Comscore Tracker

Delegasi KNVB Puji Bakat Sepak Bola Anak-Anak Tulehu Maluku Tengah

Di Desa Tulehu, delegasi KNVB berkunjung ke SSB Matawaru

Maluku Tengah, IDN Times - Kepala Pemasaran Internasional, Asosiasi Sepak Bola Kerajaan Belanda, Koninklijke Nederlandse Voetbalbond (KNVB), Ilja Dijkstr mengunjungi Kampung Sepak Bola Tulehu, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku, Rabu (30/11/ 2022).

Pada kesempatan itu, Ilja melihat langsung proses latihan anak didik SSB Matawaru. Menurutnya, anak-anak Tulehu memiliki bakat besar untuk menjadi pemain sepak bola profesional di masa depan.

"Tetapi juga agak sedih karena sudah lama tidak ada kompetisi," ujar Ilja menjawab pertanyaan tertulis IDN Times, Rabu (30/ 11/ 2022).

1. Penasaran setelah mendengar cerita Kampung Sepak Bola Tulehu

Delegasi KNVB Puji Bakat Sepak Bola Anak-Anak Tulehu Maluku TengahKepala Perwakilan Pemasaran Internasional KNVB, Ilja Dijkstra/Muhammad Jaya untuk IDN Times

Ilja mengaku mewakili KNVB mengunjungi SSB tersebut setelah mendengar cerita tentang Kampung Sepak Bola Tulehu. Dia pun menyempatkan diri bercengkrama dengan anak-anak SSB Matawaru untuk mendengar cerita mereka.

Menurut Ilja, tidak ada program kepelatihan lokal dengan pembinaan dengan pembinaan berkelanjutan di daerah setempat. Padahal, jika pelatih mendapatkan wawasan dan pendidikan kepelatihan yang lebih baik, mereka pasti dapat melatih anak-anak dengan lebih baik pula.

”Dan membantu banyak bakat untuk berkembang lebih jauh,” ujarnya.

2. KNVB Kampus terbuka untuk semua kalangan

Delegasi KNVB Puji Bakat Sepak Bola Anak-Anak Tulehu Maluku TengahAnak-anak SBB Matawaru berposes bersama Kepala Pemasaran Internasional, Asosiasi sepak bola Kerajaan Belanda, Koninklijke Nederlandse Voetbalbond (KNVB), Ilja Dijkstr/Istimewa

Ilja melanjutkan, Kampus KNVB terbuka bagi siapa saja yang datang untuk berlatih dan menggunakan fasilitas sepak bola.

Meski begitu, ia mengakui, saat ini KNVB belum mengagendakan untuk memfasilitasi pesepakbola asal Maluku untuk berlatih. “Tentu saja, kami terbuka bagi siapa saja untuk datang ke KNVB Kampus dan berlatih di fasilitas kami,” jelasnya.

Baca Juga: Jelang Qatar Vs Belanda, KNVB Temui Fans Fanatik De Oranje di Ambon

3. KNVB sarankan harus ada sponsor dan pendanaan 

Delegasi KNVB Puji Bakat Sepak Bola Anak-Anak Tulehu Maluku TengahKepala Pemasaran Internasional, Asosiasi sepak bola Kerajaan Belanda, Koninklijke Nederlandse Voetbalbond (KNVB) berpose bersama seorang anak di Lapangan Matawaru Tulehu/Istimewa

Bila ada anak-anak Maluku hendak ke KNVB Kampus, Ilja mengatakan, perlu ada sponsor dan pendanaan karena belum ada rencana dari KNVB untuk memfasilitasi hal tersebut. ”Tetapi saya terbuka untuk segala kemungkinannya,” katanya.

Selama berada di Kota Ambon, delegasi KNVB menemui fans fanatik timnas De Oranje, gelar nonton bersama laga Belanda VS Qatar, Rabu (30/11/2022) dini hari, dan ikut pawai kemenangan mengelilingi ruas jalan Kota Ambon. Selain itu, juga melihat mural di kawasan Bere-Bere.

Setelah dari Kota Ambon, delegasi KNVB akan berencana mengunjungi Kota Jayapura, Papua.

Baca Juga: Serunya Nobar Piala Dunia Qatar Vs Belanda yang Digelar KNVB di Ambon

Muhammad Jaya Photo Community Writer Muhammad Jaya

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya