Comscore Tracker

2 Tim Mundur, PSM Lolos Otomatis ke Babak Grup AFC Cup 2022

Pembagian grup akan berlangsung pada Senin pekan depan

Makassar, IDN Times - Ada kabar baik untuk suporter PSM. Dalam keterangan pers pada Jumat (14/1/2022), Federasi Sepakbola Asia, AFC, memutuskan bahwa Wiljan Pluim dkk berhak lolos langsung ke babak penyisihan grup kejuaraan AFC Cup 2022.

Ini tak lepas dari berkurangnya jumlah kontestan di Zona ASEAN. Klub Vietnam, Than Quang Ninh, urung ikut lantaran dibelit masalah sponsor dan finansial. Sementara itu, tim Azkals Development Team asal Filipina gagal mengantongi lisensi AFC tahun lalu.

Baca Juga: Selamat! PSM Makassar Wakili Indonesia di AFC Cup 2022

1. PSM membuka potensi berjumpa dengan Bojak Hodak

2 Tim Mundur, PSM Lolos Otomatis ke Babak Grup AFC Cup 2022Pelatih PSM Makassar, Bojan Hodak, berbicara dalam konferensi pers pra-pertandingan leg pertama play off AFC Cup 2020 kontra Lalenok United FC. (Dok. PSM Makassar/Ahmad Alia)

Menempati pot keempat, PSM berpeluang segrup dengan Kuala Lumpur City FC. Sang jawara Piala Malaysia 2021 itu sedang dilatih oleh Bojan Hodak, eks juru taktik Juku Eja pada musim 2020.

Sebagai modal berlaga di pentas Asia, anak asuh Joop Gall sendiri ditargetkan finis di lima besar BRI Liga 1 2021/22. Terlebih masa persiapan juga masih panjang.

"Tentu kita berharap hasilnya bisa lebih baik daripada pencapaian kita di tahun 2019. Kita bisa berharap ini, karena waktu yang diberikan juga relatif masih panjang," kata Direktur Utama PSM yakni Munafri Arifuddin, pada 4 Januari lalu.

2. Juku Eja sudah tampil di edisi 2019 dan 2020

2 Tim Mundur, PSM Lolos Otomatis ke Babak Grup AFC Cup 2022Pemain PSM Makassar Ferdinand Sinaga (kiri) berebut bola dengan kiper Shan United Thiha Sithu dalam laga Grup H Piala AFC di Stadion Madya, Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (26/2/2020). (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Meski begitu, tim kontestan di AFC Cup Zona Asia Tenggara masih berpeluang berkurang. Ini lantaran Kaya FC Iloilo serta Shan United bisa tampil di ajang bergengsi AFC Champions League lewat jalur babak kualifikasi.

Juku Eja tak asing dengan dua klub tersebut. Mereka sudah pernah saling jajal dengan Kaya FC di edisi 2019 dan 2020. Sedangkan untuk Shan United, Wiljan Pluim cs melibas tim papan atas Myanmar itu dengan skor 3-1 di AFC Cup 2020.

Meski belum ada rincian perihal format, babak penyisihan grup AFC Cup 2022 Zona ASEAN rencananya dihelat mulai 24 Juni mendatang.

3. Pembagian grup AFC Cup 2022 digelar pada Senin mendatang (17/1/2022)

2 Tim Mundur, PSM Lolos Otomatis ke Babak Grup AFC Cup 2022Pemain PSM Makassar, Yakob Sayuri (kiri), saat tampil di matchday pertama Grup H AFC Cup 2020 kontra Tampines Rovers di Stadion Jalan Besar Singapura, 12 Februari 2020. (Dok. PSM Makassar/Ahmad Alia)

Berikut ini pembagian pot undian fase grup AFC Cup 2022, seperti dilansir dari laman resmi AFC :

Pot 1 : Kaya FC Iloilo (PHI), Viettel City (VIE), Kuala Lumpur City FC (MAS)

Pot 2 : Hougang United (SIN), Shan United FC / Ayewady United FC (MYA), Bali United FC (IDN)

Pot 3 : Phnom Penh Crown FC (CAM), Kedah Darul Aman (MAS), Tampines Rovers (SIN)

Pot 4 : Hantharwady United FC (MYA), PSM Makassar (IDN), Pemenang babak play-off (CAM/LAO)

Pembagian grup berlangsung di Kuala Lumpur pada Senin mendatang (17/1/2022) pukul 16.00 WITA, dan disiarkan langsung oleh kanal YouTube resmi AFC.

Baca Juga: Langsung Tancap Gas, PSM Mulai Bersiap untuk AFC Cup

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya