Comscore Tracker

Target Medali Emas di PON Papua, Intip Persiapan Tim Sepak Bola Sulsel

Tim Sulsel manfaatkan siswa waktu untuk uji coba

Makassar, IDN Times - Tim sepak bola Bola Sulawesi Selatan memasang target tinggi, yakni medali emas pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021. Jelang hajatan empat tahunan itu, tim Sulsel intens menggelar latihan dan uji coba untuk meningkatkan kemampuan tim.

Target medali emas lebih tingi dibandingkan capaian tim sepak bola Sulsel di PON Jawa Barat, 2016. Saat itu mereka kalah adu penalti di final dan meraih medali perak.

"Itu pelajaran berharga, agar di tahun ini, Insyallah kita bisa lebih baik," kata pelatih tim sepak bola PON Sulsel, Usman Halik saat dihubungi IDN Times, Senin (5/7/2021).

Baca Juga: Sulsel Target Masuk 10 Besar PON Papua 2021

1. Para pemain dapat porsi latihan khusus

Target Medali Emas di PON Papua, Intip Persiapan Tim Sepak Bola SulselTim sepakbola Sulsel untuk PON Papua 2021. Dok. IDN Times/Istimewa

Usman mengatakan, para pemain di tim Sulsel mendapatkan pola latihan khusus. Antara lain mematenkan strategi menyerang, bertahan, serta transisi posisi antar pemain.

"Kolaborasi kekompakan itu yang sangat kita perlukan untuk saat ini," ungkapnya.

Usman berharap latihan khusus bisa segera terlihat hasilnya sebelum tim berangkat ke Papua.

2. Tim Sulsel intens melayani panggilan uji coba

Target Medali Emas di PON Papua, Intip Persiapan Tim Sepak Bola SulselKondisi Stadion Mandala Jayapura yang akan digunakan sebagai venue cabang olahraga (cabor) sepakbola PON XX, Kota Jayapura, Papua, Jumat (2/7/2021). ANTARA FOTO/Indrayadi TH

Sebagai persiapan menuju PON, tim Sulsel intens melayani panggilan uji coba melawan tim-tim lain. Pada 25 Juli 2021, mereka main lawan PSM Makassar dan kalah 4-0.

Dalam waktu dekat, tim Sulsel diagendakan beruji coba dengan tim Porda Maros. Diharapkan, dari uji coba itu bisa terukur sejauh mana kualitas tim yang sudah terbangun, begitu juga kemampuan fisik individu.

"Termasuk apa yang sudah kita lakukan selama ini di dalam latihan dengan porsi khusus," ucap Usman..

3. Para pemain tuntaskan vaksinasi COVID-19

Target Medali Emas di PON Papua, Intip Persiapan Tim Sepak Bola SulselAtlet Sulsel untuk PON Papua menjalani vaksinasi COVID-19 tahap pertama di GOR Sudiang Makassar, Kamis, 1 Juli 2021. IDN Times/Asrhawi Muin

Tim sepak bola PON Sulsel rencananya akan diberangkatkan menuju Papua pada awal September mendatang. Jelang berangkat, 18 pemain sudah menjalani proses vaksinasi tahap awal, sebagai syarat utama.

"Jadi tinggal tahap duanya nanti minggu depan kalau tidak salah," kata Usman.

Pelatih berharap kerja keras anak asuhnya dalam serangkaian program latihan selama ini bisa selaras dengan hasil maksimal.

"Insyaallah kita optimis bisa. Yang jelas tekad kita datang untuk persembahkan yang terbaik," ucapnya.

Baca Juga: Jelang PON Papua, Atlet Sulsel Diimingi Kejutan Bonus

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya