Comscore Tracker

Sambut Piala Menpora, Pemain PSM Makassar Berlatih Mulai 1 Maret

Manajemen masih berkomunikasi dengan para pemain

Makassar, IDN Times - Jumat (26/2/2021) merupakan batas tim-tim Liga 1 untuk mengonfirmasi keikutsertaan mereka di turnamen pramusim Piala Menpora 2021. PSM Makassar, meski sedang dibelit sanksi FIFA dan masalah tunggakan gaji, secara tegas menyatakan tetap ikut ajang sepak bola pertama sejak Maret 2020 itu.

Penggawa Juku Eja direncanakan latihan pekan depan di Bosowa Sport Center, Jalan Teuku Umar Raya.

"Rencananya tim latihan pada Senin 1 Maret," ujar Media Officer PSM Makassar Sulaiman Abdul Karim pada IDN Times, Sabtu (27/2/2021).

Baca Juga: Pamit dari PSM Makassar, Miswar Saputra Balik ke Persebaya?

1. Rencananya, latihan pada Senin mendatang masih dipimpin Herrie Setyawan

Sambut Piala Menpora, Pemain PSM Makassar Berlatih Mulai 1 MaretAsisten pelatih PSM Makassar, Herrie Setyawan, saat memimpin sesi latihan PSM Makssar di Lapangan Kompi E Paskhas TNI-AU, Sleman, pada Senin (28/9/2020) sore. (Dok. PSM Makassar)

Sule --sapaan akrabnya-- menyebut bahwa manajemen saat ini sedang menjalin komunikasi dengan para pemain. Mereka juga rencananya masuk dalam daftar penerima vaksin COVID-19, tahapan yang diwajibkan oleh PSSI dan PT LIB sebelum terjun ke Piala Menpora 2021.

Rencananya, latihan perdana PSM setelah vakum sejak Oktober 2020 masih dipimpin oleh coach Herrie Setyawan. Minus pelatih kiper Hendro Kartiko yang pekan lalu memutuskan kembali ke jajaran staf Madura United.

2. Bagi manajemen, ikut Piala Menpora 2021 adalah upaya menjaga marwah Pasukan Ramang

Sambut Piala Menpora, Pemain PSM Makassar Berlatih Mulai 1 MaretSejumlah pemain akademi PSM saat mengikuti sesi latihan bersama PSM Makassar jelang restart Liga 1 2020 di Bosowa Sport Center pada hari Senin (21/9/2020). (Dok. PSM Makassar/Ahmad Alia)

Pada Jumat (26/2/2021) kemarin, Sule juga menegaskan bahwa mengikuti Piala Menpora 2021, di mata manajemen, adalah upaya menjaga marwah PSM di tingkat nasional. Entah siapa pun pelatihnya, siapa pun pemainnya dan bagaimana komposisi tim utama hasil materi yang dikumpulkan.

Lebih jauh, manajemen disebut masih berkomitmen menyelesaikan perkara hak pemain. Meski tak merinci langkah yang ditempuh, ini jadi pernyataan sikap pertama kubu Pasukan Ramang perihal tunggakan gaji setelah bungkam cukup lama.

3. Belum dikonfirmasi apakah kapten tim, Wiljan Pluim, juga akan bergabung dalam waktu dekat

Sambut Piala Menpora, Pemain PSM Makassar Berlatih Mulai 1 MaretGelandang PSM Makassar, Wiljan Pluim, saat berlatih bersama rekan-rekan setimnya di Stadion Dwi Windu Bantul, DI Yogyakarta, pada Sabtu (3/10/2020), (Instagram.com/psm_makassar)

Usai ditinggal kiper Miswar Saputra yang habis kontrak, kemungkinan besar PSM turun dengan materi gabungan materi pemain lokal dan akademi. Kendati ikut pemusatan latihan di Yogyakarta, Oktober tahun lalu, belum dikonfirmasi apakah Wiljan Pluim dan Ezra Walian akan kembali bergabung dalam waktu dekat.

Piala Menpora 2021 akan dihelat dari 21 Maret hingga 25 April di empat kota yakni Bandung, Sleman, Malang dan Solo. Proses pembagian grup baru dilaksanakan pada awal Maret atau pekan depan.

Baca Juga: Di Tengah Sanksi FIFA, PSM Mulai Siapkan Tim untuk Piala Menpora 2021

Topic:

  • Ach. Hidayat Alsair
  • Aan Pranata
  • Hidayat Taufik

Berita Terkini Lainnya