PSM Enggan Terlena Hasil Imbang di Markas Bali United

Modal bagus untuk leg kedua, tapi peluang masih sama kuat

Makassar, IDN Times - Pelatih PSM Makassar Bernardo Tavares menyebut hasil imbang lawan Bali Untied pada leg pertama play-off Liga Champions Asia (LCA) sudah bagus. Kedua tim bermain dengan skor 1-1 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Selasa mala (6/6/2023).

"Saya kira pertandingan tadi adalah pertandingan yang bagus, terutama atmosfernya. Bali United juga bermain bagus. Ini adalah hasil yang cukup positif untuk kita bawa ke leg kedua nanti," ujarnya dalam sesi jumpa pers selepas pertandingan rampung.

"Dan kita lebih banyak membuat peluang di babak kedua daripada babak pertama," imbuh Tavares.

Baca Juga: Tahan Imbang Bali United 1-1, PSM Bawa Pulang Hasil Positif

1. Bali United sangat dominan sepanjang pertandingan leg pertama

PSM Enggan Terlena Hasil Imbang di Markas Bali UnitedPesepak bola Bali United Taufik Hidayat (tengah) berebut bola dengan pesepak bola PSM Makassar Yuran Fernandes (kiri) saat pertandingan leg pertama babak play off untuk menentukan wakil Indonesia pada Liga Champions Asia 2023/2024 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Selasa (6/6/2023). Kedua tim bermain imbang 1-1. ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/aww.

Dalam statistik, Bali United memang sangat dominan. Mereka menguasai 77 persen penguasaan bola, di saat PSM hanya kebagian 23 persen. Jumlah operan suksesnya pun sangat jomplang, 405 berbanding 120 untuk tim tamu. Tapi, level agresivitasnya tipis. Tuan rumah catatkan 3 shots on target, sedang Wiljan Pluim dkk cuma kebagian dua kali.

Bali United lebih banyak menekan di babak pertama lewat kombinasi serangan sayap. Alhasil, PSM kebobolan lebih dulu lewat gol Irfan Jaya di menit ke-15. PSM pun lebih berfokus menjaga lini belakang hingga turun minum.

Anak asuh Bernardo Tavares baru tancap gas di babak kedua. Upaya menaikkan garis pertahanan membuat PSM jadi lebih berani menekan. Masuknya Adilson da Silva memberi variasi serangan. Tapi, angka balasan tercipta dari gol bunuh diri Ilija Spasojevic.

2. Bernardo Tavares meminta anak asuhnya tidak terlena dengan hasil imbang di Gianyar

PSM Enggan Terlena Hasil Imbang di Markas Bali UnitedPelatih PSM Makassar Bernardo Tavares memimpin latihan di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Senin (5/6/2023). ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/nym.

Meski membawa pulang hasil positif dari Pulau Dewata, para pemain PSM diwanti-wanti untuk tidak terlena. Peluang kedua tim untuk melaju ke babak kualifikasi awal masih terbuka. Coach Tavares pun berharap suporter bisa datang mendukung saat leg kedua.

"Saya tidak melihat ini (hasil imbang, red.) sebagai keuntungan. Leg kedua nanti adalah pertandingan yang berbeda. Bali Unite memiliki kualitas yang cukup untuk mendapat hasil yang bagus juga," tutur pelatih asal Portugal tersebut.

"Tapi yang saya mau sampaikan adalah saya berharap suporter memberi energi ekstra kepada kita di leg kedua, karena pertandingan tersebut akan berjalan sulit. Saya juga berharap selama masa persiapan nanti tidak ada pemain yang cedera," tukas Tavares.

3. Leg kedua penentuan wakil Indonesia di LCA 2023-24 berlangsung pada Sabtu ini (10/6/2023)

PSM Enggan Terlena Hasil Imbang di Markas Bali UnitedPesepak bola Bali United Ricky Fajrin (kanan) berusaha melewati hadangan pesepak bola PSM Makassar Dzaki Asraf Huwaidi (kiri) saat pertandingan leg pertama babak play off untuk menentukan wakil Indonesia pada Liga Champions Asia 2023/2024 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Selasa (6/6/2023). Kedua tim bermain imbang 1-1. ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/aww.

Hal senada juga disampaikan oleh gelandang Muhammad Arfan. Ia salut kepada suporter PSM yang datang meski harus menyaksikan pertandingan tanpa atribut.

"Kami juga berterima kasih kepada suporter yang sudah jauh-jauh datang ke Bali tapi tidak bisa masuk ke stadion. Tapi jangan kecewa, masih ada leg kedua di Parepare dan kami sangat butuh dukungan teman-teman suporter," ungkap pemilik nomor punggung 48 itu.

Leg kedua penentuan wakil Indonesia di LCA 2023-23 akan berlangsung di Stadion Gelora BJ Habibie Parepare, Sabtu ini (10/6/2023). Pemenang play-off sudah ditunggu oleh klub Hong Kong, Lee Man SC, di fase preliminary round.

Baca Juga: Masa Persiapan Cuma Hitungan Hari, Pelatih PSM Beber Alasannya

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya