Rahmat Erwin Raih Best Male Athlete dari Kejuaraan Angkat Besi Asia

Kumpulkan poin terbanyak, kalahkan lifter Korea Utara

Makassar, IDN Times - Tak cuma tiga medali emas, lifter Rahmat Erwin Abdullah juga mendapat prestasi lainnya dari Kejuaraan Angkat Besi Asia 2024. Atlet 23 tahun tersebut menyabet gelar sebagai lifter putra terbaik dari ajang tersebut.

"Alhamdulillah, kami baru saja dapat kabar menggembirakan dan sangat membanggakan. Rahmat E. Abdullah terpilih sebagai The Best Lifter pada Kejuaraan Asia Uzbekistan 2024," tutur pelatih sekaligus ayah Rahmat yakni Erwin Abdullah kepada IDN Times, Minggu (11/2/2024).

1. Perolehan 990.903 poin mengantar Rahmat Erwin menjadi Best Male Athlete di Kejuaraan Angkat Besi Asia 2024

Rahmat Erwin Raih Best Male Athlete dari Kejuaraan Angkat Besi AsiaTrofi Best Male Athlete yang diraih lifter Indonesia Rahmat Erwin Abdullah dari Kejuaraan Angkat Besi Asia 2024 yang berlangsung di Tashkent, Uzbekistan. (Dok. Istimewa)

Predikat Male Best Athlete didapatkan Rahmat setelah mencatatkan poin tertinggi yakni 990.903. Cukup jauh di atas lifter Korea Utara yakni Ri Chong-song yang terjun di kelas 81 kg. Ri Chong-song berada di posisi kedua klasemen akhir kejuaraan tersebut berkat koleksi poin senilai 923.070.

Bertanding dalam kelas 73 kg pada hari Selasa lalu (6/2/2024) di Tashkent, ia mencatatkan rekor total angkatan yang mencapai 363 kg. Masing-masing yakni 159 kg pada angkatan Snatch dan 204 kg pada angkatan Clean and Jerk.

2. Kini Rahmat Erwin langsung alihkan fokus untuk Kejuaraan Dunia Angkat Besi yang berlangsung pada April 2024

Rahmat Erwin Raih Best Male Athlete dari Kejuaraan Angkat Besi AsiaLifter Indonesia, Rahmat Erwin (depan), berpose dengan sang ayah sekaligus pelatih yakni Erwin Abdullah (belakang) setelah memastikan diri meraih medali emas dalam ajang Asian Games Hangzhou 2023. (Instagram.com/weighlifting.ina)

Perjalanan lifter kelahiran Makassar tersebut menuju Olimpiade Paris 2024 tinggal selangkah lagi. Tapi, ia masih harus bertarung di Kejuaraan Dunia Angkat Besi yang berlangsung pada 2-11 April mendatang di Phuket, Thailand. Fokus Rahmat pun langsung tertuju pada ajang penentuan tersebut.

"Persiapan saya tetap fokus latihan dan menjaga berat badan. Insyaallah saya akan tampil sebaik mungkin di Thailand nanti," ungkap Erwin seperti dilansir oleh ANTARA, Minggu (11/2/2024).

Baca Juga: Mengejutkan, Lifter Rahmat Erwin akan Mundur sebagai Atlet Sulsel

3. PABSI menargetkan ada lima lifter Indonesia yang berlaga di Olimpiade Paris 2024

Rahmat Erwin Raih Best Male Athlete dari Kejuaraan Angkat Besi AsiaLifter Indonesia, Rahmat Erwin, saat berlaga di ajang SEA Games Hanoi Vietanam 2021. (Dok. NOC Indonesia)

Selain Rahmat, ada empat lifter Indonesia lain yang meraih medali dari Kejuaraan Angkat Besi Asia 2024. Mereka adalah Ricko Saputra (perak di kelas 61 kg putra), Natasya Beteyob (perunggu di kelas 59 kg putri), Rizki Juniansyah (perak di kelas 73 kg putra) dan Nurul Akmal (perunggu di kelas +87 kg putri).

Perkumpulan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PABSI) sendiri menargetkan paling tidak ada lima lifter yang tampil di Olimpiade Paris 2024. Alhasil, bulan April menjadi penentuan siapa saja yang akan tampil di ajang multievent bergengsi tersebut.

Baca Juga: Mundur sebagai Atlet Sulsel, Rahmat Erwin Segera Kirim Surat Resmi

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya