Apresiasi Kesetiaan Pluim, PSM Makassar Siapkan Seremoni Perpisahan

Jadi cara klub menghargai loyalitas selama 7 tahun

Makassar, IDN Times - Sebagai bentuk apresiasi dan rasa terima kasih, PSM Makassar akan menyiapkan laga perpisahan dengan Wiljan Pluim dalam waktu dekat. Ini disampaikan langsung oleh Media Officer PSM Makassar yakni Sulaiman Abdul Karim.

"Farewell ceremony untuk Wiljan Pluim tetap diagendakan digelar. Rencananya adalah di salah satu pertandingan Liga 1," ujar pria yang biasa disapa Sule tersebut dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times pada Senin siang (9/10/2023).

1. Wiljan Pluim mendapat tempat di hati para suporter PSM Makassar

Apresiasi Kesetiaan Pluim, PSM Makassar Siapkan Seremoni PerpisahanGelandang PSM Makassar, Wiljan Pluim, dalam sesi latihan PSM Makassar di Stadion Kalegowa pada Rabu 7 September 2022. (Instagram.com/psm_makassar)

Sebagai salah satu pemain asing paling loyal, Pluim akan mendapat perpisahan dari para pendukung PSM Makassar. Sumbangsih gelar Piala Indonesia 2018-19 dan trofi Liga 1 2022-23 membuatnya dipastikan mendapat satu tempat di hati para suporter.

Meski begitu, belum dijelaskan secara rinci seperti apa seremoni perpisahan di Parepare tersebut. "Nantilah dilihat seperti apa. Yang jelas konteksnya adalah farewell ceremony untuk Pluim," ungkap Sulaiman. 

2. PSM dan Pluim sepakat mengakhiri kerja sama setelah diskusi panjang

Apresiasi Kesetiaan Pluim, PSM Makassar Siapkan Seremoni PerpisahanPesepak bola PSM Makassar Wiljan Pluim (kedua kanan) berebut bola dengan pesepak bola Barito Putera pada laga BRI Liga 1 di Stadion Gelora BJ Habibie, Pare-Pare, Sulawesi Selatan, Kamis (9/2/2023). ANTARA FOTO/Erick Didu/abhe/nym.

Setelah sebulan tanpa kejelasan, PSM Makassar mengumumkan mengakhiri kerjasana dengan gelandang asal Belanda tersebut. Keputusan tersebut diumumkan melalui situs resmi klub dan akun media sosial klub pada Senin siang (9/10/2023).

Dalam pengumuman tersebut, disebutkan iini adalah kesepakatan yang diambil kedua pihak setelah diskusi panjang. Keputusan ini datang setelah absennya Pluim dari beberapa pertandingan terakhir, yang disinyalit terkait dengan masalah keuangan yang dialami oleh manajemen Juku Eja.

Baca Juga: Pluim Uzur dan Hilang Tenaga? Statistik Justru Berkata Sebaliknya

3. Ikut andil dalam capaian gelar juara Piala Indonesia 2018-19 dan Liga 1 2022-23

Apresiasi Kesetiaan Pluim, PSM Makassar Siapkan Seremoni PerpisahanGelandang PSM, Wiljan Pluim (kanan), sedang menggiring bola melewati pemain Barito Putera, Bayu Pradana (tengah), dalam pertandingan Liga 1 2019 di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Sulawesi Selatan, 14 Agustus 2019. (Liga-Indonesia.id)

Playmaker didikan Vitesse Arnhem tersebut sudah membela PSM Makassar sejak Agustus 2016. Sejak saat itu, ia sudah tampil sebanyak 172 kali dalam semua ajang resmi yang diikuti oleh Pasukan Ramang. Selama 7 tahun 2 bulan, Pluim mencetak 45 gol dan 51 asis.

Selama berseragam merah marun, Wiljan Pluim menambah isi lemari trofi Pasukan Ramang yakni Piala Indonesia 2018-19 serta Liga 1 2022-23. Tak sampai di situ, ia turut andil membawa PSM ke babak final Zona ASEAN AFC Cup 2022.

Baca Juga: PSM Umumkan Akhiri Kerjasama dengan Wiljan Pluim

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya