Comscore Tracker

Ikuti AFC Cup, PSM Dapat "Keringanan" di Ajang Pramusim

Jadwal Juku Eja tak sepadat kontestan lainnya

Makassar, IDN Times - Ada yang berbeda dari turnamen pramusim jelang Liga 1 2022/23. PSM Makassar dan Bali United mendapat "keistimewaan" dalam proses drawing. Grup yang mereka huni cuma berisi empat tim saja, alih-alih lima. Ini tak lepas dari status keduanya sebagai wakil Indonesia di ajang AFC Cup 2022.

PT Liga Indonesia Baru (LIB), selaku panitia ajang pemanasan tersebut menerapkan sejumlah limitasi. Ini disebut jadi bentuk dukungan mereka pada juara Liga 1 2021/22 dan Piala Indonesia 2018/19 tersebut di panggung kontinental.

Baca Juga: Sambutan Suporter PSM di Medsos Bikin Everton Nascimento Terkejut

1. PT LIB sengaja meringankan jadwal pramusim PSM dan Bali United

Ikuti AFC Cup, PSM Dapat Keringanan di Ajang PramusimSkuat PSM Makassar yang turun dalam laga uji coba versus PSIS Semarang di Stadion Jatidiri, Sabtu 28 Mei 2022. (Dok. MO PSM Makassar)

"Kita harus mendukung dua tim ini di AFC Cup 2022. Dan sangat kita sesuaikan. Sehingga nanti, untuk Bali United dan PSM Makassar, kita tempatkan di grup yang berisi empat klub, bukan lima," ujar Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno, sebelum sesi drawing di Trans Luxury Hotel Bandung pada Minggu lalu (28/5/2022).

Ajang pramusim yang belum bernama tersebut direncanakan memakai format single round-robin. Dengan kata lain, masing-masing peserta cuma sekali berduel dengan sesama penghuni grup.

2. Jadi dukungan PT LIB atas kiprah Juku Eja dan Serdadu Tridatu

Ikuti AFC Cup, PSM Dapat Keringanan di Ajang PramusimPesepak bola Bali United Ricky Fajrin (kanan) berusaha melewati hadangan pesepak bola PSM Makassar Yakob Sayuri (kiri) pada pertandingan Liga 1 di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali, Senin (7/2/2022). ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/rwa.

Grup yang ditempati PSM dan Bali United cuma berisi empat tim, sehingga mereka cuma bermain tiga kali di fase penyisihan. Berbeda dengan Grup A dan B, berisi lima klub sehingga masing-masing harus bertanding empat kali.

"Ini dilakukan agar pelaksanaan babak penyisihan tidak melewati jadwal AFC Cup. Itu sudah kita atur sedemikian rupa. Tidak mengganggu Bali United dan PSM. Partisipasinya akan penuh," lanjut Sudjarno di hadapan para manajer dan perwakilan klub peserta Liga 1 2021/22.

3. Anak asuh Bernardo Tavares sudah ditunggu jadwal padat

Ikuti AFC Cup, PSM Dapat Keringanan di Ajang PramusimPemain PSM Makassar dalam sesi latihan di Lapangan Bosowa Sport Center, Kamis 12 Mei 2022. (Instagram.com/psm_makassar)

Dalam AFC Cup 2022 yang dihelat pada 24-30 Juni, skedul Juku Eja juga amat singkat. Anak asuh Bernardo Tavares cuma bertanding dua kali lantaran Grup H cuma dua tim lain, yakni Tampines Rovers (Singapura) dan Kuala Lumpur City FC (Malaysia).

Fase penyisihan grup turnamen pramusim garapan PT LIB direncanakan bergulir mulai 11 Juni. Wiljan Pluim dkk masuk dalam Grup D bersama tuan rumah Arema FC, Persikabo 1973 dan Persik Kediri.

Baca Juga: [BREAKING] Hasil Drawing Pramusim, PSM Segrup dengan Arema 

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya