Gelandang Akbar Tanjung Kewalahan Jadwal Padat PSM

Juku Eja akan tampil di play-off fase grup AFC Cup

Makassar, IDN Times - Jadwal padat sudah menunggu PSM Makassar di bulan Agustus ini. Tak cuma berjibaku dalam ajang BRI Liga 1 2023-24, mereka juga harus menjalani laga play-off satu tempat fase grup AFC Cup.

Alhasil, Pasukan Ramang akan memaksimalkan rotasi pemain untuk menjaga kebugaran. Tim pelatih pun harus memutar otak dalam menyusun program latihan, sekaligus menjauhi potensi cedera akibat aktivitas fisik berlebih.

Baca Juga: PSM Makassar Vs Persita Tangerang: Siap Saling Jegal demi Poin Penuh

1. Akbar menyebut bahwa rekan-rekan setimnya harus cermat menjaga kebugaran

Gelandang Akbar Tanjung Kewalahan Jadwal Padat PSMGelandang PSM Makassar, Akbar Tanjung, selepas pertandingan BRI Liga 1 2022-23 di Stadion Gelora BJ Habibie Parepare. (Instagram.com/psm_makassar)

Gelandang andalan PSM Makassar, Akbar Tanjung, mengakui bahwa jadwal padat di Agustus akan menguras energi. Alhasil jelang menjajal wakil Myanmar atau Brunei Darussalam, rekan-rekan setimnya harus cermat dengan level kebugaran.

"Itu juga membuat tim agak kewalahan, apalagi waktu antar pertandingan cuma tiga atau empat hari. Belum lagi persiapan untuk AFC Cup, bagaimana pemain harus tetap menjalani pemulihan. Jadi pintar-pintarnya saja untuk menjaga kondisi," ujar Akbar dalam sesi jumpa pers pra-pertandingan versus Persita, Minggu kemarin (6/8/2023).

2. Skuat Pasukan Ramang kini dibayangi potensi kelelahan dan cedera

Gelandang Akbar Tanjung Kewalahan Jadwal Padat PSMSalah satu momen pertandingan Grup H AFC Cup 2022 antara PSM Makassar versus Kuala Lumpur City FC di Kuala Lumpur Stadium pada Jumat 24 Juni 2022. (Dok. Ofisial PSM Makassar/Agung Dewantara)

Kekhawatiran serupa sudah disuarakan sang pelatih kepala, Bernardo Tavares, sejak jauh-jauh hari. Frekuensi perjalanan tandang yang meningkat harus disiasati dengan rotasi pemain. Meski begitu, potensi cedera juga diakui menjadi momok.

"Bulan ini jelas sangat padat dan akan sulit bagi kita. Karena ini adalah sepak bola, maka kita harus memikirkannya selangkah demi selangkah," ungkap juru taktik berpaspor Portugal tersebut, Rabu pekan lalu (2/8/2023).

3. PSM Makassar sudah jalani satu dari enam pertandingan sepanjang Agustus

Gelandang Akbar Tanjung Kewalahan Jadwal Padat PSMPesepak bola Bali United Haudi Abdillah (kedua kanan) berebut bola dengan pesepak bola PSM Makassar Everton Nascimento (kanan) saat pertandingan leg pertama babak play off untuk menentukan wakil Indonesia pada Liga Champions Asia 2023/2024 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Selasa (6/6/2023). ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/aww

Wiljan Pluim dan kawan-kawan akan menjalani laga kedua dari enam pertandingan yang sudah menunggu. Mereka melawat ke markas Persita Tangerang untuk jalani partai pekan ketujuh BRI Liga 1 2023-24 yang berlangsung pada Senin sore ini (7/8/2023).

Pasukan Ramang akan melanjutkan tur tandang ke Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, kandang Bali United, Jumat mendatang (11/8/2023). Jarak kedua duel melawan penghuni papan atas klasemen sementara ini hanya empat hari.

Baca Juga: PT LIB Ubah Jadwal PSM Makassar di Liga 1 demi Kompetisi Asia

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya