Comscore Tracker

PSM vs Semen Padang, Waspadai Tren Kejutan Tim Promosi

Kabau Sirah melawat tanpa sejumlah pilar penting

Senin 20 Mei 2019, Stadion Andi Mattalatta Mattoanging - Makassar, 21:30 WITA (Live di O Channel)

Makassar, IDN Times - PSM Makassar memulai langkahnya di Liga 1 2019 dengan menjamu tim promosi Semen Padang. Jika menilik reputasi kedua tim, pertemuan kali ini ibarat bumi dan langit. Sang tuan rumah musim lalu sukses finis di peringkat dua, prestasi terbaik mereka sejak musim 2004. Sedang sang tamu juga berstatus runner-up, namun dalam helatan Liga 2.

Kendati demikian Semen Padang bisa saja meneruskan tren kejutan yang sudah dilakukan sesama alumnus kasta kedua. PSS menumbangkan Arema FC dengan skor 3-1, sementara Kalteng Putra lebih sensasional lagi yakni menekuk PSIS 1-2 di hadapan publik Stadion Moch. Soebroto Magelang. Tambahan motivasi? Mungkin saja. Tetapi masih ada sejumlah faktor lain yang harus diperhatikan.

Baca Juga: Sama Kuat, Ini Dia Catatan Pertemuan PSM Makassar dan Semen Padang

1. Pasukan Ramang siap turun dengan kekuatan penuh

PSM vs Semen Padang, Waspadai Tren Kejutan Tim PromosiIDN Times/Achmad Hidayat Alsair

Dalam sesi konferensi pers pra-pertandingan pada Minggu (19/5), Darije Kalezic selaku pelatih PSM memastikan anak asuhnya dalam kondisi siap tempur. Sejumlah laga di Piala Indonesia dan AFC Cup diyakini membuat Pasukan Ramang sudah nyetel satu sama lain. Apalagi di matchday terakhir helatan kontinental kontra Lao Toyota, sejumlah pilar utama diparkir demi menjaga kondisi.

"Kami sudah melewati sejumlah pertandingan penting. Saya senang karena bisa memainkan seluruh pemain terbaik pada laga besok. Kami justru semakin termotivasi jika tampil di kandang sendiri. Saya sudah tekankan agar para pemain tampil sesuai instruksi. Jika berjalan lancar, saya optimis PSM menang," kata Kalezic.

Selain itu, juru taktik asal Swiss tersebut menolak anggapan jika label 'anak baru' alias pelatih debutan di Liga 1 membuatnya gugup dengan tekanan. Ia malah menganggap laga ini sebagai rutinitas biasa. "Saya sudah bersama PSM selama empat bulan. Saya sudah terbiasa dengan tekanan sebagai pelatih kepala pada klub-klub sebelumnya," lanjutnya.

2. Semen Padang melawat tanpa sejumlah pemain andalan

PSM vs Semen Padang, Waspadai Tren Kejutan Tim PromosiIDN Times/Achmad Hidayat Alsair

Dari kubu tamu, pelatih Semen Padang, yakni Syafrianto Rusli menyambut laga perdana pasca promosi dengan antusias. Ia cukup yakin dengan kedalaman skuad Kabau Sirah untuk semusim ke depan sembari berharap anak asuhnya tak lagi merasakan tertatih-tatih di zona degradasi. Namun, gelandang Semen Padang era Galatama tersebut mengakui perbedaan kelas dengan tuan rumah.

"PSM punya materi kelas satu. Prestasi mereka bagus. Namun seperti yang lain dan pada umumnya, setiap tim pasti punya kelemahan. Gelandang PSM memang bertalenta, tapi kami lihat kondisinya nanti di lapangan. Antisipasi buat beberapa pemain asing pasti ada. Kami sudah melihat dan mempelajari permainan mereka selama beberapa laga terakhir," ujar sosok yang sempat melatih PSPS Pekanbaru tersebut.

Sayang, Semen Padang melawat ke Makassar tanpa amunisi penuh. Dua pemain asing mereka, Jose Sardon dan Mario Barcia, terpaksa absen lantaran cedera. Sementara satu bek senior, yakni Syaiful Indra Cahya juga tak diboyong lantaran tengah menyiapkan acara pernikahan.

3. Skuad Kabau Sirah ingin tapaki Liga 1 2019 dengan penuh keyakinan pasca promosi

PSM vs Semen Padang, Waspadai Tren Kejutan Tim PromosiInstagram.com/semenpadangfcid

Perkiraan susunan pemain kedua kesebelasan :

PSM (4-2-3-1) :

Rivky Mokodompit: Benny Wahyudi, Abdul Rahman Sulaeman, Munhar, Taufik Hidayat; Marc Klok, Rizky Pellu; Zulham Zamrun, Wiljan Pluim, M Rahmat; Eero Markkanen

Semen Padang (4-4-2) :

Teja Paku Alam; Boas Atururi, Dedi Gusmawan, Shukurali Pulatov, Muhammad Rifqi; Fridolin Yoku, Manda Cingi, Irsyad Maulana, Dedi Hartono; Karl Max Barthelemy, Riski Novriansyah

Topic:

  • Ach. Hidayat Alsair
  • Ita Lismawati F Malau

Just For You