Comscore Tracker

5 Penginapan Bernuansa Alam di Sulsel, Liburan Romantis dan Tenang!

Mulai dari perbukitan Toraja Utara hingga pesisir Bulukumba

Refreshing dari penatnya rutinitas itu perlu banget. Tubuh dan jiwa harus diberi kesempatan untuk istirahat sejenak. Tapi ada pertanyaan klasik muncul: harus ngapain biar pikiran segar lagi?

Banyak kok yang bisa dilakukan, salah satunya liburan ke luar kota. Mencari ketenangan memang gak boleh nanggung. Bahkan kalau perlu, menginapnya juga di tempat yang tenang.

Nah, untuk di Sulawesi Selatan, IDN Times memilih lima penginapan (resort dan cottage) dengan suasana alam. Mulai dari ademnya perbukitan Toraja Utara hingga angin pesisir Bulukumba. Langsung disimak, ya!

(Catatan: harga untuk tanggal 16-17 Oktober 2021, berdasarkan sejumlah situs biro perjalanan)

1. Rammang-Rammang Eco Lodge Cottage (Maros)

5 Penginapan Bernuansa Alam di Sulsel, Liburan Romantis dan Tenang!Suasana Rammang-Rammang Eco Lodge Resort, salah satu penginapan bernuansa alam di Sulawesi Selatan. (Instagram.com/wisatarammang2)

Alamat : Dermaga 2 Kawasan Karst Rammang-Rammang, Desa Salenrang, Kec. Bantimurung, Kabupaten Maros

Harga per malam : Rp450.000 - Rp585.000

Memulai daftar pendek ini adalah Rammang-Rammang Eco Lodge Cottage yang berada di dalam kawasan karst Rammang-Rammang. Untuk mencapainya, para tamu harus lebih dulu menaiki perahu milik warga. Jadi, kesan kembali ke alam bakal terasa banget.

Selain itu, seluruh area cottage termasuk kamarnya berada di tepi sungai. Gak lupa, para tamu juga disuguhi lanskap perbukitan karst, pepohonan nipah dan sawah warga di sekeliling tempat tersebut. Dijamin adem, bikin betah berlama-lama.

Pihak pengelola menyediakan beberapa fasilitas seperti Wi-Fi, restoran sekaligus kedai kopi dan listrik 24 jam. Mau datang sendiri? Boleh banget. Bareng teman-teman dan keluarga juga oke, kok. Waktu tempuh dari Makassar dari dermaga pintu masuk mencapai 1 setengah jam, dengan jarak sekitar 40 kilometer.

2. Sunari Beach Resort Selayar (Kepulauan Selayar)

5 Penginapan Bernuansa Alam di Sulsel, Liburan Romantis dan Tenang!Suasana Sunari Beach Resort, salah satu penginapan bernuansa alam di Sulawesi Selatan. (Instagram.com/sunaribeachresortselayar)

Alamat : Jl. Poros Bandara KM. 14, Desa Patikarya, Kec. Bontosikuyu, Kabupaten Kepulauan Selayar

Harga per malam : Rp585.000 - Rp1.300.000

Selain Bulukumba, Kepulauan Selayar juga dikenal karena pemandangan pesisir yang ciamik. Sunari Beach Resort cocok jadi tempat menginap para wisatawan kalau gak mau jauh-jauh dari pantai. Suasana damai terasa banget karena para tamu langsung disambut deburan ombak, barisan pepohonan kepala serta angin sepoi-sepoi.

Jarak dari Benteng, ibu kota Selayar, mencapai 14 kilometer atau setengah jam perjalanan. Letaknya juga cukup jauh dari pemukiman penduduk. Dijamin makin tenang, deh. Oh iya, para tamu juga disuguhi indahnya sunset yang bisa mereka saksikan dari kamar sendiri, sambil duduk barisan gazebo sederhana atau berjalan-jalan di area pantai.

Ada tiga kategori kamar di Sunari Beach Resort Selayar yakni Standard Bungalow, Family Bungalow dan Superior Bungalow. Fasilitas yang tersedia seperti wi-fi restoran, taman dan lain-lain.

3. Kapitoo Nature Resort & Cafe (Toraja Utara)

5 Penginapan Bernuansa Alam di Sulsel, Liburan Romantis dan Tenang!Suasana Kapitoo Nature Resort & Cafe, salah satu penginapan bernuansa alam di Sulawesi Selatan. (TorajaKapitoo.com)

Alamat : Lingkungan Kalimbuang, Benteng Ka'do, Lembang Sikuku', Kec. Kapala Pitu, Kab. Toraja Utara

Harga per malam : Rp3.200.000 - Rp3.800.000

Berada di Toraja Utara (Torut), Kapitoo Nature Resort & Cafe ini kerap disambangi para pelancong. Alasannya, pemandangan sawah dan perbukitan memberi kesan yang susah banget dilupakan para tamu. Selain itu, konsep pondok sekaligus tenda untuk tempat menginap menambah kesan kembali ke alam.

Gak cuma pas pagi, suasana tenang makin terasa saat malam tiba. Karena tanpa wi-fi, para tamu yang menginap bisa menepi sementara waktu dari segala rutinitas dan bahkan pekerjaan sehari-hari. Oh iya, ada juga kafe dengan view gak kalah mempesona.

Ada tiga kategori kamar disediakan untum tamu yang datang sendiri, bareng pasangan atau keluarga. Antara lain Rice Field Lower View, Rice Field View serta Family Tent. Dari Rantepao, ibu kota Torut, pengunjung harus melewati jalan berkelok sepanjang 12 kilometer (30 menit).

4. Masagena Cottage Malino (Gowa)

5 Penginapan Bernuansa Alam di Sulsel, Liburan Romantis dan Tenang!Suasana Masagena Cottage II, salah satu penginapan bernuansa alam di Sulawesi Selatan. (Instagram.com/masagena.cottagemalino)

Alamat : Jl. Karang Pado' No. 27 (Masagena I), Lingkungan Batu Lapisi Dalam (Masagena II dan III), Kel. Malino, Kec. Tinggimoncong, Kab. Gowa

Harga per malam : Rp500.000 - Rp4.000.000

Sudah lama wilayah Malino jadi tujuan vakansi andalan warga Makassar. Selain letaknya gak seberapa jauh, suasana pegunungan seolah jadi pelarian dari hiruk pikuk kota dan segala dinamikanya sehari-hari. Dari beberapa villa dan penginapan di situ, Masagena Cottage termasuk yang menarik.

Sejalan makna namanya yang berarti "merasa lapang", pihak pengelola hendak melengkapi  kelegaan para tamu saat berlibur. Karena berada di wilayah perbukitan, seluruh areanya kerap dikelilingi kabut. Gak lupa, pengunjung bisa nongkrong di beberapa spot dalam penginapan atau lanjut jalan-jalan ke spot-spot wisata sekitarnya.

Masagena Cottage sendiri terbagi menjadi tiga zona. Penginapan I berada gak jauh dari kawasan Hutan Pinus Malino, dan untuk ke area II dan III masih perlu 11 menit perjalanan.

Baca Juga: 7 Destinasi Wisata Pantai di Bulukumba, Gak Jauh dari Tanjung Bira

5. Tevana House Reef (Bulukumba)

5 Penginapan Bernuansa Alam di Sulsel, Liburan Romantis dan Tenang!Suasana Tevana House Reef, salah satu penginapan bernuansa alam di Sulawesi Selatan. (Instagram.com/tevanahousereef)

Alamat : Kawasan Pantai Bara, Kel. Bira, Kec. Bonto Bahari, Kab. Bulukumba

Harga per malam : Rp1.210.000 - Rp5.455.000

Bagi kamu yang suka dengan suasana pesisir, Tevana House Reef juga layak dijajal. Berada di kaki tebing Pantai Bara, para tamu langsung disuguhkan pemandangan Tanjung Bira Bulukumba nan eksotis. Bahkan, birunya laut bisa disaksikan langsung dari sejumlah kamar tamu. Pepohonan di sekeliling turut menambah ketenangan.

Kamarnya bisa disesuaikan dengan bujet. Ada Dorm Sharing Savanna kalau kamu lagi travelling mode hemat dan ramai-ramai, Garden Eco Villa yang cocok untuk honeymoon, Seafront Eco Villa hingga Rumah Warisan jika datang bareng rombongan atau keluarga. Fasilitas yang disediakan adalah wi-fi dan reatoran dengan view cantiknya laut lepas.

Oh iya, Tevana House Reef sendiri turut berkomitmen dalam menjaha lingkungan. Pihak pengelola melarang penggunaan botol plastik dan menyediakan air minum gratis untuk seluruh tamu. Selain itu, mereka turut aktif dalam inisiatif pembersihan pesisir bernama EcoBira dan proyek pelestarian terumbu karang Bulukumba yakni Gaia One.

Bagaimana? Ada ji yang dirasa cocok? Langsung mi siapkan anggaran ta. Kalau ada ji bujetnya, gaskan mi!

Baca Juga: 5 Makanan Khas yang Wajib Kamu Cicipi saat di Toraja

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya