Comscore Tracker

PSM Makassar Dukung Penuh Restart Liga 1 2020 November Mendatang

Komitmen ditegaskan usai rapat PT LIB, PSSI dan klub peserta

Makassar, IDN Times - Tidak ada opsi berhenti. Inilah keputusan dalam rapat luar biasa PT Liga Indonesia Baru (LIB) di Yogyakarta, pada Selasa (13/10/2020) malam. Turut hadir dalam rapat tersebut yakni PSSI selaku induk sepak bola nasional, dan perwakilan seluruh klub Liga 1 serta Liga 2.

Dalam keterangan pers yang diterima IDN Times, Mochamad Iriawan selaku Ketua Umum PSSI menekankan bahwa aktivitas bal-balan nasional harus tetap berlanjut. Khusus untuk Liga 1 2020, jadwal restart mantap ditetapkan tanggal 1 November mendatang.

1. PSM Makassar tegaskan komitmen mengikuti Liga 1 2020 hingga tuntas

PSM Makassar Dukung Penuh Restart Liga 1 2020 November MendatangKetua Umum PSSI Mochamad Iriawan (ketiga kiri) berfoto dengan peserta saat acara 'extraordinary club meeting' di Yogyakarta, Selasa (13/10/2020). (ANTARA FOTO/Andrea Fitri Atmoko)

Sebagai respons atas hasil rapat tersebut, pihak PSM Makassar mendukung penuh usaha merampungkan musim 2020 yang sudah berlangsung tiga pekan.

"Manajemen PSM mengapresiasi upaya PSSI dan PT LIB menjaga marwah dan keberlangsungan Liga 1 musim 2020. PSM Makassar juga berkomitmen untuk ikut menuntaskan musim 2020," ungkap Sulaiman Abdul Karim, Media Officer PSM Makassar, dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times.

Sebelumnya, pihak Juku Eja memutuskan tetap tinggal di Yogyakarta hingga kompetisi liga berjalan. Fasilitas memadai jadi alasan utama Zulkifli Syukur cs enggan pulang ke Makassar.

2. Diputuskan bahwa Liga 1 2020 diproyeksikan rampung pada Maret 2021

PSM Makassar Dukung Penuh Restart Liga 1 2020 November MendatangPemain PSM Makassar Rizky Pellu (kiri) berebut bola dengan pemain PSS Sleman Arthur Daniel Irawan (kanan) pada pertandingan Liga 1 2020 di Stadion Andi Matalatta, Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (1/3/2020). Tuan rumah PSM Makassar menang dengan skor 2-1. (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Tak ada perubahan format kompetisi, menuruti usulan sejumlah kalangan. Rapat yang sama memutuskan Liga 1 2020 tetap berlangsung selama 34 pekan atau dua putaran. Alih-alih hanya satu putaran seperti yang terjadi di Liga Super Malaysia.

Alhasil, jadwal rampung turut mundur sebulan. Sebelum penundaan, musim 2020 direncanakan tuntas pada 28 Februari. Dengan restart yang dipindah ke November, maka pacuan menuju podium penguasa kasta teratas kompetisi nasional berlangsung hingga bulan Maret 2021.

Baca Juga: PSM Makassar Sayangkan Jadwal Liga 1 2020 Kembali Berubah

3. Hingga kini, Wiljan Pluim masih jadi satu-satunya legiun asing dalam pemusatan latihan

PSM Makassar Dukung Penuh Restart Liga 1 2020 November MendatangGelandang PSM Makassar, Wiljan Pluim, saat berlatih bersama rekan-rekan setimnya di Stadion Dwi Windu Bantul, DI Yogyakarta, pada Sabtu (3/10/2020), (Instagram.com/psm_makassar)

Hingga Selasa (13/10/2020) kemarin, sebanyak 24 penggawa Pasukan Ramang sudah bergabung dalam pemusatan latihan di Kota Pelajar. Jebolan akademi bertambah dua nama sejak pekan lalu, yakni Muhammad Fahri (bek tengah) dan Muhammad Rifky Maulana Jalil (winger). Sehingga totalnya ada tujuh pemain.

Sang kapten tim, Wiljan Pluim, masih menjadi satu-satunya legiun asing di training camp. Belum ada kabar pasti perihal kapan bek tengah Serif Hasic dan striker Giancarlo Lopes terbang ke Yogyakarta.

Baca Juga: Skuad PSM Makassar Berangkat ke Bantul, Belum Ada Pemain Asing

Topic:

  • Ach. Hidayat Alsair
  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya