Jelang Lawan Bali United, PSM Makassar Kekurangan Opsi Rotasi

Dua winger muda juga absen di laga kontra Serdadu Tridatu

Makassar, IDN Times - PSM Makassar menatap laga tandang pekan ke-8 BRI Liga 1 2023-24 kontra Bali United, Jumat mendatang (11/8/2023), dengan penuh waspada. Selain kepada tuan rumah, juga dengan potensi kelelahan dan cedera yang menjadi momok di jadwal padat.

Selepas mendulang poin penuh di kandang Persita Tangerang, para pemain PSM tak bisa berleha-leha. Mereka langsung melanjutkan lawatan dengan terbang ke Denpasar. Ini lantaran jarak antar laga hanya empat hari.

1. PSM Makassar dibayangi kelelahan dan cedera akibat jadwal padat

Jelang Lawan Bali United, PSM Makassar Kekurangan Opsi RotasiPesepak bola Persita Tangerang Ezequiel Vidal (kanan) berebut bola dengan pesepak bola PSM Makassar Dzaki Asraf pada pertandingan BRI Liga 1 di Stadion Indomilk Arena, Kabupaten Tangerang, Banten, Senin (7/8/2023). ANTARA FOTO/Budi/Bal/foc.

Jelang bertemu Bali United, pelatih kepala PSM Makassar yakni Bernardo Tavares mengakui skedul mepet akan selalu sulit. Meski begitu, ia tetap optimis dengan kans anak asuhnya bisa bicara banyak. Buktinya, lawatan ke markas Pendekar Cisadane berakhir dengan dengan kemenangan mereka.

"Di masa-masa sulit seperti ini kita mesti melakoni jadwal yang padat dan ini agak menyulitkan kita perihal recovery. Tapi, kita jalani bersama-sama dan saya bangga memiliki mereka," ujarnya dalam sesi jumpa pers selepas laga kontra Persita, Senin lalu (7/8/2023).

2. Bernardo Tavares mengaku tak memiliki banyak opsi rotasi akibat cederanya sejumlah pemain

Jelang Lawan Bali United, PSM Makassar Kekurangan Opsi RotasiPelatih kepala PSM Makassar, Bernardo Tavares. (Dok. PT Liga Indonesia Baru)

Pada laga tersebut, Tavares menempuh rotasi di sejumlah posisi melalui formasi 4-4-2. Ada Adilson da Silva yang turun sejak menit pertama sebagai pengganti Everton Nascimento. Kemudian Dzaky Asraf mengisi pos winger kanan. Ia membuka kans kembali menurunkan skuat berbeda kala berjumpa Bali United, meski harus melihat situasi.

"Yang kita bisa lakukan adalah bertolak menuju Bali dan memulihkan diri. Untuk rotasi, kita tidak bisa banyak melakukannya karena ada beberapa pemain yang cedera dan baru pulih dari cedera dan kita tidak bisa langsung memainkan mereka," jelas pelatih berpaspor Portugal tersebut.

Baca Juga: Gol Menit Akhir Kenzo Nambu Antar PSM Makassar Bekuk Persita Tangerang

3. Dzaky Asraf dipastikan absen sebab harus mengikuti pemusatan latihan Timnas U-23

Jelang Lawan Bali United, PSM Makassar Kekurangan Opsi RotasiPemain PSM Makassar, Dzaky Asraf, dalam sesi latihan di Stadion Kalegowa Pallangga pada 19 Juli 2023. (Instagram.com/psm_makassar)

Ada sejumlah penggawa Pasukan Ramang yang sempat mengalami cedera tapi sudah pulih. Mereka adalah Rizky Pellu, Rasyid Bakri, Everton Nascimento, striker muda Andy Harjito dan Adilson da Silva.

Meski begitu, mereka kembali timpang di kandang Bali United. Dua winger muda yakni Victor Dethan dan Dzaky Asraf harus absen. Victor terpaksa menepi satu pertandingan akibat kartu merah tidak langsung saat melawan Persita. Sedangkan Dzaky dipanggil untuk jalani pemusatan latihan Timnas U-23 di Jakarta.

Baca Juga: Winger PSM Dzaky Asraf Kembali Dipanggil ke Timnas Indonesia U-20

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya