Konsep Keren, Ada yang Dibangun Bawah TanahPemandangan Phinisi Point, salah satu pusat perbelanjaan yang berada di Kota Makassar, dari luar area gedung. (Dok. Public Relations Phinisi Point)

Alamat : Jl. Metro Tanjung Bunga No. 2, Kel. Panambungan, Kec. Mariso

Dibuka pada April 2017, Phinisi Point berada di Kawasan The Rinra & Celebes Convention Center. Terdiri dari lima lantai, pihak pengembang membagi area pengunjung ke dalam lima tema: New York, Hong Kong, London, Amsterdam dan Tokyo. Ciri khas semua kota tersebut --mulai dari bus tingkat hingga ornamen khas Pecinan-- memberi nuansa unik.

Oh iya, menginjak sore hari, kamu bisa menyaksikan pemandangan sunset loh. Entah sambil ngopi di area terbuka, atau bahkan lewat jendela kaca Phinisi Point. Romantis!

3. Trans Studio Mall

9 Mall di Makassar dengan Konsep Keren, Ada yang Dibangun Bawah TanahSuasana bagian dalam Trans Studio Mall, salah satu pusat perbelanjaan yang berada di Kota Makassar. (Dok. Public Relations Trans Studio Mall Makassar)

Alamat : Kawasan Terpadu Trans Studio, Jl. HM. Dg. Patompo (Metro Tanjung Bunga), Kel. Maccini Sombala, Kec. Tamalate

Beroperasi pada tahun 2010, Trans Studio Mall (TSM) adalah pusat perbelanjaan terluas di Makassar. Mall empat lantai ini mengadopsi konsep family mall di mana segala kebutuhan tersedia dalam satu tempat. Mulai dari restoran, fashion store untuk segala umur, kebutuhan rumah tangga, furnitur hingga wahana bermain.

Oh iya, area parkir TSM pun sering menjadi tempat konser musik. Rock In Celebes beberapa kali menggunakannya, serta Guinness Arthur's Day edisi 2013 yang menampilkan band legendaris Mr. Big.

4. Mal Ratu Indah

9 Mall di Makassar dengan Konsep Keren, Ada yang Dibangun Bawah TanahSuasana bagian dalam Mall Ratu Indah, salah satu pusat perbelanjaan yang berada di Kota Makassar. (Dok. Gerry Chandra)

Alamat : Jl. DR. Ratulangi No. 35, Kel. Mamajang Luar, Kec. Mamajang

Beroperasi sejak 1999, Mall Ratu Indah (MaRI) punya sisi historis lantaran jadi pusat perbelanjaan modern pertama di Makassar. Letak mall empat lantai ini juga strategis lantaran berada di kawasan pusat kota.

Selama dua dekade, MaRI jadi salah satu tujuan utama keluarga dalam menghabiskan akhir pekan. Wahana bermain untuk si buah hati, belanja sehari-hari, fashion segala kalangan hingga furnitur. Pokoknya, lengkap deh!

5. Mall Panakkukang

9 Mall di Makassar dengan Konsep Keren, Ada yang Dibangun Bawah TanahSuasana di Mal Panakkukang Makassar, Senin (3/5/2021). IDN Times/Asrhawi Muin

Alamat : Jl. Boulevard, Kel. Pandang, Kec. Panakkukang

Ini dia mall terbesar dan terlengkap di Makassar. Beroperasi sejak tahun 2006, ratusan tenant memenuhi seluruh sudut pusat perbelanjaan lima lantai ini. Semuanya tumpah ruah, ngasih banyak pilihan bagi pengunjung yang mencari apa saja. Dengan rentang harga termurah hingga paling mahal.

Mall Panakkukang sendiri dikenal sebagai salah satu tujuan pecinta kuliner. Mulai dari khas Makassar dan Nusantara, sederhana ala prasmanan, waralaba cepat saji hingga santapan modern sekalipun. Dijamin kenyang!

6. Panakkukang Square

9 Mall di Makassar dengan Konsep Keren, Ada yang Dibangun Bawah TanahPemandangan bagian dalam Panakkukang Square, salah satu pusat perbelanjaan di Kota Makassar. (Dok. Yunan M. Alam)

Alamat : Jl. Adyaksa No. 1, Kel. Pandang, Kec. Panakkukang

Panakkukang Square terletak berdampingan dengan Mall Panakkukang. Meski dipisahkan Jl. Adyaksa, sebuah terdapat sebuah penghubung antara kedua pusat perbelanjaan ini. Meski berukuran lebih kecil, tenant yang ada cukup lengkap. Gak lupa, fasilitas parkir kendaraannya pun memadai.

Saat Mall Panakkukang terletak bersebelahan dengan Hotel Myko, Panakkukang Square sendiri memiliki jalan akses masuk dari Hotel Swiss-Belinn yang juga berada cuma sepelemparan batu dari pintu masuknya.

7. Karebosi Link

9 Mall di Makassar dengan Konsep Keren, Ada yang Dibangun Bawah TanahSuasana bagian dalam Karebosi Link, salah satu pusat perbelanjaan yang berada di Kota Makassar. (Dok. Danang Heru Utomo)

Alamat : Jl. Jenderal Achmad Yani (Lapangan Karebosi), Kel. Baru, Kec. Ujung Pandang

Mall bawah tanah? Kenapa tidak? Karebosi Link (Karlink) jadi contohnya. Seluruh tenant pusat perbelanjaan yang berdiri pada 2003 ini berada tepat di bawah Lapangan Karebosi. Dengan luas nyaris 3 hektare, Karlink berstatus sebagai satu-satunya underground mall di Indonesia timur.

Nah, Karlink sendiri dikenal atas tiga hal: fashion, barang elektronik serta kosmetik. Terdapat pula jalur perhubung bawah tanah dengan pusat elektronik Makassar Trade Center (MTC) yang berada di seberang jalan.

8. Daya Grand Square

9 Mall di Makassar dengan Konsep Keren, Ada yang Dibangun Bawah TanahPemandangan Daya Grand Square, salah satu pusat perbelanjaan yang berada di Kota Makassar, dari luar area gedung. (Twitter.com/daya_square)

Alamat : Jl. Perintis Kemerdekaan KM 14, Kel. Daya, Kec. Biringkanaya

Dibuka sejak 2015 lalu, Daya Grand Square (DGS) jadi pilihan tempat belanja bagi penduduk di tepi Kota Makassar. Alhasil, penduduk area suburban gak perlu jauh-jauh lagi berkendara hanya untuk sekadar memberi kebutuhan dapur yang lengkap.

Selain itu, di area sekitar DGS pun terdapat beberapa kedai kopi serta restoran dengan harga terjangkau. Cukup lah untuk isi dompet di pertengahan bulan.

9. Makassar Town Square

9 Mall di Makassar dengan Konsep Keren, Ada yang Dibangun Bawah TanahPemandangan Makasssar Town Square (MTos), salah satu pusat perbelanjaan yang berada di Kota Makassar, dari luar area gedung. (Dok. Jimmy Jefferson)

Alamat : Jl. Perintis Kemerdekaan No. 26, Kel. Tamalanrea Jaya, Kec. Tamalanrea

Beroperasi sejak tahun 2007, Makassar Town Square (MTos) populer lantaran memiliki konsep family mall. Mulai dari restoran, wahana bermain, belanja baju, kebutuhan rumah tangga plus hiburan segala umur ada di MTos.

Nah, itu tadi 9 mall yang berada di seluruh penjuru Kota Makassar. Yang mana sering ki datangi? Oh iya, jangan ki lupa pakai masker dan cuci tangan sebelum berkunjung ke salah satu mall ini.

Baca Juga: 7 Pantai Indah di Makassar yang Menantimu setelah Pandemik Berlalu

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya