Comscore Tracker

Sabet Penghargaan Gol Terbaik AFC Cup 2019, Begini Reaksi Marc Klok

Gelar individu untuk sang gelandang jangkar andalan!

Makassar, IDN Times - Marc Klok lagi-lagi menjadi buah bibir. Gelandang jangkar milik PSM Makassar tersebut baru saja menyabet gelar Best Goal of AFC Cup 2019 pada Senin (9/12).

Gol yang diberi predikat terbaik dalam kejuaraan antar klub Asia tahun ini adalah tembakan roketnya dalam matchday kedua AFC Cup Grup H, saat PSM berjumpa Lao Toyota di Stadion Pakansari, Cibinong, pada 13 Maret silam.

Mark Klok keluar sebagai juara gol terbaik AFC Cup 2019 setelah mengumpulkan hampir 350.000 suara dalam voting yang dibuka untuk umum sejak Sabtu (30/11) kemarin. Di tempat kedua ada Sohel Rana (Abahani Dhaka Limited, Bangladesh) disusul Altymyrat Annadurdyyev (Altyn Asyr, Turkmenistan).

1. Gol yang tercipta ke gawang Lao Toyota pada babak penyisihan Grup H didapuk sebagai gol terbaik AFC Cup 2019

Baca Juga: Marc Klok dan Titik Cerah Kariernya yang Justru Terjadi di Indonesia

Gol yang tercipta di menit ke-85 tersebut diawali umpan silang yang dikirim bek kiri Taufik Hidayat. Diapit oleh dua pemain berseragam biru, Klok tanpa ragu langsung melepas tembakan dari jarak kurang lebih 25 meter.

Tak disangka, bola sepakan volinya gagal dibendung oleh kiper Lao Toyota yakni Outthilath Nammakhoth. Pelatih Lao, Jun Fukuda, yang saat itu duduk di bench hanya bisa terdiam melihat gol yang baru saja tercipta.

Lesatan roket Klok menutup pesta gol PSM atas Lao Toyota, sekaligus jadi kemenangan pertama di level Asia setelah absen selama 14 tahun. Laga tersebut berakhir dengan skor 7-2 untuk keunggulan anak asuh Darije Kalezic.

2. Marc Klok masih ingat betul proses terciptanya gol berkelas ke gawang Lao Toyota

Sabet Penghargaan Gol Terbaik AFC Cup 2019, Begini Reaksi Marc Klokthe-afc.com

Berbicara kepada the-AFC.com, si gelandang jangkar asal Belanda masih ingat betul proses terjadinya gol berkelas tersebut ke gawang Lao Toyota. "Saya masih ingat betul, saya berkata kepada teman-teman sebelum bertanding bahwa saya akan menciptakan gol kelas dunia," ujar si pemilik nomor punggung 10.

Saat laga berlangsung, Klok sempat diberi kesempatan untuk mengeksekusi penalti di penghujung babak pertama. Namun, eksekusi duabelas pas tersebut malah melenceng dari sasaran. Gol di menit ke-85 ia sebut sebagai bentuk penebusan.

"Bola datang dari arah kiri. Saya sempat mengontrolnya dengan kaki kanan. Dan saya tak berpikir lebih jauh, saya langsung menendang. Saat melihat bola itu melayang seperti roket, dan saya merasa bahagia. Gol ini selalu punya arti istimewa bagi saya," lanjutnya.

3. Si nomor 10 berterima kasih kepada seluruh fans di Indonesia

Sabet Penghargaan Gol Terbaik AFC Cup 2019, Begini Reaksi Marc Klokthe-afc.com

Dalam kesempatan tersebut, pemain 26 tahun itu mengaku merasa terhormat atas gelar gol terbaik di AFC Cup 2019. Klok berujar raihan tersebut memberinya motivasi tambahan untuk sukses yang lain di kompetisi level Asia.

"Saya mengucap terima kasih banyak kepada para penggemar di Indonesia atas dukungan mereka, suara mereka (dalam polling), dan karena selalu setia dan percaya kepada saya. Itu semua memberi kemampuan, kekuatan dan motivasi untuk mencapai level-level selanjutnya," kata Klok.

PSM memang tersingkir di babak semi-final Zona ASEAN AFC Cup tahun ini. Namun, Pasukan Ramang siap kembali meramaikan persaingan Asia pada edisi 2020. Mereka telah menggenggam tiket babak play-off berkat gelar juara Piala Indonesia 2019/20.

Baca Juga: Mengenal Lawan-lawan PSM Makassar di AFC Cup 2019

Topic:

  • Ach. Hidayat Alsair
  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya