Comscore Tracker

Di Tengah Sanksi FIFA, PSM Mulai Siapkan Tim untuk Piala Menpora 2021

Kurang dari sebulan sebelum ajang pra-musim dihelat

Makassar, IDN Times - Kurang dari sebulan sebelum kick-off Piala Menpora 2021, PSM Makassar mulai menggelar tahap awal persiapan menuju turnamen pra-musim tersebut.

"Timnya sedang dipersiapkan. (Mulai dari) pemain, pelatih dan ofisial," ujar Media Officer PSM, Sulaiman Abdul Karim kepada IDN Times, Senin (22/2/2021) malam. Piala Menpora sendiri direncanakan berlangsung dari 20 Maret hingga 25 April mendatang.

1. Piala Menpora 2021 jadi percontohan kompetisi sepak bola dengan protokol kesehatan ketat

Di Tengah Sanksi FIFA, PSM Mulai Siapkan Tim untuk Piala Menpora 2021Pertemuan PSSI dengan Menpora, Selasa (2/2/2021) (Website/pssi.org)

Setelah nyaris setahun tanpa aktivitas bal-balan akibat pandemik, PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) akhirnya mendapat izin dari kepolisian untuk menghelat pertandingan. Tak langsung Liga 1 dan Liga 2, melainkan ajang pemanasan bertajuk Piala Menpora 2021 sebagai contoh kompetisi dengan protokol kesehatan ketat.

Proses pembagian grup turnamen yang diikuti oleh 18 tim Liga 1 itu memang baru dilaksanakan awal Maret mendatang. Namun empat kota sudah ditunjuk sebagai penyelenggara yakni Bandung, Sleman, Solo, dan Malang.

2. Sebagai tahap awal, para pemain dan ofisial akan jalani vaksinasi

Di Tengah Sanksi FIFA, PSM Mulai Siapkan Tim untuk Piala Menpora 2021Asisten pelatih PSM Makassar, Herrie Setyawan, saat memimpin sesi latihan PSM Makssar di Lapangan Kompi E Paskhas TNI-AU, Sleman, pada Senin (28/9/2020) sore. (Dok. PSM Makassar)

Lebih jauh, vaksinasi COVID-19 pun jadi kewajiban yang harus diikuti semua penggawa Juku Eja sebelum terjun ke turnamen pra-musim. "Saat ini kita sedang mendata siapa-siapa saja yang akan divaksin," lanjut Sule.

Kementerian Pemuda dan Olahraga, melalui Menpora Zainuddin Amali, telah mengonfirmasi ada 5.000 atlet, pelatih plus tenaga pendamping yang masuk dalam gelombang pertama penerima vaksin. Di antaranya adalah 18 tim Liga 1 yang menjadi kontestan Piala Menpora 2021.

Baca Juga: PSM Makassar Usul Liga 1 2020 Dihentikan Saja, Diganti Musim Baru 2021

3. Tak ada komentar perihal potensi sanksi FIFA akan mengganggu persiapan

Di Tengah Sanksi FIFA, PSM Mulai Siapkan Tim untuk Piala Menpora 2021Sejumlah pemain akademi PSM saat mengikuti sesi latihan bersama PSM Makassar jelang restart Liga 1 2020 di Bosowa Sport Center pada Senin (21/9/2020). (Dok. PSM Makassar/Ahmad Alia)

Saat ditanya apakah sanksi FIFA bakal mengganggu persiapan PSM untuk Piala Menpora 2021, Sule enggan menjelaskan secara rinci.

"Yang itu kita pisahkan. Ada tim yang mengurus," pungkasnya.

Selain itu, belum ada penjelasan lebih lanjut perihal komposisi tim Pasukan Ramang selama masa persiapan. Akan tetapi besar kemungkinan mereka kembali andalkan komposisi gabungan talenta muda binaan akademi dan pemain tim senior, seperti yang dilakukan tahun lalu.

Baca Juga: Buntut Tunggakan Gaji Pemain, FIFA Jatuhkan Sanksi ke PSM Makassar

Topic:

  • Ach. Hidayat Alsair
  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya