Comscore Tracker

Format AFC Cup Berubah, PSM Tunggu Kepastian Venue

Vietnam jadi tuan rumah pertandingan Grup F dan G

Makassar, IDN Times - Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) menetapkan sistem baru untuk pertandingan lanjutan AFC Cup 2020. Fase knock-out akan digelar dengan pertandingan tunggal, berbeda dengan biasanya yang berupa laga kandang-tandang.

Media Officer PSM Makassar Sulaiman Abdul Karim mengatakan pihaknya sudah mendapatkan informasi soal itu dari AFC. PSM sendiri tergabung pada Grup H babak kualifikasi grup AFC Cup 2020.

"Tidak lagi sistem home-away, tapi single leg match. Format baru ini diberlakukan karena pandemik COVID-19," kata Sulaiman kepada wartawan, Sabtu (11/7/2020).

Format baru itu akan mulai digunakan pada fase Semi Final Zona ASEAN, yang rencananya digelar pada 20-21 Oktober. Berikutnya pada Final Zona Asia pada 4 November, Semi Final di 2 Desember, dan partai Final 12 Desember.

1. PSM tunggu konfirmasi soal venue pertandingan kualifikasi grup

Format AFC Cup Berubah, PSM Tunggu Kepastian VenuePSM bermain imbang 1-1 melawan Kaya FC Ilo-Ilo dalam laga lanjutan Grup H AFC Cup 2020 di Stadion Madya, Jakarta, Selasa (10/3). (IDN Times/Ilyas Listianto Mujib)

Di tengah situasi pandemik, AFC sudah menetapkan bahwa semua pertandingan tersisa di babak penyisihan AFC Cup 2020 akan digelar di satu lokasi. Vietnam ditunjuk sebagai lokasi pertandingan Grup F dan G Zona ASEAN.

"Sementara untuk Grup H yang di dalamnya ada PSM Makassar, belum diputuskan venuenya," kata Sulaiman.

Dia menambahkan, bahwa dalam surat pemberitahuan AFC ke masing-masing klub peserta AFC Cup, ditegaskan bahwa jadwal pertandingan tidak bisa diubah lagi.

"AFC memilih menyelenggarakan semua sisa pertandingan AFC Cup 2020 di negara yang angka pandemi COVID-19 rendah," ucapnya.

2. Pertandingan kualifikasi grup dilanjutkan pada 23 September

Format AFC Cup Berubah, PSM Tunggu Kepastian VenueDok. PSM Makassar/Ahmad Alia

Sebelumnya diberitakan, manajemen PSM Makassar telah menerima informasi soal kelanjuta babak penyisihan grup AFC Cup 2020. Menurut rilis resmi AFC, pertandingan akan digelar kembali pada 23-29 September mendatang.

Diketahui, AFC sempat menunda sementara turnamen sebagai imbas dari pandemik COVID-19. Penundaan saat itu dimulai sejak 18 Maret 2020. PSM sendiri masih akan menjalani tiga pertandingan di Grup H.

3. PSM Makassar baru mengantongi 4 poin

Format AFC Cup Berubah, PSM Tunggu Kepastian VenueLiga-Indonesia.id

Di AFC Cup, PSM Makassar menempati grup H. Tim asuhan Bojan Hodak bersaing dengan Tampines Rovers dari Singapura, Shan United dari Myanmar, dan Kaya FC Iloilo dari Filipina.

Dari tiga pertandingan yang sudah dijalani, PSM mengantongi empat poin. Yakni hasil dari saekali menang, sekali kalah, dan sekali imbang.

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya