Comscore Tracker

5 Tempat Nongkrong Baru di Tamalanrea Makassar yang Wajib Dikunjungi

Masing-masing punya ciri khas, dijamin cozy!

Siapa bilang daerah Tamalanrea Makassar kekurangan tempat nongkrong? Jangan salah, berbagai coffee shop dan kafe kian menjamur di daerah yang sering dianggap sebagai zona suburban Makassar itu. Semua hadir seolah sebagai "jawaban" atas keluhan kalau nongkrong harus jauh-jauh berkendara menuju pusat kota atau sekitarnya.

Nah, berikut ini IDN Times menyusun 5 tempat baru yang layak kami jajal. Semua punya ciri khas masing-masing. Entah dari desain tempat atau beragamnya menu untuk pengunjung. Langsung disimak, ya!

1. Banua Coffee

5 Tempat Nongkrong Baru di Tamalanrea Makassar yang Wajib DikunjungiSuasana area pengunjung Banua Coffee, salah satu tempat nongkrong baru di daerah Tamalanrea, Kota Makassar. (Instagram.com/ngopidonjon)

Alamat : Jl. Biring Romang Lorong 6 No. 12, Kel. Kapasa, Kec. Tamalanrea

Membuka daftar pendek ini adalah Banua Coffee. Beroperasi sejak November 2018, mereka mengusung desain minimalis. Dominasi warna putih membuatnya tampak simpel namun elegan. Di sini, area pengunjung berkonsep terbuka. Ada tempat duduk berundak, dan deretan kursi dan meja di lantai atas. Suasananya dijamin tenang, karena berada cukup jauh dari jalan protokol.

Saat ini mereka baru menyediakan sejumlah minuman olahan kopi. Beberapa andalan pengunjung seperti Es Kopi Ceria, Espresso dan Before Sunset. Tapi ada juga kategori non-kopi macam Chocolate serta Lemonade yang dijamin nyegerin. Pengin ngemil? Banua Coffee punya olahan roti lezat, cocok nemenin waktu nongkrongmu bareng teman atau pasangan.

Harga menunya terjangkau, kok. Antara Rp20 ribu hingga Rp35 ribu. Banua Coffee buka setiap hari, dari pukul 8.00 hingga 22.00.

2. Collabs.id

5 Tempat Nongkrong Baru di Tamalanrea Makassar yang Wajib DikunjungiSuasana area pengunjung Collabs.id, salah satu tempat nongkrong baru di daerah Tamalanrea, Kota Makassar. (Instagram.com/collabs.id_mks)

Alamat : Jl. Perintis Kemerdekaan 3 (BTN Hamzy Blok B/7), Kel. Tamalanrea Indah, Kec. Tamalanrea

Beroperasi sejak Juni 2021, Collabs.id ini terdiri atas tiga area. Pertama, ruangan pengunjung di lantai bawah. Kedua, ruangan tertutup untuk keperluan rapat atau bahkan mengerjakan tugas. Ketiga, area terbuka pada bagian atap yang didesain sedemikian rupa agar bisa ditongkrongi.

Menu mereka terdiri dari minuman dan makanan. Dari kategori food ada mie goreng, nasi goreng sampai mie kering khas Makassar. Sementara untuk beverages sendiri tersedia Es Kopi Pandan, Cappucino, Chocolate, Kopi Susu hingga beragam jenis olahan mocktail.

Pengin ngerasain sensasi nongkrong nan cozy di ketinggian? Collabs.id buka setiap hari dari pukul 9.00 hingga 00.00 WITA.

3. Searah Cafe

5 Tempat Nongkrong Baru di Tamalanrea Makassar yang Wajib DikunjungiSuasana area pengunjung Searah Cafe, salah satu tempat nongkrong baru di daerah Tamalanrea, Kota Makassar. (Instagram.com/searahcafe_)

Alamat : Bumi Tamalanrea Permai (BTP), Jl. Tamalanrea Raya Blok I No. 25, Kel. Tamalanrea, Kec. Tamalanrea

Searah Cafe berada di dalam kawasan perumahan Bumi Tamalanrea Permai (BTP), tepat di tepi jalan utama. Nah, kafe yang buka sejak akhir Februari 2021 ini memakai konsep ruangan semi terbuka. Ukuran areanya memang kecil, tapi dijamin suasana jadi lebih hidup. Interaksi sesama pengunjung juga kian dekat.

Mereka punya olahan kopi kegemaran para langganan tetap. Mulai dari Cappucino, Cafe Latte, Espresso, Frappe sampai Cold White. Kategori non-kopi sekaligus nyegerin juga ada, kok. Karena ngumpul atau nongkrong gak lengkap tanpa camilan, turut pula sejumlah teman ngemil. Ada risoles, donat, ubi goreng sampai pisang goreng yang dijamin menggoyang lidah.

Oh iya, Searah Cafe ini beroperasi setiap hari. Mulai dari pukul 10.00 hingga 23.00 WITA.

4. MauKi Coffee

5 Tempat Nongkrong Baru di Tamalanrea Makassar yang Wajib DikunjungiSuasana area pengunjung Mauki Coffee, salah satu tempat nongkrong baru di daerah Tamalanrea, Kota Makassar. (Instagram.com/maukicoffee)

Alamat : Jl. Perintis Kemerdekaan KM 9 No. 36, Kel. Tamalanrea Jaya, Kec. Tamalanrea

Berada tepat di tepi Jalan Perintis, MauKi Coffee mulai beroperasi sejak akhir Agustus 2021 lalu. Desainnya sendiri mengadopsi minimalis industrial, dengan sentuhan aksen kayu dan logam. Kesan vintage amat terasa berkat keberadaan deretan lampu gantung di langit-langit area pengunjung.

Nah, untuk urusan menu, mereka termasuk lengkap loh. Dari kategori minuman ada Coffee Regal, Kopi Gula Aren, Taro Glace, Almond Choco Blend sampai Ocean Blue. Teh dan jus juga ada. Pengin makan? Tenang, Mauki Coffee punya banyak pilihan. Ada Nasi Goreng, Sop Ubi, Sop Iga, Nasi Ayam Sambal Matah, Sandwich dan Burger. Yummy!

Harga seluruh menu berkisar antara Rp20 ribu hingga Rp35 ribu. MauKi Coffee buka setiap hari, tapi dengan jam berbeda. Weekdays yakni 10.30 - 22.30 WITA, dan weekend adalah 10.30 - 23.00 WITA.

5. Kopitan Plus

5 Tempat Nongkrong Baru di Tamalanrea Makassar yang Wajib DikunjungiSuasana area pengunjung dan beberapa sajian Kopitan Plus, salah satu tempat nongkrong baru di daerah Tamalanrea, Kota Makassar. (Instagram.com/kopitanplus_)

Alamat : Jl. Perintis Kemerdekaan KM 12, Kel. Tamalanrea Jaya, Kec. Tamalanrea

Masih di tepi Jalan Perintis, terdapat Kopitan Plus yang baru beroperasi pada Oktober 2021 silam. Tempat ini jadi salah satu tujuan anak muda dan keluarga menghabiskan waktu luang. Gak cuma ngumpul, juga ngobrol asyik bareng teman semeja. Makin cozy karena desain ruangannya memadukan unsur industrial.

Nah, keunggulan Kopitan Plus terletak pada menunya yang variatif. Dari deretan minuman ada Basic Milky Red Velvet, Avocado Juice, Lemon Mojito, Es Kelapa Cincau sampai Es Kopi Susu. Dan dari makanan terdapat Chicken Karage Salteg Egg, Chichken Yakiniku Rice Bowl, Tahu Pong, Mie Kuah, Mie Jawa, Roti Panggang dan masih banyak lagi. Dijamin kenyang!

Harga menunya sendiri antara Rp15 ribu hingga Rp45 ribu. Kopitan Plus ini buka dari pukul 9.00 hingga 22.00 WITA pada hari kerja, dan sampai 23.00 WITA ketika akhir pekan.

Keren kan tempat-tempatnya? Dijamin gak bingung kalau mau nyari tempat nongkrong di daerah Tamalanrea Makassar. Langsung mi ki berkunjung!

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya