PSM Vs RANS Nusantara FC Hanya Boleh Dihadiri 4 Ribu Penonton

Pertandingan digelar di Parepare, Senin (30/1/2023)

Makassar, IDN Times - Isu izin keramaian jelang laga kandang PSM Makassar akhirnya menemui titik terang. Mabes Polri telah menentukan kapasitas penonton laga pekan ke-21 BRI Liga 1 2022-23 kontra RANS Nusantara FC, Senin pekan depan (30/1/2023).

Dalam pengumumannya pada Sabtu sore (28/1/2023), Kapolres Parepare AKBP Andiko Wicaksono menyebut bahwa Stadion Gelora BJ Habibie (GBJH) sudah bisa diisi oleh penonton. Tapi, angkanya menyusut dari jumlah kapasitas yang tercantum di situs resmi PT Liga Indonesia Baru.

Baca Juga: PSM Kalah dari Persija, Tavares Beri Catatan untuk Wasit

1. Dari proses penomoran, kapasitas menyusut dari jumlah awal

PSM Vs RANS Nusantara FC Hanya Boleh Dihadiri 4 Ribu PenontonFoto suasana Stadion Gelora BJ Habibie Parepare pada malam hari. (Dok. Humas Pemkot Parepare)

Dalam keterangan pers yang diterima IDN Times, AKBP Andiko menyatakan bahwa setelah GBJH jalani penomoran dan jarak antara penonton, ternyata kapasitas arena tersebut hanya sebanyak sekitar 8 ribu orang.

"Setelah melakukan koordinasi dengan Mabes Polri terkait laga PSM versus Rans Nusantara, maka dipastikan pertandingan nanti akan dihadiri sebanyak 50 persen penonton dari kapasitas stadion setelah penomoran," ujar AKBP Andiko.

Alhasil, hanya ada sekitar 4 ribu penonton yang diizinkan memasuki stadion dan menonton Wiljan Pluim dkk berlaga.

2. Jumlah penonton berpeluang bertambah pelan-pelan

PSM Vs RANS Nusantara FC Hanya Boleh Dihadiri 4 Ribu PenontonSituasi terkini Stadion Gelora BJ Habibie Parepare yang akan menggelar salah satu laga uji coba PSM Makassar, Kamis 2 Juni 2022. (Dok. Humas Pemkot Parepare)

Meski begitu, penonton yang diizinkan berpeluang bisa bertambah secara bertahap. Tapi keputusannya tak lepas dari hasil evaluasi rutin yang dilakukan oleh pihak keamanan pada setiap laga kandang PSM.

"Tidak menutup kemungkinan bahwa penonton akan bertambah. Dari 50 persen kemudian ke 75 persen," papar AKBP Andiko.

Polri sendiri memang mewajibkan GBJH menambah beberapa fitur berdasarkan hasil verifikasi. Mulai dari tempat parkir, akses keluar-masuk, suporter dan ofisial pertandingan.

3. Manajemen PSM belum buka suara terkait pembatasan ini

PSM Vs RANS Nusantara FC Hanya Boleh Dihadiri 4 Ribu PenontonSuasana proses pembenahan Stadion Gelora BJ Habibie Parepare, Kamis 2 Juni 2022. (Dok. Humas Pemkot Parepare)

Hingga berita ini ditulis, belum ada pernyataan resmi dari pihak manajemen PSM Makassar terkait keputusan pembatasan jumlah penonton tersebut.

Saat ini, anak asuh Bernardo Tavares tersebut berada di peringkat tiga klasemen sementara dengan koleksi 38 poin. Hanya berjarak satu angka saja dari Persib Bandung yang duduki posisi puncak.

Baca Juga: Resmi! Gunansar Mandowen dan Dhanu Syahputra Jadi Pemain Baru PSM

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya