Comscore Tracker

Andy Setyo Bantah Gesturnya Merendahkan Bek PSM 

Andy Seto sempat terlibat ketegangan dengan Yuran Fernandes

Makassar, IDN Times - Sebuah kejadian menyita perhatian suporter dalam lanjutan Grup D Piala Presiden 2022 antara PSM Makassar dan Persikabo 1973, Rabu kemarin (15/6/2022).

Tepat setelah wasit Mansyur meniup peluit panjang, bek Persikabo Andy Setyo Nugroho tertangkap mengarahkan gestur pada bek PSM Yuran Fernandes. Ini terjadi setelah keduanya terlihat duel perebutan bola.

Gestur tersebut sontak diperbincangkan warganet. Banyak yang menuding gestur Andy bertujuan untuk merendahkan pemain berpaspor Cape Verde tersebut, lantaran tingginya intensitas permainan.

Baca Juga: Dikalahkan Persikabo, Pelatih PSM: Kita Melawan Dua Tim!

1. Andy Setyo membantah hina Yuran Fernandes

Andy Setyo Bantah Gesturnya Merendahkan Bek PSM Bek PSM Makassar Yuran Fernandes selepas laga uji coba kontra Sulut United di Stadion Gelora BJ Habibie Parepare, Senin 6 Mei 2022. (Instagram.com/psm_makassar)

Namun, Andy Setyo membantah gestur tersebut berkonotasi negatif. Dalam unggahan story di akun Instagram pribadinya @andysetyon pada Rabu tengah malam, palang pintu 24 tahun tersebut membantah tuduhan warganet.

"Menjawab apa yang beredar sekarang yang mengatakan saya rasis. Saya pastikan, saya tidak pernah berperilaku seperti itu," tulisnya.

Berdasarkan kronologi, Andy mengatakan dia ditugaskan mengawal Yuran yang berusaha menembus kotak penalti Persikabo. Tapi, ia menyebut Yuran justru lebih dulu bergerak emosional.

2. Seto mengaku bereaksi atas provokasi

Andy Setyo Bantah Gesturnya Merendahkan Bek PSM Gelandang Persikabo 1973, Andy Setyo Nugroho, dalam sebuah sesi latihan di musim 2021/22. (Instagram.com/andysetyon)

Jebolan tim Borneo FC U-18 tersebut justru mengatakan bahwa Yuran yang lebih dulu melakukan provokasi terhadap dirinya.

"Di saat bola ditendang dan pemain itu bergerak sambil memukul perut saya," jelas pemain kelahiran Pati tersebut.

"Setelah peluit akhir dibunyikan, saya hanya ekspresikan seperti gerakan tubuh yang sedang memukul perut, isyarat bahwa saya kuat. Dan di situ saya tidak ada berbicara rasis sama sekali," imbuh Andy.

3. Belum ada pernyataan dari Yuran dan manajemen PSM soal insiden tersebut

Andy Setyo Bantah Gesturnya Merendahkan Bek PSM Pesepak bola PSM Makassar Yakob Sayuri (kanan) berusaha merebut bola dari pesepak bola Persikabo 1973 Roni Sugeng Arianto (kiri) dalam pertandingan Piala Presiden 2022 Grup D di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Rabu (15/6/2022). ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/rwa.

Menutup klarifikasi tersebut, Andy meminta warganet untuk meminta juga penjelasan Yuran sedang pemain-pemain Persikabo lain yang berada di dekatnya.

"Sekali saya, saya berekspresi dengan gerakan seperti sambil mengatakan I'm strong. Itu menandakan saya masih kuat," tutupnya.

Hingga artikel dibuat, belum ada pernyataan resmi baik dari Yuran Fernandes dan manajemen PSM Makassar terkait insiden selepas pertandingan.

Baca Juga: Dari Giancarlo ke J-Lo: Para Striker Amerika Latin di PSM

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya