Kabar Terbaru Darije Kalezic Eks Pelatih PSM, Baru-baru Dipecat

Padahak kontraknya baru habis pada tahun depan

Makassar, IDN Times - Masih ingat Darije Kalezic? Pelatih PSM Makassar musim 2019 tersebut susah dilupakan suporter karena memutus puasa trofi mayor selama hampir dua dekade. Ia mengantar Juku Eja menjadi kampiun kejuaraan Piala Indonesia 2018-19 dengan strategi ofensif.

Darije baru saja meletakkan posisi sebagai pelatih Jong FC Utrecht, jabatan yang sudah ia emban sejak pertengahan tahun 2021. Ini diumumkan oleh situs resmi FC Utrecht pada Senin lalu (12/6/2023). Padahal, Darije masih memiliki kontrak yang baru berakhir tahun depan.

Baca Juga: Diwarnai Suka Duka, 5 Momen Spesial Darije Kalezic Bersama PSM

1. Darije memutuskan mundur berdasarkan evaluasi kinerjanya musim lalu

Kabar Terbaru Darije Kalezic Eks Pelatih PSM, Baru-baru DipecatDarije Kalezic saat menangani Jong FC Utrehct pada musim 2022-23. (Instagram.com/kalezic.darije)

Menurut Manajer Teknik FC Utrecht, Tim Gilessen, pihak manajemen memutuskan tak lagi menggunakan jasa Darije untuk Eerste Divisie (divisi kedua Belanda) 2023-24. Ini berdasarkan hasil evaluasi kinerjanya di musim lalu, di mana tim U-23 FC Utrecht tersebut finis sebagai juru kunci.

"Darije sudah berkomitmen sepenuh hati dan jiwa ke Jong FC Utrecht, yang menyebabkan tim ini bisa rekor poin di musim debut (2016-17). Kami ingin berterima kasih kepada Darije atas komitmennya kepada tim U23 dan berharap dia sukses dalam menemukan tantangan baru," ungkap Tim seperti dilansir oleh laman resmi FC Utrecht.

2. Pelatih berpaspor Swiss itu mengaku sedang mencari tantangan baru

Kabar Terbaru Darije Kalezic Eks Pelatih PSM, Baru-baru DipecatDarije Kalezic saat menangani Jong FC Utrehct pada musim 2022-23. (Instagram.com/kalezic.darije)

Di sisi lain, Darije mengaku bangga bisa membantu perkembangan para pemain muda FC Utrecht. Pengalamannya menangani tim-tim akademi memang membuatnya disodorkan kontrak oleh klub berjuluk Domstedelingen tersebut pada 2021 silam.

"Ketika saya ditunjuk, saya menunjukkan bahwa saya berharap dapat berkontribusi untuk pengembangan lebih lanjut dari Jong FC Utrecht. Kami semua telah bekerja keras untuk mencapai itu," ujarnya.

"Dalam perbincangan yang saya lakukan dengan klub, kami sepakat untuk berpisah. Saya ingin berterima kasih kepada FC Utrecht atas kepercayaan selama dua musim terakhir dan saya kini mencari tantangan baru," pungkas sosok 53 tahun tersebut.

3. Sempat melatih dua pemain Indonesia yakni Bagus Kahfi dan Ivar Jenner

Kabar Terbaru Darije Kalezic Eks Pelatih PSM, Baru-baru DipecatPelatih Jong FC Utrecht, Darije Kalezic, sedang memberi instruksi pada Bagus Kahfi pada sebuah pertandingan Eerste Divisie musim 2021-22. (Instagram.com/baguskahfiii)

FC Utrecht merekrut Darije untuk menukangi tim U-23 setelah ia dipecat sebagai manajer sesama tim Eerste Divisie, MVV Maastricht. Selama dua musim, Jong FC Utrecht lebih bayak berkutat di papan bawah. Mereka finis di peringkat 18 pada musim 2021-22, lalu turun ke posisi 20 musim lalu. Beruntung, regulasi terbaru membuat reserve teams sulit terdegradasi ke Tweede Divisie.

Darije sendiri sempat melatih dua pemain asal Indonesia di Jong FC Utrecht. Ada penyerang Bagus Kahfi pada musim 2021-22, serta gelandang Ivar Jenner yang baru saja resmi menjadi WNI pada Mei lalu.

Kira-kira apakah ada tim Liga 1 yang berminat menggunakan jasanya lagi?

Baca Juga: Lepas 3 Pemain ke Timnas, Pelatih PSM Ungkap Harapannya

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya