Ananda Raehan Dipanggil Indra Sjafri Perkuat Timnas di Asian Games

Timnas U-24 akan terjun ke cabor sepak bola Asian Games 2023

Makassar, IDN Times - PSM Makassar kembali menyumbang pemain ke Tim Nasional Indonesia kelompok umur. Dalam pengumuman di situs resmi PSSI pada Kamis malam (14/9/2023), gelandang Ananda Raehan Alief dipanggil ke Timnas U-24 asuhan Indra Sjafri yang terjun ke cabang olahraga sepak bola putra Asian Games 2023.

Ananda menjadi satu-satunya penggawa Juku Eja yang terselip dalam daftar 22 nama yang diboyong ke Hangzhou, China. Turut pula beberapa pemain lain seperti Alfeandra Dewangga (PSIS), Beckham Putra (Persib), Taufany Muslihuddin (Borneo FC) dan Kadek Arel Priyatna (Bali United).

Baca Juga: PSM Vs Barito Putera, Juku Eja Pincang di Masa Sulit

1. Ini jadi pemanggilan kedua Ananda Raehan ke Tim Nasional kelompok umur

Ananda Raehan Dipanggil Indra Sjafri Perkuat Timnas di Asian GamesGelandang Timnas U-22 Ananda Raehan Alief sedang berusaha melewati adangan pemain Timor Leste dalam laga ketiga babak penyisihan Grup A SEA Games 2023 Kamboja, Minggu (7/5/2023). (Dok. Istimewa)

Sejak dipromosikan ke tim senior PSM Makassar musim lalu, Ananda sudah dua kali dipanggil Indra Sjafri ke Timnas kelompok umur. Pemanggilan pertamanya adalah Timnas U-22 untuk ajang SEA Games 2023 di Kamboja.

Saat itu, gelandang 19 tahun tersebut tampil di 7 pertandingan, mulai dari fase penyisihan grup hingga partai final kontra Thailand. Ananda turut andil membantu Garuda Muda memutus puasa medali emas SEA Games sejak 1991, sekaligus menyandingkannya dengan medali juara Liga 1 2022-23.

2. Ananda baru dilepas setelah laga kontra Barito Putera yang berlangsung Jumat sore ini (15/9/2023)

Ananda Raehan Dipanggil Indra Sjafri Perkuat Timnas di Asian GamesPemain PSM Makassar, Ananda Raehan Alief, dalam sesi latihan resmi di Stadion Gelora B.J. Habibie Parepare pada Kamis 14 September 2023. (Instagram.com/psm_makassar)

Meski begitu, Juku Eja baru akan melepas anak muda kelahiran Makassar tersebut setelah laga pekan ke-12 BRI Liga 1 2023-24 kontra Barito Putera. Ia masih terlihat dalam sesi latihan resmi di Stadion Gelora B.J. Habibie Parepare, Kamis sore kemarin (14/9/2023).

Hal tersebut memang diizinkan sebagai jalan tengah dengan para klub yang pemainnya terpilih. "Solusinya akan ada pemain yang menyusul untuk bergabung ke Tiongkok setelah bertanding bersama klub mereka di akhir pekan ini," ungkap Sekjen PSSI, Yunus Nusi.

3. Indra Sjafri dan sejumlah pemain akan bertolak ke Hangzhou, China, pada Jumat malam ini

Ananda Raehan Dipanggil Indra Sjafri Perkuat Timnas di Asian GamesPelatih Timnas U-22, Indra Sjafri. IDN Times/Tunggul Kumoro

Terakhir kali Indonesia berpartisipasi dalam cabor sepak bola putra Asian Games yakni di edisi 2018, dengan status sebagai tuan rumah. Diasuh oleh Luis Milla, Garuda Muda bisa melaju ke babak 18 besar. Sedangkan capaian terbaik di ajang tersebut adalah medali perunggu pada Asian Games 1958.

Para pemain yang sudah bergabung dalam pemusatan latihan akan bertolak ke Hangzhou pada Jumat malam ini (15/9/2023). Mereka tergabung dalam Grup F bersama Korea Utara, Kirgistan serta Taiwan.

Baca Juga: Tavares Lelang Barang Pribadi untuk Bayar Gaji Staf PSM Makassar

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya