Comscore Tracker

Tim Takraw Sulsel Wakili Indonesia di King's Cup Thailand

King's Cup jadi semacam piala dunia di cabor sepak takraw

Makassar, IDN Times - Persatuan Sepak Takraw Indonesia (PSTI) menunjuk tim sepak takraw Sulawesi Selatan untuk mewakili Indonesia pada ajang King's Cup di Thailand. 

King's Cup merupakan kejuaraan dunia tahunan sepak takraw yang jadi kompetisi antar negara paling bergengsi. Tahun ini, King's Cup rencananya digelar pada 24-30 Juli 2022.

"Jadi tetap nama Indonesia yang dibawa, tapi tim yang turun adalah tim Sulsel," kata Sekretaris PSTI Sulsel Nukhrawi Nawir di Makassar, Selasa (17/5/2022).

Baca Juga: Tim Sepak Takraw Indonesia Pede Pertahankan Emas SEA Games

1. Tim takraw Sulsel juara umum di PON

Tim Takraw Sulsel Wakili Indonesia di King's Cup ThailandFinal Sepak Takraw Putri Antara Tim Sulawesi Selatan melawan DKI Jakarta. PB PON XX PAPUA/Yustha Corithaca

Nukhrawi mengatakan, tim takraw Sulsel ditunjuk menjadi wakil Indonesia karena berhasil menjadi juara umum pada cabor tersebut di Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua 2020.

Di PON Papua, tim sepak takraw Sulsel mengoleksi dua medali emas, satu perak, dan satu perunggu. Mereka unggul atas Gorontalo yang mengumpulkan dua medali emas, dan Jawa Timur di urutan ketiga dengan satu medali emas, dua perak, dan satu perunggu.

"Jadi tim yang dikirim adalah juara umum di PON yang lalu, karena King's Cup adalah kejuaran dunia yang tinggi gengsinya," kkata Nukhrawi.

2. Sulsel turunkan delapan atlet

Tim Takraw Sulsel Wakili Indonesia di King's Cup ThailandSurianto (kiri), manajer timnas sepak takraw Indonesia di SEA Games Vietnam bersama Sekretaris Persatuan Sepak Takraw Indonesia (PSTI) Sulsel Nukhrawi Nawir. (IDN Times/Aan Pranata)

Nukhrawi mengatakan, Sulsel akan mengirim delapan atlet pada King's Cup di Thailand. Namun saat ini komposisi timnya belum final.

Selain atlet, Sulsel juga mengirimkan satu pelatih dan seorang manajer. Manajer tim nasional takraw Indonesia di SEA Games 2021 Vietnam, H Surianto, yang merupakan warga Parepare, diharapkan kembali mendampingi di Thailand.

3. Tiga atlet Sulsel berlaga di SEA Games

Tim Takraw Sulsel Wakili Indonesia di King's Cup ThailandIlustrasi: Tim Sepak Takraw Double Event Putri DKI Jakarta (kanan), mengalahkan Tim Putri Sulawesi Selatan pada semi final Sepak Takraw Putri PON 2021 Papua di GOR Trikora Uncen, Jayapura, Selasa, (28/9/2021). ( Foto PB PON XX PAPUA/Gino F Hadi)

Di SEA Games Vietnam, Indonesia menurunkan enam atlet. Mereka akan turun pada tiga nomor pertandingan, yakni takraw quadrant, beregu, dan double.

Timnas Indonesia terdiri dari gabungan pemain senior dan junior. Empat pemain senior, masing-masing Muhammad Herdiansyah Muliang, Andi Try Sandi Saputra, Saiful Rijal, dan Abdul Halim Radju. Sedangkan dua pemain muda yang disiapkan sebagai regenerasi, yakni Rusdi dan Jelki Ladada.

Tiga orang di antara pemain timnas berasal dari Sulawesi Selatan, yang kontingen sepak takrawynya keluar sebagai juara umum di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. Mereka adalah Herdiansyah, Andi Try, dan Rusdi.

Baca Juga: PON Papua: Sulsel Kawinkan Medali Emas Sepak Takraw

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya