Statistik Kenzo Nambu, Mesin Gol Andalan PSM Makassar

Lihai memanfaatkan ruang tembak di kotak penalti lawan

Makassar, IDN Times - Kenzo Nambu menjadi aktor utama kemenangan PSM Makassar atas Arema FC di laga pekan ke-22 BRI Liga 1 2022-23, Sabtu lalu (4/2/2023). Gol semata wayangnya ke gawang Singo Edan saat laga berusia 65 menit membuat Juku Eja akhirnya kembali mendapat poin dari partai tandang.

Hasil ini juga seolah menjadi pembuktian bahwa gelandang asal Jepang tersebut layak mendapat satu tempat di tim utama. Di pekan-pekan awal, Kenzo memang kerap memulai laga dari bangku cadangan. Tapi perlahan, seiring produktivitas dan kedisiplinannya dalam menerapkan strategi, Kenzo mulai menjadi salah satu mesin gol andalan PSM.

Berikut ini IDN Times menyajikan catatan statistik penampilannya sejauh ini, seperti dihimpun dari berbagai sumber.

Baca Juga: Profil Kenzo Nambu, Samurai Pertama untuk Pasukan Ramang

1. Kenzo Nambu melebur dalam permainan kolektif ala PSM

Statistik Kenzo Nambu, Mesin Gol Andalan PSM MakassarAksi pemain PSM Makassar, Kenzo Nambu, dalam laga pekan ke-19 BRI Liga 1 2022-23 kontra Bali United di Stadion Sultan Agung Bantul, Jumat 20 Januari 2023. (Dok. PT Liga Indonesia Baru)

Dalam 20 penampilannya sejauh ini, Kenzo sudah mencetak 7 gol. Jika dirinci, dari 1.094 menit waktu merumput hingga laga kontra Arema FC, ia bisa menjebol gawang lawan tiap 156 menit. Catatan ini sedikit lebih baik dari Everton Nascimento. Striker asal Brasil tersebut juga sudah bukukan 7 gol, tapi terjadi setiap 209 dari total 1.462 menit.

Capaian ini bisa terjadi berkat strategi permainan kolektif yang diterapkan Bernardo Tavares sejak awal musim. PSM tak lagi bertumpu pada satu-dua pemain tertentu. Semua bisa menjadi penggerak permainan, fasih melakukan transisi bertahan ke menyerang dengan cepat, dan bahkan mencetak gol jika mendapat ruang tembak atau peluang di depan gawang.

2. Sejauh ini "cuma" melepas 191 operan sukses

Statistik Kenzo Nambu, Mesin Gol Andalan PSM MakassarAksi pemain PSM Makassar, Kenzo Nambu, dalam laga pekan ke-15 BRI Liga 1 2022-23 kontra Madura United di Stadion Maguwoharjo Sleman, Kamis 15 Desember 2022. (Dok. PT Liga Indonesia Baru)

PSM sekarang juga lebih akrab dengan permainan direct, di mana pemain harus mengalirkan bola langsung ke depan hanya dengan beberapa sentuhan. Mengandalkan kemampuan membuka ruang dan kecepatan, Juku Eja kini menjadi tim dengan permainan efektif yang selalu manjur saat lawan lebih dominan.

Permainan efektif berimbas pada jumlah operan para pemain. Kenzo sendiri sejauh ini baru melepas 191 successful passes. Cuma berbeda satu angka dari kiper utama Bali United, Nadeo Argawinata, yakni 190.

Untuk urusan membantu pertahanan, pemain 30 tahun itu juga cukup kokoh. Kenzo sudah melakukan 17 tekel, 14 intersep dan sekali clearance.

Baca Juga: Bernardo Tavares dan Proyek Regenerasi Skuat PSM Makassar

3. Persentase konversi peluang menjadi gol Kenzo mencapai 50 persen

Statistik Kenzo Nambu, Mesin Gol Andalan PSM MakassarPenyerang PSM Makassar, Kenzo Nambu, saat merayakan gol yang ia cetak ke gawang PSIS Semarang dalam laga pekan ke-16 BRI Liga 1 2022-23 di Stadion Sultan Agung Bantul, 19 Desember 2022. (Dok. PT Liga Indonesia Baru)

Yang menarik, ternyata Kenzo sudah beberapa kali berganti posisi. Mulai dari gelandang tengah, second striker, penyerang tengah, sayap kiri yang tak lain pos aslinya, sayap kanan, serta gelandang serang. Tapi, ia tetap lebih banyak beroperasi di area kiri pertahanan lawan meski bisa tiba-tiba merangsek ke dalam kotak penalti lawan.

Empat dari tujuh gol ia lesakkan ketika ditempatkan sebagai gelandang serang. Posisinya berada tepat di belakang Everton, dan sejajar dengan Wiljan Pluim. Tapi, Kenzo bisa turun hingga kotak penalti jika PSM mendapat tekanan.

Terakhir, statistik konversi peluang Mjuga cukup bagus. Tujuh gol ini tercipta dari total empat belas tembakan tepat sasaran. Sehingga persentase gol Kenzo adalah 50 persen.

Baca Juga: PSM Makassar Resmi Perpanjang Kontrak Tavares hingga 2026

Topik:

  • Aan Pranata
  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya