Comscore Tracker

Bekuk Persik 2-3, Milomir Seslija Sebut Fokus Pemain PSM Sempat Kendur

Saat ini Juku Eja bercokol di puncak klasemen sementara

Makassar, IDN Times - Meski menang tipis dengan cara dramatis atas Persik Kediri, pelatih PSM Makassar, Milomir Seslija meminta timnya tetap membumi. Duel pekan keempat BRI Liga 1 2021/22 pada Kamis sore (23/9/2021) berlangsung seru. Stadion Wibawa Mukti Cikarang jadi saksi bisu kedua tim saling kejar-kejaran angka di papan skor.

"Saya sudah memberitahu para pemain sebelumnya, bahwa laga ini akan berjalan sulit," ungkap coach Milo dalam sesi jumpa pers virtual selepas waktu normal rampung.

Wanti-wanti tersebut tentu tak lepas dari fakta bahwa sang lawan adalah tim yang bermain efisien. Milo mengambil contoh saat mereka menang 1-0 atas Borneo FC (pekan kedua) dan imbang 2-2 kontra PS TIRA-Kabo (pekan ketiga).

1. Pelatih PSM sebut anak asuhnya menurunkan fokus usai unggul cepat

Bekuk Persik 2-3, Milomir Seslija Sebut Fokus Pemain PSM Sempat KendurPemain Persik Kediri Sackie (tengah) melakukan tendangan ke gawang PSM Makassar pada lanjutan Liga 1 di Stadion Wibawa Mukti, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Kamis (23/9/2021). (ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah)

Lebih jauh, pelatih 57 tahun itu juga mengakui PSM sempat menurunkan fokus setelah unggul cepat di menit keempat. Akibatnya harus dibayar mahal dengan sepasang gol dari penyerang Persik Kediri yakni Youssef Ezzajjari.

Lepas turun minum, Wiljan Pluim dkk tampil lebih baik. Mereka berhasil membendung serangan Persik yang lebih gencar berkat strategi pergantian pemain.

Menilik statistik, PSM berhasil menguasai 58 persen aliran bola. Tapi dari segi efektivitas, mereka lebih unggul. Juku Eja menciptakan total 9 peluang (6 shot on target), sementara Persik lebih agresif lantaran mengancam gawang Syaiful Syamsuddin sebanyak 12 kali (6 shot on target).

Sang kapten, Wiljan Pluim, menyabet gelar "man of the match." Ini berkat golnya di menit ke-35, ditambah asis krusial berbuah gol kemenangan PSM.

2. Milo menjelaskan keputusan menurunkan Serif Hasic yang baru dua kali latihan bersama tim

Bekuk Persik 2-3, Milomir Seslija Sebut Fokus Pemain PSM Sempat KendurPelatih PSM Makassar, Milomir Seslija, dalam sesi jumpa pers virtual jelang pertandingan pekan ketiga BRI Liga 1 2021/22 kontra Persebaya Surabaya pada Jumat 17 September 2021. (Dok. MO PSM Makassar)

Meski menyoroti penampilan timnya, Milo memuji semangat juang yang ditampilkan pada babak kedua. Sanggup membendung serangan bertubi-tubi Persik Kediri, PSM Makassar berhasil mengamankan tiga poin lewat gol menit akhir Ilham Udin Armaiyn.

"Untuk penampilan babak kedua, saya memberi apresiasi kepada mereka. Semuanya telah bekerja keras demi hasil ini. Apalagi kemenangan diraih pada menit akhir," ungkap juru taktik asal Bosnia-Herzegovina.

Milo turut menjelaskan keputusan menurunkan Serif Hasic. Alasannya, ini adalah risiko yang harus diambil demi permainan menyerang. Serif sendiri bergabung pada Selasa lalu (21/9/2021) dan baru dua kali berlatih dengan tim.

"Memang itu pilihan saya. Saya mengambil risiko ini karena pemain saya instruksikan untuk terus maju merangsek ke depan, sebab jelas kita saat itu memburu gol ketiga," jelasnya.

Baca Juga: Hasil Pertandingan Persik Kediri Vs PSM, Juku Eja Menang Dramatis 2-3

3. Performa Ilham Udin Armaiyn dan Anco Jansen disebut kian meningkat dari pekan ke pekan

Bekuk Persik 2-3, Milomir Seslija Sebut Fokus Pemain PSM Sempat KendurPemain PSM Makassar Ilham Udin Armaiyn merayakan gol saat melawan Persik Kediri pada lanjutan Liga 1 di Stadion Wibawa Mukti, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Kamis (23/9/2021). (ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah)

Milo turut bahagia atas progres yang ditunjukkan duo penyerang Anco Jansen serta Ilham Udin Armaiyn. Jika Ilham sudah nyetel sejak laga pembuka, Anco baru unjuk gigi ketika PSM menghempaskan Persebaya pekan ketiga.

"Saya bahagia pada mereka. Anco kian baik dari hari ke hari. Termasuk dari sisi kebugaran juga. Ilham telah bekerja keras selama 90 menit. Keduanya penting bagi kami," jelasnya.

Dengan seri pertama BRI Liga 1 2021/22 menyisakan dua pertandingan, Milo masih punya banyak bahan evaluasi. "Lawan yang kita hadapi berbeda-beda, sudah tentu masalah yang dihadapi juga berbeda," tutup pemegang lisensi UEFA Pro itu.

Poin penuh atas Persik melambungkan Pasukan Ramang ke puncak klasemen sementara BRI Liga 1 2020/2021 dengan perolehan 8 poin dari 4 pertandingan.

Selanjutnya, PSM akan ditantang Barito Putera pada Senin pekan depan (27/9/2021).

Baca Juga: [BREAKING] PSM Makassar Bekuk Persik Lewat Duel Bertabur Gol

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya