Kike Linares Belum Bermain di Liga 1, Ini Penjelasan Pelatih PSM

Kike jadi penghangat bangku cadangan sejak pekan pertama

Makassar, IDN Times - Hingga pekan kelima BRI Liga 1 2023-24, salah satu legiun asing baru PSM Makassar yakni Kike Linares masih belum mendapat menit bermain. Meski selalu masuk dalam Daftar Susunan Pemain (DSP), ia hanya menjadi penghangat bangku cadangan.

Pelatih kepala PSM Makassar, Bernardo Tavares, tak ingin suporter berpikir macam-macam. Ia menegaskan bahwa bek tengah berpaspor Filipina tersebut memiliki peluang untuk bermain, sama seperti penggawa Pasukan Ramang lainnya.

1. Pelatih PSM menegaskan Kike Linares tetap ada dalam rencananya

Kike Linares Belum Bermain di Liga 1, Ini Penjelasan Pelatih PSMBek PSM Makassar, Kike Linares, dalam pertandingan leg pertama play-off LCA kontra Bali United di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Selasa 6 Juni 2023. (Instagram.com/psm_makassar)

Pelatih asal Portugal itu juga menyebut bahwa Kike bukan satu-satunya pemain yang belum merasakan atmosfer Liga 1. Ia secara tersirat menyatakan bahwa Kike tetap masuk dalam rencana, terbukti nama bek 24 tahun tersebut selalu masuk dalam DSP.

"Ian (Muhammad Ardiansyah, kiper) belum bermain, Sandy (Sandy Ferizal, bek) juga. Beberapa pemain tinggal di Makassar, dan bukan mengisi bangku cadangan. Dia (Kike, red.) juga sudah bermain di dua pertandingan penting kita melawan Bali United," ungkapnya dalam sesi jumpa pers selepas laga kontra Bhayangkara FC, Minggu lalu (30/7/2023).

2. Tavares menyebut pemilihan pemain disesuaikan dengan kebutuhan strategi

Kike Linares Belum Bermain di Liga 1, Ini Penjelasan Pelatih PSMBek PSM Makassar, Kike Linares, dalam sesi latihan di Stadion Kalegowa Pallangga pada 1 Juni 2023. (Instagram.com/psm_makassar)

Lebih jauh, Tavares menekankan bahwa seluruh pemain tim utama dipilih berdasarkan performa mereka di sesi latihan. Tak lupa, disesuaikan juga dengan strategi yang akan digunakan pada sebuah pertandingan.

"Siapapun yang akan main di suatu pertandingan, mereka harus menunjukkan performa dan memberikan sesuatu di sesi latihan. Kalau memang kita tetapkan akan menjalankan suatu sistem, dan pilihan-pilihan yang saya buat itu karena mereka saya memilih itu dengan kapasitas saya sebagai pelatih untuk memikirkan yang terbaik untuk tim," tegasnya.

"Tim selalu yang paling di atas, bukan kepentingan personal," tandas Tavares.

Baca Juga: Jadi Tembok Baru, Ini Alasan Kike Terima Tawaran PSM

3. Bek berpaspor Filipina tersebut jadi salah satu dari empat rekrutan baru Juku Eja yang belum bermain di Liga 1

Kike Linares Belum Bermain di Liga 1, Ini Penjelasan Pelatih PSMPemain PSM Makassar, Kike Linares (kanan), dalam sesi latihan di Stadion Kalegowa Pallangga pada 12 Juli 2023. (Instagram.com/psm_makassar)

Dari total tujuh rekrutan baru yang didatangkan pada awal musim, baru tiga yang mendapat menit bermain di Liga 1. Mereka adalah striker Adilson da Silva, penyerang muda pinjaman Borneo FC yaitu Andy Harjito, serta gelandang bertahan Rizky Pellu.

Selain Kike Linares, ada tiga nama yang masih menunggu kesempatan merumput. Yakni kiper Syamil Bahij Irawan, bek kanan Sandy Ferizal, plus bek tengah Daffa Salman yang musim lalu memperkuat Persela Lamongan.

Baca Juga: Bangganya Bek PSM Kike Linares Kembali Tampil untuk Timnas Filipina

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya