Comscore Tracker

Appi Optimistis PSM Melaju ke Semifinal Turnamen Pramusim

Berkaca dari pengalaman di Piala Menpora tahun lalu

Makassar, IDN Times - Direktur Utama PSM Makassar Munafri Arifuddin memasang target bagi timnya di turnamen pramusim. Dia menyebut anak asuh Bernardo Tavares harus mencapai setidaknya babak empat besar alias semifinal.

"Kami target untuk lolos sama tahun kemarin. Kalau bisa sampai masuk semifinal itu harus kita laksanakan. Karena toh (kita) pernah melakukan itu tahun lalu," ujar sosok yang biasa disapa Appi' tersebut seperti dikutip dari situs resmi PSM, Sabtu (3/6/2022).

Pada Piala Menpora 2021, PSM yang terjun tanpa satupun pemain asing bisa melaju sampai semifinal. Melaju sebagai runner-up fase grup, Juku Eja akhirnya keluar sebagai juara empat.

Baca Juga: Ikuti AFC Cup, PSM Dapat "Keringanan" di Ajang Pramusim

1. Materi PSM saat ini sudah diperkuat dua pemain asing

Appi Optimistis PSM Melaju ke Semifinal Turnamen PramusimStriker PSM Makassar Everton Nascimento dalam sesi latihan di Bosowa Sport Center, Senin 23 Mei 2022. (Instagram.com/psm_makassar)

Salah satu yang membuat Appi' yakin bisa menembus semifinal pramusim lagi adalah materi pemainnya musim ini. Mereka sudah diperkuat oleh dua pemain asing yakni Wiljan Pluim dan Everton Nascimento. Sangat berbeda dengan situasi di Piala Menpora tahun lalu.

"Jadi sepak bola itu menentukan target tetap harus. Hampir semua tim menargetkan juara termasuk kita. Tinggal kita melihat peluangnya seperti apa," kata Appi' lagi.

2. Semua penghuni di Grup D disebut punya kans yang sama

Appi Optimistis PSM Melaju ke Semifinal Turnamen PramusimPemain PSM Makassar Manda Cingi (kiri) berebut bola dengan pemain PSIS Semarang Carlos Fortes (kanan) dalam laga uji coba di Stadion Jatidiri Semarang, Sabtu 28 Mei 2022. (Dok. MO PSM Makassar)

Menyoal persaingan Grup D yang dihuni Pasukan Ramang, Appi' menilai ketiga lawan di fase penyisihan juga punya kans untuk melaju lebih jauh. Apalagi semua tim peserta turnamen pramusim garapan PT LIB tersebut juga kompak sedang merancang kekuatan.

"Relatif orang mengatakan grup C yang menjadi grup neraka. Cuman kan semua tim berubah. Contoh Persebaya, Persita, juga PSM. Kita ditinggalkan oleh beberapa pemain dan punya pemain baru. Jadi berubah sama sekali, semua klub mempersiapkan timnya," jelasnya.

Selain PSM, Grup D juga dihuni oleh tim tuan rumah Arema FC, Persikabo 1973 dan Persik Kediri.

3. Appi' berharap jadwal pramusim tak bertabrakan dengan AFC Cup

Appi Optimistis PSM Melaju ke Semifinal Turnamen PramusimKapten tim dan gelandang PSM Makassar, Wiljan Pluim, ketika akan mengeksekusi tendangan penalti dalam sebuah pertandingan AFC Cup 2019. (the-afc.com)

Bicara lebih jauh, suami Melinda Aksa tersebut mengapresiasi langkah PSSI dan PT LIB untuk memberi "keringanan" pada wakil Indonesia di ajang AFC Cup 2022. Alih-alih lima klub, Grup C dan D yang dihuni masing-masing Bali United dan PSM cuma diisi empat tim.

Namun, ia berharap jadwalnya akan ramah, sehingga tak perlu memecah fokus. Babak penyisihan grup turnamen pramusim yang belum bernama itu dimulai pada 11 Juni, sedangkan AFC Cup adalah 24 Juni.

"Kalau AFC itu kalender resmi yang menentukan peringkat Indonesia. Poin PSM nanti akan menentukan peringkat Indonesia juga. Jadi memang harus dibicarakan, jangan sampai ada laga (AFC dan Piala Presiden) yang bertabrakan," tutup Appi'.

Baca Juga: Sambutan Suporter PSM di Medsos Bikin Everton Nascimento Terkejut

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya