AFC Cup: Digilas Hai Phong, Pelatih PSM Tak Mau Mencari-cari Alasan

Juku Eja alami kelelahan akut dan tanpa para pemain kunci

Makassar, IDN Times - Pelatih kepala PSM Makassar, Bernardo Tavares, tak mau mencari banyak alasan atas kekalahan di laga pembuka Grup H AFC Cup 2023-24. Berjumpa wakil Vietnam yakni Hai Phong FC di Lach Tray Stadium, Kamis malam (21/9/2023), mereka dibekuk dengan skor tiga gol tanpa balas.

"Kita melakukan banyak kesalahan hari ini. Tapi kita menang dan kalah bersama-sama. Ini adalah hasil dari kerja tim. Meski begitu, saya merasa sedih karena saya tahu para pemain sudah berusaha memberi penampilan terbaik," ungkapnya dalam sesi jumpa pers selepas laga rampung.

Baca Juga: AFC Cup: Tanpa Yuran-Pluim, PSM Dilibas Hai Phong Tiga Gol Tanpa Balas

1. Bernardo Tavares menyebut anak asuhnya sudah tampil maksimal meski persiapan sangat kurang

AFC Cup: Digilas Hai Phong, Pelatih PSM Tak Mau Mencari-cari AlasanPelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares, dalam sesi jumpa pers usai pertandingan matchday pertama Grup H AFC Cup 2023-24 melawan Hai Phong FC yang berlangsung di Lach Tray Stadium, Hai Phong, Vietnam, Kamis 21 September 2023. (Duong Tuan/Asian Football Confederation (AFC))

Meski begitu, Tavares mengakui persiapannya kurang maksimal. Mereka baru tiba di Kota Hai Phong pada Rabu pagi (20/9/2023), setelah sempat bermalam di Ho Chi Minh City. Praktis Muhammad Arfan dan kawan-kawan hanya jalani satu kali latihan, sembari alami kelelahan akut hasil dari perjalanan udara sekitar 15 jam.

Tanpa banyak pemain kunci, kelemahan di sektor tengah dan belakang benar-benar dieksploitasi oleh tim tuan rumah. Hai Phong membuka keunggulan di menit ke-8 lewat gol bunuh diri Erwin Gutawa. Hai Phong menambah dua gol setelah turun minum, masing-masing dari sontekan Luong Hoang Nam dan penalti Joseph Mpenda.

2. Penampilan Muhammad Arfan dkk di kadang Hai Phong FC tetap mendapat apresiasi

AFC Cup: Digilas Hai Phong, Pelatih PSM Tak Mau Mencari-cari AlasanPara pemain Hai Phong FC merayakan gol kedua yang tercipta dalam laga matchday pertama Grup H AFC Cup 2023-24 melawan PSM Makassar yang berlangsung di Lach Tray Stadium, Hai Phong, Vietnam, Kamis 21 September 2023. (Asian Football Confederation (AFC))

Tak cuma kelelahan dan persiapan minim, PSM tak bisa menurunkan tim terbaik. Ananda Raehan kini sedang bertugas untuk Timnas U-24 di Asian Games 2023. Sedangkan Yuran Fernandes serta Wiljan Pluim belum muncul sejak pekan lalu. Meski begitu, Tavares enggan mengeluh dan tetap mengapresiasi penampilan anak asuhnya.

"Kesulitan ibarat orang-orang yang tidak punya makanan untuk disantap, dan ini adalah kesulitan kami. Tapi saya tidak ingin terlalu banyak membicarakannya. Para pemain saya sudah berusaha keras dan menjalankan hal yang mereka cintai ini," papar pelatih asal Portugal tersebut.

3. Juku Eja saat ini berada di posisi juru kunci klasemen sementara Grup H AFC Cup

AFC Cup: Digilas Hai Phong, Pelatih PSM Tak Mau Mencari-cari AlasanSalah satu momen pertandingan matchday pertama Grup H AFC Cup 2023-24 antara Hai Phong FC versus PSM Makassar yang berlangsung di Lach Tray Stadium, Hai Phong, Vietnam, Kamis 21 September 2023. (Asian Football Confederation (AFC))

"Banyak klub ingin seperti kami, menjadi juara kompetisi domestik dan tampil di AFC Cup. Tapi, kadang memang situasi yang mengiringinya tidak ideal sama sekali. Terlepas dari hasilnya, para pemain punya kesempatan untuk bermain di sini dan mewakili Indonesia," papar Tavares.

Tanpa poin dalam lawatan ke Vietnam, PSM menduduki posisi juru kunci klasemen sementara Grup H. Selanjutnya bertolak kembali ke Indonesia untuk agenda pekan ke-13 BRI Liga 1 2023-24. Pasukan Ramang akan bertamu ke markas tim papan atas Borneo FC Samarinda, Senin depan (25/9/2023).

Baca Juga: PSM Makassar Perkenalkan Joao Pedro, Pemain Anyar Asal Timor Leste

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya