Melawat ke Markas Bali United, PSM Makassar Terbayang Catatan Buruk

Juku Eja tak pernah menang di Gianyar sejak tahun 2016

Makassar, IDN Times - Pelatih kepala PSM Makassar, Bernardo Tavares, blak-blakan mengaku masih terbayang hasil play-off penentuan wakil Indonesia ke Liga Champions Asia. Ini ia lontarkan jelang bersua Bali United pada laga pekan ke-8 BRI Liga 1 2023-24, Jumat besok (11/8/2023), di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar.

"Kita sudah menghadapi Bali United dua kali di awal musim. Kita imbang satu kali, dan di pertandingan kedua kita kalah adu penalti," katanya dalam sesi jumpa pers pra-pertandingan pada Kamis sore (10/8/2023).

"Laga ini juga akan sulit sebab Bali United adalah tim yang bagus. Sejak tahun 2016, PSM Makassar belum pernah menang away di sini. Ini menunjukkan betapa sulitnya menaklukkan Bali United di kandang mereka," jelas Tavares.

1. Pelatih kepala PSM Makassar, Bernardo Tavares, masih terbayang hasil di play-off LCA

Melawat ke Markas Bali United, PSM Makassar Terbayang Catatan BurukPesepak bola PSM Makassar Wiljan Pluim (kedua kanan) menghalangi pesepak bola Bali United Ricky Fajrin (kanan) pada pertandingan leg kedua babak play off untuk menentukan wakil Indonesia pada Liga Champions Asia 2023/2024 di Stadion Gelora BJ Habibie, Pare-Pare, Sulawesi Selatan, Sabtu (10/6/2023). ANTARA FOTO/HO/PSM/ABHE/tom.

Laga besok akan menjadi pertemuan ketiga kedua kubu musim ini. Dua laga play-off Liga Champions Asia (LCA) yang berformat kandang-tandang sama-sama berakhir dengan skor imbang 1-1. Serdadu Tridatu baru merengkuh tiket ke preliminary round usai menang adu penalti di Parepare.

Meski begitu, catatan pertemuan mereka cenderung berimbang. Kedua kubu sudah bertemu sebanyak 15 kali sejak pertama kali saling jajal di babak penyisihan grup turnamen Piala Jenderal Sudirman 2015-16.

Baik PSM Makassar dan Bali United sudah sama-sama catatkan 6 kemenangan. Tiga pertemuan sisanya berakhir dengan hasil imbang, termasuk leg pertama play-off LCA pada Juni lalu.

2. Tavares juga berharap Serdadu Tridatu bisa melaju jauh di babak kualifikasi LCA

Melawat ke Markas Bali United, PSM Makassar Terbayang Catatan BurukPelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares, dalam laga pekan ke-20 BRI Liga 1 2022-23 kontra Persija Jakarta. (Dok. PT Liga Indonesia Baru)

Meski masih terbayang hasil play-off, coach Tavares berharap Bali United bisa melaju jauh fase kualifikasi LCA. Baginya, mengerek posisi kompetisi Indonesia di level Asia jauh lebih penting.

"Di kesempatan ini saya ingin mengucapkan semoga Bali United beruntung di pertandingan Liga Champions Asia. Dengan kemenangan, mereka bisa mendapat poin untuk peringkat kompetisi Indonesia di AFC," ujar pelatih berpaspor Portugal tersebut di hadapan awak media.

Baca Juga: PSM Dapat Denda Paling Banyak dari Komdis PSSI, Total Rp155 Juta

3. Meski pertemuan dengan Bali United selalu sulit, kiper Reza Arya sudah bersiap untuk laga besok

Melawat ke Markas Bali United, PSM Makassar Terbayang Catatan BurukKiper PSM Makassar, Reza Arya Pratama, dalam sesi latihan di musim 2022-23. (Instagram.com/psm_makassar)

Sementara itu, kiper PSM Makassar yakni Reza Arya Pratama mengaku sudah siap untuk laga besok meski masa persiapannya sangat mepet. Menghadapi Serdadu Tridatu dengan trisula berbahayanya diakui Reza selalu menjadi tantangan tersendiri.

"Seperti yang coach bilang, jadwal bulan ini padat. Makanya kita harus mempersiapkan diri untuk pertandingan besok dengan lebih baik lagi. Tidak lupa saya juga meminta doa dan dukungan PSM Makassar di mana pun kami bermain," ungkap pemilik nomor punggung 30 tersebut dalam kesempatan yang sama.

Apakah Pasukan Ramang bisa memetik poin penuh di Gianyar untuk pertama kali sejak 2016? Saksikan pertandingan Bali United versus PSM Makassar pada Jumat sore besok (11/8/2023), pukul 16.00 WITA.

Baca Juga: Menerka Rotasi PSM Makassar yang Terancam Kehilangan Winger Andalan

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya