Comscore Tracker

PSM vs Barito Putera, Waspada Catatan Tandang Apik Laskar Antasari

Barito Putera melawat dengan amunisi lengkap

Rabu 14 Agustus 2019, Stadion Andi Mattalatta Mattoanging - Makassar, 16:30 WITA

Makassar, IDN Times - Sepasang kekalahan dalam dua partai terakhir di liga membuat PSM patut merasa ketar-ketir. Meskipun masih kantongi 'tabungan' empat partai tunda, bukan berarti mereka harus bersantai. Poin penuh wajib didulang sejak sekarang jika ingin lepas dari papan tengah. Maka misi menang diusung skuad Juku Eja kala menjamu Barito Putera di pekan ke-14 Shopee Liga 1 2019.

Sementara itu sang tamu datang ke Tanah Daeng memanggul beban. Barito berdiri tepat di bibir zona degradasi. Duduk di peringkat 14 klasemen sementara, masuknya Yunan Helmi membawa perubahan. Grafik permainan Barito mulai menanjak. Total ada sepasang kemenangan, dua kali kalah dan lima imbang. Uniknya empat dari lima laga yang berakhir sama kuat adalah partai tandang.

1. Pelatih PSM isyaratkan bermain dominan sembari menjaga kewaspadaan

PSM vs Barito Putera, Waspada Catatan Tandang Apik Laskar AntasariInstagram.com/psm_makassar

Pada konferensi pers pra-pertandingan pada hari Selasa (13/8), Darije Kalezic mengaku enggan kembali melepas momentum. Hasil minor saat berjumpa Borneo FC pekan silam jadi bahan pembelajaran. Fokus kini tersita pada cara meraih tiga poin. Masih tertahan di peringkat 12, Ferdinand Sinaga cs wajib lepas dari papan tengah. Sekali lagi hasil minor, maka mereka berpotensi tersingkir dari pacuan gelar juara.

Sebagai bentuk persiapan, coach Kalezic sudah mempelajari rekaman pertandingan terakhir Barito. "Mereka adalah tim yang selalu menyusun permainan dari belakang. Barito pun bisa mencetak gol dari situasi tak terduga. Mereka bukan kesebelasan yang gemar mencetak banyak angka. Meski tim kami bermain dominan, kewaspadaan tetap harus dijaga," pungkas pelatih berpaspor Swiss itu.

Menilik komposisi, sejumlah pilar PSM dipastikan absen. Aaron Evans dan Eero Markkanen kembali dilarang bermain satu pertandingan berdasarkan sidang Komdis PSSI pada Selasa (12/8). Zulham Zamrun juga tak bisa diturunkan lantaran akumulasi kartu, serta Guy Junior yang masih berkutat di meja perawatan akibat cedera. Adapun kondisi Wiljan Pluim dikabarkan semakin membaik.

Baca Juga: 4 Pertemuan Terakhir PSM vs Barito Putera: Lebih Banyak Imbang

2. Pelatih kepala Barito Putera, Yunan Helmi, soroti kinerja sektor belakang

PSM vs Barito Putera, Waspada Catatan Tandang Apik Laskar AntasariInstagram.com/psbaritoputeraofficial

Dalam kesempatan terpisah, Yunan Helmi dari Barito Putera tak ragu memancang misi memetik poin di Mattoanging. Catatan tandang mereka memang nyaris tanpa cela. Meskipun begitu, partai terakhir mereka jadi bahan evaluasi terbesar. Dibekuk 2-4 oleh Bhayangkara FC, mantan asisten pelatih yang 'naik pangkat' itu kini menitikberatkan perhatian pada sektor belakang.

"Kita akan memperbaiki organisasi defending. Mulai dari kemampuan bertahan secara individu maupun kolektif. Memang selama ini yang menjadi sorotan adalah saat lawan mendapat bola, bagaimana sikap para pemain atau keinginan mereka mempertahankan gawang (dari kebobolan. Dengan persiapan bagus, saya harap para pemain bisa ambil poin di Makassar," tuturnya.

Laskar Antasari datang dengan amunisi penuh. Seluruh pemain penting diboyong ke Makassar seperti Evan Dimas, Rizky Pora, Gavin Kwan Adsit dan Samsul Arif. Ketiga legiun asing mereka asal Brazil turut serta dalam rombongan, termasuk striker Rafael Silva yang kondisinya sempat diragukan.

3. Juku Eja belum pernah menang atas Laskar Antasari sepanjang lima pertemuan terakhir

PSM vs Barito Putera, Waspada Catatan Tandang Apik Laskar AntasariPSMMakassar.co.id/Ahmad Alia

Berikut prakiraan susunan pemain kedua kesebelasan :

PSM (4-3-3)

Rivky Mokodompit; Asnawi Mangkualam Bahar, Hasyim Kipuw, Abdul Rahman Sulaeman, Taufik Hidayat; Rizky Pellu, Marc Klok, Wiljan Pluim; Bayu Gatra, Ferdinand Sinaga, M Rahmat

Barito Putera (4-4-2)

Aditya Harlan; Nazar Nurzaidin, Lucas Silva, Dandi Maulana Abdulhak, Rony Beroperay; Ady Setiawan, Bayu Pradana, Rizky Pora, Evan Dimas; Samsul Arif, Gavin Kwan Adsit

Catatan lima pertemuan terakhir :

13/09/2018 PSM 1-1 Barito Putera (Liga 1)

16/04/2018 Barito Putera 2-1 PSM (Liga 1)

29/10/2017 Barito Putera 2-2 PSM (Liga 1)

18/07/2017 PSM 1-1 Barito Putera (Liga 1)

01/04/2017 PSM 2-2 Barito Putera (Uji Coba)

Baca Juga: Head to Head PSM Makassar vs Barito, Pluim Berjibaku dengan Evan Dimas

Topic:

  • Ach. Hidayat Alsair
  • Irwan Idris

Just For You