Lifter Rahmat Erwin Rebut Emas dan Cetak Rekor di Kejuaraan Dunia

Rahmat Erwin mencatat rekor 200 kilogram pada clean and jerk

Makassar, IDN Times - Lifter Indonesia asal Sulawesi Selatan Rahmat Erwin Abdullah meraih medali emas pada Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2022 di Bogota, Kolombia, Sabtu (10/12/2022) Wita. Keluar sebagai juara di kelas 73 kg putra, Rahmat sekaligus mencetak rekor dunia.

Menurut laman resmi International Weightlifting Federation (IWF), Rahmat Erwin meraih medali emas usai mengangkat beban total 352 kilogram. Dia berhasil mencapai beban 152 kg pada angkatan snatch, lalu membukukan beban 200 kg pada clean and jerk. Itu merupakan rekor dunia baru untuk clean and jerk pada kelas 73 kg senior putra, yang dicetak Rahmat pada usia 22 tahun! 

Baca Juga: Usai Raih Emas SEA Games, Rahmat Erwin Bakal Jadi PNS

1. Rahmat juara meski tidak diunggulkan

Rahmat Erwin bertanding di Kejuaraan Dunia 2022 dengan status bukan unggulan. Dia tergabung dalam Grup B. Namun catatan angkatan bebannya jadi yang terbaik di antara pesaing, termasuk para unggulan di Grup A.

Rekor dunia angkatan 200 kg clean and jerk milik Erwin menggeser rekor lama yang dicetak lifter China Shi Ziyong pada Kejuaraan Dunia 2019 lalu. 

2. Rizki Juniansyah meraih medali perak

Lifter Rahmat Erwin Rebut Emas dan Cetak Rekor di Kejuaraan DuniaLifter Putra Indonesia, Rizki Juniansyah (Instagram.com/iwfnet)

Rahmat Erwin tidak sendirian sebagai lifter Indonesia di podium. Pada kelas yang sama, Rizki Juniansyah, atlet berusia 19 tahun, keluar sebagai peraih medali perak.

Rizki mengangkat beban total 347 kg. Masing-masing 155 kg pada angkatan snatch dan 192 kg pada clean and jerk. Medali perunggu diraih Alexey Churkin asal Kazakhstan dengan angkatan beban total 343 kg (153 snatch dan 190 C&J).

3. Rahmat Erwin pertahankan status juara dunia

Lifter Rahmat Erwin Rebut Emas dan Cetak Rekor di Kejuaraan DuniaLifter Indonesia Rahmat Erwin Abdullah bergaya seusai melakukan angkatan dalam kelas 73 kg Putra Grup B Olimpiade Tokyo 2020 di Tokyo International Forum, Tokyo, Jepang, Rabu (28/7/2021). Erwin Abdullah berhasil meraih medali perunggu dengan total angkatan 342 kg. (ANTARA FOTO/NOC Indonesia)

Capaian Rahmat Erwin di Kejuaran Dunia 2022 mengulangi prestasinya di ajang yang sama tahun lalu. Pada Kejuaraan Dunia 2021 di Uzbekistan, dia juga meraih juara dunia di kelas 73 senior putra.

Tahun lalu, Erwin mencatatkan total beban 343 kg. Masing-masing 151 kg pada snatch dan 192 kg pada cleand and jerk. 

Rahmat Erwin Abdullah merupakan peraih medali perunggu pada Olimpiade Tokyo 2020. Di ajang SEA Games Vietnam 2021, dia turut menyumbangkan medali emas untuk Indonesia.

Baca Juga: Rahmat Erwin yang Wujudkan Mimpi Ayah di Olimpiade Tokyo

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya