Comscore Tracker

Dear Suporter PSM, Laga Tandang Vs Bali United Tanpa Penonton

Suporter diimbau tidak ngotot ke stadion

Makassar, IDN Times - Pertandingan tandang PSM Makassar melawan Bali United di Stadion Sultan Agung Bantul, Jumat (20/1/2023) digelar tanpa penonton. Manajemen PSM mengingatkan suporter tidak ngotot datang ke stadion.

Media Officer PSM Sulaiman Abdul Karim mengatakan, kepastian soal itu disampaikan panitia pelaksana pertandingan pada sesi match coordination meeting di Bantul, Yogyakarta, Kamis (19/1/2023).

"Sekaitan dengan hal tersebut, manajemen PSM Makassar mengimbau kepada suporter untuk tidak datang ke Stadion Sultan Agung Bantul, demi ketertiban dan kelancaran pertandingan," kata Sulaiman melalui keterangan persnya, Kamis.

Baca Juga: PSM Belum Bergerak di Bursa Transfer, Suporter Menduga Karena Ini

1. Keputusan laga tanpa penonton sesuai hasil koordinasi panpel dengan kepolisian

Dear Suporter PSM, Laga Tandang Vs Bali United Tanpa PenontonMedia Officer PSM Makassar, Sulaiman Karim. IDN Times/Dahrul Amri

Manajemen PSM mengingatkan suporter mengurungkan niat mendukung langsung tim di stadion. Sebab Jelang pertandingan tandang PSM melawan Bali United, beredar kabar sejumlah suporter asal Makassar bersiap melawat ke Yogyakarta.

Sulaiman mengatakan, panpel menyampaikan bahwa keputusan pertandingan tanpa penonton merupakan hasil koordinasi dengan pihak kepolisian. Itu juga diperkuat pernyataan resmi klub Bali United.

"Tetap dukung klub kebanggan ta' dari rumah," ucap Sulaiman.

2. Semua pertandingan kandang Bali United di Yogyakarta tanpa penonton

Dear Suporter PSM, Laga Tandang Vs Bali United Tanpa PenontonSalah satu momen pertandingan pekan kedua BRI Liga 1 2022-23 antara PSM Makassar melawan Bali United di Stadion Gelora BJ Habibie Parepare, Jumat 29 Juli 2022. (Dok. BaliUtd.com)

Bali United menjalani laga kandang pertamanya di putaran kedua Liga 1 musim ini di Stadion Sultang Agung, Bantul, Yogyakarta. Laga kandang di luar Bali diawali dengan menjamu PSM Makassar.

Selanjutnya, laga home Bali United akan dilaksanakan di Stadion Maguwohardjo, Sleman, hingga akhir musim BRI 2022/2023. Dimulai pada 5 Februari 2023 dengan bertemu PS Barito Putera dan kemudian dilanjutkan dengan menjamu Persib Bandung pada 10 Februari 2023.

Menurut pernyataan resmi Bali United di situs klub, seluruh pertandingan kandang akan dilaksanakan tanpa penonton. Keputusan itu berdasarkan Rekomendasi Kepolisian Negara Republik Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor: R/REK/5/I/YAN.2.14./2023/DITINTELKAM atas kesepakatan bersama dengan pihak Manajemen Bali United.

“Meski hasilnya demikian, kami berharap dukungan suporter Bali United tetap ada walau dari jauh untuk perjuangan Serdadu Tridatu yang hingga akhir musim bermain di luar Bali,” jelas Ketua LOC Bali United, I Ketut Suantika, dalam keterangan yang dikutip, Kamis.

3. Sejumlah tim Liga 1 tidak bisa menggunakan stadion kandang

Dear Suporter PSM, Laga Tandang Vs Bali United Tanpa PenontonSuasana Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, markas klub Bali United FC. (BaliUtd.com)

Selain Bali United yang tidak diperkenankan memakai Stadion Dipta sebagai homebase di putaran kedua ini, beberapa tim Liga 1 lainnya juga mengalami hal sama. Seperti Persis Solo yang tidak memakai Stadion Manahan, Persebaya Surabaya yang tidak menggunakan Stadion Gelora Bung Tomo, dan Persib Bandung yang tidak memakai Stadion Si Jalak Harupat.

Markas Bali United itu menjadi satu dari 6 venue Piala Dunia U-20 2023 yang akan berlangsung pada bulan Mei hingga Juni mendatang. Adapun Stadion di Indonesia yang menjadi lokasi pertandingan event internasional tersebut antara lain Stadion Jakabaring, Palembang, Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Stadion Manahan, Solo, Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya dan Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali.

Alasan tidak bisa digunakannya Stadion Dipta dan beberapa venue stadion lainnya karena Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan melakukan renovasi stadion guna keperluan Piala Dunia U-20 tersebut.

Baca Juga: Sadikin Aksa Jadi Calon Waketum PSSI, Pentolan Suporter PSM Mendukung 

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya