Comscore Tracker

PSM Sambut Baik Kepastian Kick-Off Liga 1, Masih Tunggu Rincian Format

Penggawa Juku Eja kembali berkumpul setelah leberan

Makassar, IDN Times - Kabar baik datang untuk pencinta sepak bola nasional. Rapat executive committee (exco) PSSI pada Senin, 3 Mei 2021 menyatakan bahwa Liga 1 musim baru akan dimulai pada 3 Juli mendatang.

Turnamen Piala Menpora yang dihelat April-Mei silam dianggap sudah cukup membuktikan bahwa bal-balan bisa dihelat di tengah pandemik. Tentu saja dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat, mulai dari tempat menginap hingga di stadion.

1. Manajemen Juku Eja menyambut gembira keputusan PSSI memulai Liga 1 pada 3 Juli

PSM Sambut Baik Kepastian Kick-Off Liga 1, Masih Tunggu Rincian FormatPemain PSM Makassar Yakob Sayuri (tengah) melakukan selebrasi bersama Zulham Zamrun (kanan) dan Saldi (kiri) usai mencetak gol di gawang Bhayangkara Solo FC dalam pertandingan Piala Menpora Grup B di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Sabtu (27/3/2021). (ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto)

Kepastian jadwal Liga 1 2021/22 disambut baik oleh manajemen PSM Makassar. Tetapi saat dikonfirmasi pada Rabu siang (5/5/2021), mereka mengaku belum menerima pemberitahuan dari pihak PSSI.

"Saya cek dulu, apakah sudah ada pemberitahuan resmi ke klub. Tapi tentu kami bersyukur kalau memang federasi sudah menjadwalkan kick-off Liga 1," ungkap Media Officer PSM Makassar, Sulaiman Abdul Karim, kepada IDN Times.

"Mudah-mudahan izinnya (dari Polri) juga sudah ada," imbuh pria yang biasa disapa Sule tersebut.

2. Seluruh pemain direncanakan kembali berkumpul dan berlatih setelah lebaran

PSM Sambut Baik Kepastian Kick-Off Liga 1, Masih Tunggu Rincian FormatPara pemain PSM Makassar dalam sesi latihan persiapan semifinal Piala Menpora di Stadion Maguwoharjo Sleman, Selasa 13 April 2021. (Dok. MO PSM Makassar)

Pascakeberhasilan menembus semi final turnamen pramusim, Zulkifli Syukur dkk diliburkan selama beberapa pekan. Sule juga mengonfirmasi bahwa persiapan Pasukan Ramang baru kembali dikebut setelah hari raya Idulfitri.

"Kalau (kapan) tim kumpul, insyaallah setelah lebaran dan kalau sudah jelas jadwal Liga 1," paparnya.

Selain itu, pihak manajemen juga sedang menunggu kepastian perihal format. Terlebih ada wacana bahwa bubble-to-bubble (terpusat di Pulau Jawa) seperti di Piala Menpora kembali diterapkan ketimbang kandang-tandang.

Baca Juga: PSM Makassar Dituntut Lunasi Tunggakan Gaji Rp6 M, Sanksi Menunggu

3. Mengisi masa libur selama dua pekan lebih, Zulkifli Syukur cs diminta menjaga kebugaran

PSM Sambut Baik Kepastian Kick-Off Liga 1, Masih Tunggu Rincian FormatPesepak bola PSIS Semarang Fandi Eko Utomo (kanan) berebut bola di udara dengan pesepak bola PSM Makassar M. Arfan dalam pertandingan perempatfinal Piala Menpora di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Jumat (9/4/2021). (ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto)

Dilansir situs resmi PT. Liga Indonesia Baru pada Selasa kemarin, para pemain diminta menjaga kebugaran selama masa libur dua pekan lebih. "Kalau itu kan memang sudah sering disampaikan bahwa masing-masing pemain untuk latihan dan menjaga kondisi," kata Sule.

Manajemen sendiri tak melarang penggawa Juku Eja terlibat kegiatan di luar agenda tim, seperti tarkam atau komunitas sepak bola yang tumbuh subur sejak tahun lalu. Dengan catatan, menjaga diri agar tak didera cedera.

"Kalau mau ikut-ikutan main bola di luar, ya juga silakan tapi harus pintar-pintar jaga diri supaya tidak cedera," tutupnya.

Baca Juga: PSM Makassar Segera Rekrut Pemain Asing Isi Sektor Depan dan Belakang

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya