Dipanggil ke Timnas Senior, Kiper PSM Reza Arya Bahagia Bukan Main

Disiapkan untuk uji coba kontra Palestina dan Argentina

Makassar, IDN Times - Kiper PSM Makassar, Reza Arya Pratama, akhirnya mendapat kehormatan tertinggi seluruh pemain sepak bola: dipanggil tim nasional. Namanya masuk dalam daftar 26 pemain pilihan Shin Tae-yong untuk FIFA Matchday Juni mendatang, melawan Palestina dan Argentina.

Ini jadi pemanggilan pertama untuk pemain berusia 23 tahun tersebut. Ia bahkan bisa membuat para seniornya seperti Nadeo Argawinata (Bali United) dan Muhammad Riyandi (Persis Solo) harus menepi untuk sementara waktu.

1. Reza Arya merasa terhormat bisa dipanggil ke Timnas Senior untuk kali pertama

Dipanggil ke Timnas Senior, Kiper PSM Reza Arya Bahagia Bukan MainKiper PSM Makassar, Reza Arya Pratama, dalam sesi pemanasan di Stadion Gelora Joko Samudro Gresik pada Februari 2023. (Instagram.com/psm_makassar)

Berbicara tentang pemanggilan pertamanya ke Timnas Senior, Reza Arya mengaku bahagia bukan main. Terlebih ia mendapat kepercayaan dari Shin Tae-yong sebagai salah satu dari tiga penjaga gawang untuk mengawal benteng terakhir Tim Garuda.

"Alhamdulillah, terima kasih untuk jajaran pelatih Timnas karena telah memberikan kesempatan untuk bergabung di tim nasional. Tentunya saya sangat bersyukur bisa diberikan kesempatan untuk bergabung di tim nasional senior," ungkap jebolan PPLP Sulsel tersebut seperti dikutip dari laman resmi PSM, Sabtu malam (27/5/2023).

2. Jadi pelengkap raihan di musim perdananya menjadi kiper utama PSM Makassar

Dipanggil ke Timnas Senior, Kiper PSM Reza Arya Bahagia Bukan MainKiper PSM Makassar, Reza Arya Pratama, dalam sesi latihan di Stadion Kalegowa Pallangga pada Agustus 2022. (Instagram.com/psm_makassar)

Ini seolah menjadi pelengkap musim perdananya menjadi penjaga gawang utama Pasukan Ramang. Mulai dari mencapai final Zona ASEAN AFC Cup 2022, mendapat trofi Liga 1 2022-23, membuat PSM jadi tim paling sedikit kebobolan kedua di kompetisi domestik, termasuk menjadi kiper dengan penyelamatan terbanyak kelima.

Bagi Reza Arya, ini adalah buah dari kesabaran menunggu kesempatan tiba. Tiga tahun silam, ia berstatus sebagai kiper keempat. Pemilik postur 1,88 meter itu bahkan sempat dilepas pada pertengahan musim 2021-22, tapi akhirnya direkrut kembali.

3. Siap bersaing untuk membuktikan bahwa dirinya layak dipanggil Shin Tae-yong

Dipanggil ke Timnas Senior, Kiper PSM Reza Arya Bahagia Bukan MainKiper PSM Makassar, Reza Arya Pratama, dalam sesi pemanasan di Stadion Sultan Agung Bantul pada Januari 2023. (Instagram.com/psm_makassar)

Bergabung dengan skuat Merah Putih, Reza Arya mengaku siap mengerahkan segala kemampuannya. "Saya akan berusaha membuktikan bahwa saya layak disini dan semoga kehadiran saya bisa berdampak positif untuk Timnas," tutup jebolan PSM U-19 itu.

Selain Reza Arya, turut pula dua penggawa PSM lain yakni Yakob Sayuri dan Yance Sayuri. Ketiganya akan bergabung ke pemusatan latihan yang akan berlangsung dari 5 Juni hingga 20 Juni mendatang. Timnas akan lebih dulu menjajal Palestina di tanggal 14 Juni di Surabaya, sebelum melawan sang juara dunia Argentina pada 19 Juni.

Baca Juga: 3 Pemain PSM Dipanggil Timnas Lawan Argentina, Ada Reza Arya

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya