Comscore Tracker

7 Pantai Indah di Makassar yang Menantimu setelah Pandemik Berlalu

Bayangkan tenangnya berenang atau bermain pasir di pantai

Ditulis oleh Ridwan Saleh Fadillah

Makassar, IDN Times - Makassar sebagai kota bahari menawarkan beragam keindahan alam yang jadi daya tarik bagi wisatawan. Ada sejumlah pantai maupun pulau yang selalu bikin orang rindu untuk berkunjung kembali.

Mengunjungi pantai, melihat indahnya laut, bisa jadi salah satu aktivitas yang menyenangkan. Bayangkan tenangnya berenang atau bermain pasir di tepi pantai.

Saat ini situasi pandemik COVID-19 mengharuskan kita beraktivitas di rumah. Jika nanti pandemik berlalu dan situasi berlalu, sejumlah pantai di Makassar ini patut kamu kunjungi.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Tempat Makan Favorit Dekat Pantai Losari Makassar

1. Pantai Losari

7 Pantai Indah di Makassar yang Menantimu setelah Pandemik Berlaluinstagram.com/nunu_4nwar

Pantai Losari tentu menjadi destinasi wisata bahari pertama yang muncul di benak masyarakat jika sedang jalan-jalan di Makassar. Pantai ini termasuk ikon wisata paling populer, yang menawarkan keindahan matahari terbenam di sore hari. Banyak spot foto Instagramable pada sejumlah anjungan yang berdiri di atas air.

Pantai Losari berada di sebelah barat Kota Makassar, tepatnya di Jalan Penghibur. Pantai ini terbuka selama 24 jam, gratis dikunjungi siapa saja.

2. Pantai Akkarena

7 Pantai Indah di Makassar yang Menantimu setelah Pandemik BerlaluPantai Akkarena Makassar. IDN Times/Abdurrahman

Pantai Akkarena berdekatan dengan kawasan bisnis serta pusat perbelanjaan seperti Mall Trans Studio dan Mall GTC ini. Di pantai ini, kamu bisa merasakan nikmatnya berenang di air laut atau sekadar berjemur di pantai. Ada juga beragam area rekreasi yang dapat kamu gunakan.

Pantai Akkarena terletak di Jalan Metro Tanjung Bunga, Kecamatan Tamalate. Kamu cukup membayar tiket seharga Rp10 ribu hingga Rp15 ribu untuk masuk. Tempat ini dibuka dari pukul enam pagi hingga sepuluh malam.

3. Pantai Layar Putih

Pantai di Makassar ini sebenarnya tidak memiliki fasilitas apa pun. Yang ada hanyalah keindahan laut lepas yang memanjakan mata. 

Pantai Layar Putih cocok untuk kamu yang sedang berburu foto matahari terbenam. Foto yang dapat kamu hasilkan di pantai ini dijamin akan lebih estetik, apalagi dengan latar langit jingga yang memukau. Untuk menuju ke Pantai Layar Putih, kamu cukup berkendara menyusuri Jalan Metro Tanjung Bunga hingga wilayah Barombong yang berbatasan dengan Kabupaten Gowa dan Takalar.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Warung Sop Konro di Makassar yang Terkenal Enak

4. Pulau Kodingareng Keke

7 Pantai Indah di Makassar yang Menantimu setelah Pandemik Berlaluinstagram.com/gondrong.petualang

Rasakan sensasi bak berwisata di pulau privat di sini, karena Kodingareng Keke merupakan pulau tanpa penduduk. Pulau ini dikelilingi air laut yang jernih serta pasir putih yang memukau mata.

Untuk menuju Pulau Kodingareng Keke, kamu mesti naik kapal motor atau perahu yang bolak-balik dari Dermaga Kayu bangkoa di Kota Makassar. Tarifnya tergantung negosiasimu dengan pengelola kapal.

5. Pulau Samalona

7 Pantai Indah di Makassar yang Menantimu setelah Pandemik Berlaluinstagram.com/ruddy_purnama

Pulau ini menawarkan keindahan terumbu karang dan kehidupan bawah laut yang sangat indah. Air lautnya sangat jernih, sehingga jadi salah satu spot favorit para pecinta snorkeling.

Sebagai pelengkap, nikmati waktu santai dengan memandangi matahari terbenam sambil bersantai di gazebo. Ada juga pondok ekowisata di atas perairan dangkal. Pantai ini bisa dijangkau dengan waktu tempuh setengah jam dari Makassar.

6. Pulau Kayangan

7 Pantai Indah di Makassar yang Menantimu setelah Pandemik BerlaluPulau Kayangan Makassar. Tripadvisor/Fitri2015

Pulau Kayangan satu dari sekian banyak pulau cantik yang terletak di Kota Makassar. Lokasinya yang dekat dari Makassar menjadikannya salah satu destinasi yang selalu ramai dikunjungi setiap akhir pekan atau masa liburan.

Pulau ini sekitar satu kilometer dari bibir pantai Makassar. Di sana ada tersedia restoran, penginapan, dan beragam wahana. Perahu kayu setiap hari pulang-balik dari Makassar.

7. Pulau Lanjukang

7 Pantai Indah di Makassar yang Menantimu setelah Pandemik BerlaluInstagram.com/visitsulselofficial

Ini merupakan pulau terluar di Makassar. Jaraknya sekitar 40 kilometer dari kota. Untuk ke sana, kamu bisa menyewa kapal kayu dengan mesin tempel seharga Rp1 juta hingga Rp2 juta dengan muatan sampai 20 orang.

Perjalanan menuju Lanjukan memakan waktu kurang lebih 2-3 jam. Tapi sesampainya di sana, perjalananmu terbayar oleh indahnya pantai dan pasir putih. Apalagi pulau yang didiami oleh sekitar 15 kepala keluarga ini jarang dijamah oleh wisatawan. Habiskan waktumu dengan berenang, snorkeling, atau main bola di pasir.

Itu tadi sejumlah rekomendasi pantai indah di Makassar yang bisa kamu jelajahi di waktu senggang. Atau kamu sudah pernah punya pengalaman ke sana?

Baca Juga: 10 Camilan Homemade Enak di Makassar, Bisa Dibeli Online saat PPKM

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya