Comscore Tracker

7 Lokasi Wisata Estetik di Selayar, Cocok buat Selfie!

Gak perlu jauh-jauh ke Labuan Bajo untuk spot foto ciamik

Kepulauan Selayar yang terletak di wilayah ujung selatan Sulawesi Selatan merupakan salah satu destinasi wisata favorit, baik oleh turis asing maupun lokal.

Di Selayar terdapat Taman Nasional Taka Bonerate yang menyimpan kekayaan bawah laut. Selain itu, Selayar juga dikenal dengan keindahan wisata pantai, kekayaan kuliner, hingga keragaman budaya tradisional.

Bagi kamu yang doyan selfie, Selayar adalah tujuan yang pas buat dikunjungi. Sebab di sana banyak tempat-tempat instagramable yang cocok untuk latar fotomu saat berwisata. Berikut ini beberapa daftarnya, dikutip dari laman Dinas Pariwisata Kepulauan Selayar.

Baca Juga: 5 Penganan Khas yang Sebaiknya Kamu Cicipi saat ke Selayar

1. Pantai Baloiya

7 Lokasi Wisata Estetik di Selayar, Cocok buat Selfie!instagram.com/asritntbr

Pantai Baloiya berjarak sekitar 11 kilometer dari Kota Benteng, ibu kota Kepulauan Selayar. Waktu tempuhnya sekitar 20 menit saja.

Di sini terdapat batu karang pada perairan dangkal, yang berdiri tegak sekitar 50 meter dari bibir pantai. Sekilas mirip pantai di Tanah Lot, Bali. Coba abadikan momen kunjunganmu di sore hari saat matahari terbenam. Dijamin aesthetic!

2. Bukit Nane

7 Lokasi Wisata Estetik di Selayar, Cocok buat Selfie!Bukit Nane di Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. (pariwisata.kepulauanselayarkab.go.id)

Bukit Nane terletak di Pulau Polassi, yang bisa diakses dengan perjalanan laut selama 2-3 jam dari Benteng. Pulau ini memiliki pemandangan laut indah di berbagai sisi, yang bisa kamu saksikan dari puncak bukit. Bayangkan perpaduan pasir putih dengan air laut berwarna biru kehijauan.

Bukit Nane konon mirip Bukit Cinta di Labuan Bajo, Flores, Nusa Tenggara Timur. Oleh wisatawan, Bukit Nane dan beberapa tempat lain di Pulau Polassi kerap dimanfaatkan sebagai spot foto untuk dipublikasikan di sosial media.

3. Pantai Punagaan

7 Lokasi Wisata Estetik di Selayar, Cocok buat Selfie!Pantai Punagaan (instagram.com/jjs_makassar)

Pantai Punagaan berada di pesisir timur Kepulauan Selayar, sekitar 25 km dari kota Benteng. Keberadaan jembatan kayu yang berfungsi sebagai tambatan perahu nelayan menambah daya pikat pantai berpasir agak kelabu itu.

Kehadiran pohon-pohon berukuran sedang di pinggir pantai dan perbukitan di belakangnya, adalah garansi keindahan untuk foto selfie dan wefie kamu.

4. Pantai Pinang dan Bonetappalang

7 Lokasi Wisata Estetik di Selayar, Cocok buat Selfie!instagram.com/selayar.eco.resort/

Pantai Pinang dan Bonetappalang berada dalam satu kawasan, dengan pasir putih yang terbentang panjang.  Panorama perbukitan dengan pepohonan berukuran besar, membuat dua lokasi ini menjadi lokasi yang ideal untuk berfoto.

Dari kota Benteng, pengunjung mesti menempuh perjalanan sekitar satu jam ke Pelabuhan Pattumbukang, sebelum lanjut menyeberang dengan perahu nelayan (jolloro) ke lokasi ini. Tarifnya Rp500 ribu untuk pergi-pulang.

5. Hutan Mangrove Matalalang

7 Lokasi Wisata Estetik di Selayar, Cocok buat Selfie!instagram.com/selayarparadise

Hutan Mangrove Matalalang berada 3 kilometer di selatan kota Benteng. Barisan hutan bakau dan jembatan kayu yang membelah persis di tengahnya, membuat lokasi ini sangat ideal untuk jadi latar fotomu. Disarankan datang ke tempat ini di sore hari saat matahari bersinar tak begitu terik.

6. Pantai Sunari

7 Lokasi Wisata Estetik di Selayar, Cocok buat Selfie!@ishaq_dinata via instagram.com/explore_selayar

Pantai Sunari terkenal dengan pohon kelapa yang berbaris di sepanjang pantai. Pengunjung kerap memanfaatkan kehadiran pohon kelapa yang bak pagar hidup itu sebagai latar foto dan video.

Berjarak sekitar 12 km dari kota Benteng, kamu bisa menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

7. Pasir timbul Pulau Tinabo

7 Lokasi Wisata Estetik di Selayar, Cocok buat Selfie!instagram.com/aliangger/

Selain daya tarik bawah laut yang sudah sangat termasyhur, Pulau Tinabo yang berada dalam kawasan Taman Nasional Takabonerate, menawarkan pesona pasir timbul yang hadir saat air laut sedang surut. Berpose di atasnya, seakan kamu berada di pulau mini di tengah lautan biru.

Pulau Tinabo dapat diakses dengan kapal laut dari kota Benteng, dengan waktu tempuh sekitar 6 jam. Atau kamu bisa memangkas perjalanan jadi 4 jam dari Pelabuhan Pattumbukang yang ada di ujung Selatan Pulau Selayar.

Baca Juga: 9 Pesona Taman Nasional Taka Bonerate, Lautan Surga di Selayar

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya