Comscore Tracker

Termasuk "Jorginho", 5 Pemain PSM Dipanggil Seleksi Garuda Select

Pemanggilan kedua untuk Rafli Asrul dan Edgard Amping

Makassar, IDN Times - Di tengah kelesuan akibat vakumnya Liga 1, kabar baik diterima oleh manajemen PSM Makassar. Lima penggawa akademi dipanggil untuk mengikuti seleksi program Garuda Select seri ketiga. Pemberitahuan ini diterima dalam dua surat yang datang pada Minggu kemarin dan Senin (26/10/2020) ini.

Kelimanya adalah gelandang serang Muhammad Rafli Asrul, duo bek sayap Edgard Amping dan Dio Dwi Bangun Samudra, bek tengah Muhammad Adrian serta gelandang bertahan Muhammad Dwiky Hardiansyah.

Bagi Rafli dan Edgard, ini adalah pemanggilan kedua. Mereka sempat mengikuti program Garuda Select II di Inggris dan Italia, yang dipoles langsung oleh legenda Timnas Inggris yakni Des Walker dan Dennis Wise.

1. Edgard Amping sudah ikut serta dalam program Garuda Select II

Termasuk Jorginho, 5 Pemain PSM Dipanggil Seleksi Garuda SelectBek sayap Akademi PSM, Edgard Amping, saat beraksi dalam laga Garuda Select vs Huddersfield Town U-18 pada Selasa (18/2/2020). (Dok. PSSI)

Rafli tercatat mencetak 9 gol dan 9 asis selama di Eropa. Berkat torehan mentereng itu, remaja asal Enrekang itu dijuluki "Jorginho", pemain Chelsea kelahiran Brasil, oleh suporter. Sementara Edgard jadi pemain dengan jam terbang tinggi, lantaran selalu jadi starter di seluruh 18 pertandingan Garuda Select II.

Baik Rafli dan Edgard juga telah "naik kelas" ke level senior. Keduanya masuk dalam tujuh anggota Akademi PSM yang diboyong dalam pemusatan latihan di Yogyakarta selama empat pekan.

Di sisi lain, ini jadi pengalaman pertama bagi Dio Dwi Bangun Samudra, Muhammad Adrian dan Muhammad Dwiky Hardiansyah. Cukup sering tampil di level junior, akhirnya mereka dapat kesempatan unjuk gigi.

2. Manajemen menyambut baik pemanggilan lima penggawa Akademi PSM

Termasuk Jorginho, 5 Pemain PSM Dipanggil Seleksi Garuda SelectPara pemain Akademi PSM Makassar berpose sebelum laga uji coba kontra tim Kalukku Utama pada Senin (31/8/2020). (Instagram.com/akademipsmmakassar)

Pemanggilan lima pemain akademi PSM bak oase di tengah dahaga aktivitas bal-balan nasional. "Ya, kita mendukung adik-adik dari akademi ini. Kita bangga juga bahwa ada pemain muda binaan PSM yang dilirik," ujar Media Officer PSM Makassar, Sulaiman Abdul Karim, saat dihubungi IDN Times pada Selasa (26/10/2020) malam.

Menurut pria yang biasa disapa Sule itu, Garuda Select sudah mengantongi reputasi sebagai wadah menelurkan bibit muda menjanjikan. "Contohnya seperti Bagus dan Bagas Kaffa," lanjutnya.

Pihak manajemen pun berharap kelimanya bisa menembus skuad utama. "Kita doakan mereka yang dipanggil ini bisa sukses," pungkas Sule.

Baca Juga: Ketimbang Naturalisasi, Timnas U-19 Bisa Lirik 5 Bintang Garuda Select

3. Berlangsung di Kabupaten Bogor, seleksi Garuda Select III akan berlangsung dua tahap

Termasuk Jorginho, 5 Pemain PSM Dipanggil Seleksi Garuda SelectPara pemain Garuda Select II berpose sebelum laga kontra Como U-17 di SNEF Lambrone Sport Center, Como, Italia, pada Senin (27/1/2020). (Dok. PSSI)

Dalam salinan surat yang diterima IDN Times, seleksi Garuda Select III akan berlangsung dua tahap. Pertama yakni 29 Oktober - 3 November, lalu 31 Oktober - 4 November. Kelima penggawa Akademi PSM ini diwajibkan sudah hadir di Bigland Hotel & Convention Sentul, Kabupaten Bogor, pada Selasa (27/10/2020) esok.

Mereka diwajibkan membawa berkas seperti paspor, kopian akta kelahiran, kartu keluarga ditambah surat persetujuan dari klub dan orang tua.

Lantaran berlangsung dalam "new normal", protokol kesehatan pun diutamakan. Seluruh pemain harus membawa perlengkapan kesehatan (masker, hand sanitizer, obat-obatan) dan surat keterangan tes usap (swab test) atau PCR dari daerah masing-masing.

Baca Juga: PSM Putuskan Kembali ke Makassar, Biaya Membengkak Jadi Alasan Utama

Topic:

  • Ach. Hidayat Alsair
  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya