Comscore Tracker

Tim Sepak Takraw Indonesia Pede Pertahankan Emas SEA Games

Indonesia turunkan enam atlet untuk tiga nomor sepak takraw

Makassar, IDN Times - Tim sepak takraw Indonesia optimistis mempertahankan prestasi meraih medali emas, pada SEA Games 2021 di Vietnam, yang mulai digelar pekan ini.

Pada SEA Games 2019 di Filipina, tim Indonesia membawa pulang satu medali emas, satu perak, dan satu perunggu. Prestasi itu jadi standar target di SEA Games Vietnam.

"Kita berharap kalau bisa emas semuanya, karena kita cuma mengikuti tiga nomor," kata manajer tim sepak takraw Indonesia H Surianto, di Makassar, Sabtu malam (15/5/2022).

Baca Juga: PON Papua: Sulsel Kawinkan Medali Emas Sepak Takraw

1. Indonesia turunkan enam atlet gabungan senior-junior

Tim Sepak Takraw Indonesia Pede Pertahankan Emas SEA GamesPartai Final Sepak Takraw Putra Double antara Sulawesi Selatan melawan Jawa Timur di GOR Trikora UNCEN Jayapura. Rabu, (29/09/2021).(Foto PB PON XX PAPUA/Ardy Alvez)

Di SEA Games Vietnam, Indonesia menurunkan enam atlet. Mereka akan turun pada tiga nomor pertandingan, yakni takraw quadrant, beregu, dan double.

Timnas Indonesia terdiri dari gabungan pemain senior dan junior. Empat pemain senior, masing-masing Muhammad Herdiansyah Muliang, Andi Try Sandi Saputra, Saiful Rijal, dan Abdul Halim Radju. Sedangkan dua pemain muda yang disiapkan sebagai regenerasi, yakni Rusdi dan Jelki Ladada.

Tiga orang di antara pemain timnas berasal dari Sulawesi Selatan, yang kontingen sepak takrawynya keluar sebagai juara umum di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. Mereka adalah Herdiansyah, Andi Try, dan Rusdi.

2. Tiga negara diwaspadai sebagai pesaing utama

Tim Sepak Takraw Indonesia Pede Pertahankan Emas SEA GamesIDN Times/Vanny El Rahman

Tim sepak takraw Indonesia sudah dilepas oleh Presiden Jokowi di Istana Negara pada 9 Mei 2022 lalu. Mereka berangkat menuju Vietnam pada tanggal 11 Mei, dan dijadwalkan mulai bertanding pada Senin, 16 Mei 2022.

Timnas Indonesia bersaing dengan Malaysia dan Kamboja di Grup E nomor double. Di nomor quadrant, Timnas main di grup G bersama Laos, Filipina, dan Thailand. Sedangkan untuk nomor beregu, Indonesia ada di grup B bersama Malaysia, Thailand, dan Laos.

Surianto yang berasal dari Parepare, Sulawesi Selatan, menyebut sejumlah negara sebagai pesaing utama dalam upaya perebutan medali emas.

"Negara yang diwaspadai Indonesia, antara lain Malaysia dan Thailand. Terutama tuan rumah Vietnam," katanya.

3. Persiapan singkat, Timnas cuma tryout lawan tim DKI Jakarta

Tim Sepak Takraw Indonesia Pede Pertahankan Emas SEA GamesANTARA FOTO/INASGOC/Ferdy Siregar/nz/18

Surianto mengungkapkan, dia sebagai manajer menjanjikan bonus jika timnas sepak takraw Indonesia berhasil mencapai target yang ditetapkan. Dia sendiri akan berangkat ke Vietnam pada Minggu, 15 Mei 2022, untuk mendampingi atlet bertanding.

"Mudah-mudahan dari pemerintah juga ada rangsangan (untuk atlet)," katanya.

Surianto optimistis target meraih medali emas bisa tercapai. Meski, masa persiapan terbilang singkat. Jelang ke Vietnam, timnas cuma menggelar uji coba melawan tim sepak takraw DKI Jakarta.

"Tidak ada kendala. Karena anak-anak ini latihan terus, sudah padu di antara mereka," Surianto melanjutkan.

Baca Juga: Sepak Takraw PON XX Papua Lahirkan Harapan Baru

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya