Jamu Persib, Pelatih PSM Berharap Dukungan Suporter di Stadion

Sejumlah kelompok suporter berencana absen dari tribun

Makassar, IDN Times - Jelang pertandingan melawan Persib Bandung, Sabtu malam (22/7/2023), PSM Makassar sedang didera polemik. Sejumlah kelompok suporter yang tergabung dalam Aliansi Mattoanging memutuskan tidak datang ke Stadion Gelora B.J. Habibie Parepare.

Dalam pernyataan bersama pada Kamis lalu (20/7/2023), mereka menyuarakan beberapa tuntutan ke pihak manajemen. Salah satunya adalah penurunan harga tiket di seluruh kategori yang dinilai memberatkan.

Baca Juga: PSM Vs Persib, Juku Eja Bertekad Melanjutkan Tren Positif

1. PSM akan menghadapi ujian berat musim ini, sehingga disebut perlu dukungan suporter

Jamu Persib, Pelatih PSM Berharap Dukungan Suporter di StadionPesepak bola PSM Makassar Willem Jan Pluim (kedua kiri) melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Persikabo 1973 dalam lanjutan BRI Liga 1 di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (14/7/2023). ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/rwa.

Manejemen PSM sendiri belum mau memberi komentar terkait tuntutan dari Aliansi Mattoanging saat dihubungi. Namun pelatih PSM Bernardo Tavares sudah angkat bicara terkait rencana sejumlah kelompok suporter menepi. Ia mengaku sedih, apalagi saat ini Wiljan Pluim dkk berusaha bangkit dari tren negatif.

"Saya sangat berharap agar suporter kita datang. Beda rasanya datang ke stadion dengan yang terisi penuh ketimbang hanya sebagian terisi. Tidak bisa dipungkiri jika pencapaian kita musim lalu itu juga karena suporter kita," ujar Tavares dalam sesi jumpa pers pra-pertandingan, Jumat kemarin (21/7/2023).

2. Tavares menegaskan peran krusial suporter sebagai pemberi motivasi untuk anak asuhnya

Jamu Persib, Pelatih PSM Berharap Dukungan Suporter di StadionPelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares, dalam laga pekan ke-20 BRI Liga 1 2022-23 kontra Persija Jakarta. (Dok. PT Liga Indonesia Baru)

Pelatih asal Portugal itu mengatakan bahwa Pasukan Ramang ke depan akan dipenuhi ujian. Ia menekankan bahwa dukungan suporter menjadi suntikan motivasi tambahan dalam beberapa kompetisi yang akan mereka ikuti.

"Jika kalian menginginkan musim yang bagus untuk musim ini, kita jelas butuh suporter. Jangan lupa bahwa musim ini akan cukup sulit karena sistem degradasi telah diberlakukan. Banyak tim yang sudah mengubah (komposisi) tim mereka, dan ini akan menjadi musim yang cukup sulit," jelas coach Tavares.

3. Meski begitu, dua kelompok suporter yakni Macz Man dan LAJ tetap memberi dukungan di stadion

Jamu Persib, Pelatih PSM Berharap Dukungan Suporter di StadionSalah satu momen pertandingan pekan kedua BRI Liga 1 2023-24 antara PSM Makassar versus Dewa United yang berlangsung di Stadion Gelora BJ Habibie Parepare pada Sabtu 8 Juli 2023. (Dok. Ofisial PSM Makassar/Agung Dewantara)

Beberapa kelompok suporter PSM yang memutuskan tidak datang ke Parepare yakni Red Gank, Komunitas VIP Selatan (KVS), Komunitas VIP Utara (KVU) dan Komunitas Suporter VIP Utama (KSVU). Gue PSM yang berbasis di Jabodetabek juga bersikap satu suara dengan Aliansi Mattoanging.

Di sisi lain, terdapat dua kelompok suporter menyatakan tetap datang ke Parepare mendukung anak asuh Tavares berlaga. Yakni Macz Man serta Laskar Ayam Jantan (LAJ) pimpinan Daeng Uki.

Baca Juga: Dari Renaldi ke Mufli, Nasib 5 Pemain PSM Jebolan Garuda Select

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya